Kontraktor Kubah Masjid

Membuat Kubah Spesifikasi Terbaik dari Kontraktor Kubah Masjid

Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim sedunia. Di luar Indonesia, masjid boleh dibilang cukup langka karena jumlah penganut agama Islam tidak besar. Sedangkan di Indonesia jumlah umat Islam sangat besar, sehingga sering dilakukan pembangunan masjid baru. Itulah mengapa kontraktor kubah masjid sangat dibutuhkan karena memang banyak kebutuhan terkait pembangunan masjid.

Membangun kubah tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Kubah memiliki spesifikasi khusus yang harus disesuaikan dengan desain bangunan yang sebelumnya dibuat. Bila tidak ditangani oleh ahli, bisa-bisa terjadi salah perhitungan.

Bila hal demikian terjadi, kualitas bangunan akan ikut turun. Misalnya, pondasi tidak disesuaikan dengan berat kubah. Sehingga fondasi tidak terlampau kuat untuk menampung beban dari kubah yang hendak dipasang.

Perlahan tanah akan amblas sehingga bangunan akan cepat rusak. Kalau sudah begitu, mau tak mau harus melakukan renovasi yang tentu menelan banyak biaya. Bahkan renovasi bila lebih tinggi daripada proses pembangunan awal.

Hal fatal seperti ini tidak boleh sampai terjadi. Karena ada dana yang harus dipertanggungjawabkan dan masjid tentu tidak bisa dimanfaatkan. Oleh karena itu, perlu peran dari pihak ahli dalam menangani pembangunan kubah.

Tepat setelah melakukan perencanaan pembangunan masjid, Anda harus segera menghubungi kontraktor kubah. Sehingga pihak kontraktor akan segera melakukan survei untuk melihat situasi lapangan serta melihat desain masjid yang hendak dibangun.

Dengan begitu, semua proses pembangunan akan berjalan lancar sesuai spesifikasi. Masjid bisa segera dimanfaatkan untuk melayani umat dan pahala mengalir bagi para pihak yang berperan dalam pembangunan.

Kubah Versi Terbaik dari Kontraktor Kubah Masjid

Seperti membangun bangunan lain, ada banyak hal harus diperhatikan ketika hendak membuat kubah masjid. Ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Anda selaku pengelola agar mendapatkan hasil yang efisien.

Tidak melulu tentang biaya kok, justru biaya merupakan pertimbangan paling terakhir. Ada banyak faktor lain yang harus diperhatikan diluar biaya. Pun kalau hanya mempertimbangkan biaya, bisa-bisa kubah yang dibuat tak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Ini perlu perhatian khusus dan memerlukan perhitungan matang. Resiko akan sangat tinggi bila kubah tak sesuai spesifikasi. Anda tentu pernah mendapati berita bangunan yang ambruk padahal belum berusia lama kan?

Nah, itu terjadi karena kesalahan pada spesifikasi bangunan. Harusnya dibangun dengan pondasi dalam, tetapi karena kurang dalam maka bangunan cepat terkikis lalu rusak. Mau tak mau pemilik rumah harus merenovasi ulang agar bangunan bisa ditempati.

Pembuatan kubah pun demikian. Bila tidak pas dengan spesifikasi bangunan, resiko kerusakan akan sangat tinggi. Kalau membangun rumah sendiri lalu salah spesifikasi sih masih mending, tetapi masjid kebanyakan dibuat dari dana umat.

Tentu sebuah kesalahan besar bila kubah tidak disesuaikan dengan kondisi lapangan. Kalau masjid rusak padahal belum lama dibangun, tentu ini menimbulkan kekecewaan tersendiri. Entah bagi pihak yang berperan dalam pembangunan, maupun bagi jamaah yang rutin beribadah di masjid.

Itulah mengapa peran kontraktor sangat penting. Keamanan dan keakuratan perhitungan sangatlah penting. Bila tidak, masjid akan cepat rusak. Nah, bila Anda mempercayakan kepada kontraktor kubah, Anda akan mendapatkan informasi mengenai apa yang harus dipertimbangkan.

Sehingga harga kubah nanti akan terlihat wajar. Bukan lagi tentang murah dan mahal, tetapi lebih pada layak atau tidak.

Pertimbangan Saat Membuat Kubah Masjid

Ada berbagai pertimbangan ketika hendak membuat kubah masjid. Dan ini sudah sangat dipahami oleh para kontraktor kubah masjid. Kami selaku salah satu kontraktor telah berpengalaman terhadap hal ini, sehingga pekerjaan kami dijamin aman sesuai spesifikasi.

Pun bila terjadi permasalahan, kami siap memberi garansi. Karena kami yakin, permasalahan di tengah bukanlah hal krusial. Sebab kami telah memastikan membuat dengan penuh perhitungan, sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah, apa saja pertimbangan yang harus diperhatikan ketika membuat kubah? Anda bisa simak di bawah ini:

1. Ukuran Kubah Masjid

Apakah Anda ingin membuat kubah besar atau kecil? Itu harus sangat diperhatikan dalam perencanaan pembuatan kubah. Ukuran kubah akan berpengaruh pada berat kubah. Dan berat kubah berpengaruh pula terhadap pondasi dasar bangunan.

Bila Anda ingin kubah besar tetapi ringan, kami akan sarankan penggunaan bahan tertentu. Dan bila Anda ingin kubah kecil tetapi sesuai dengan komposisi bangunan, kami tentu memiliki saran terkait itu.

Maka pertama, Anda harus tetapkan desain masjid secara matang. Setelah itu kami bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda atau bisa melakukan koreksi bila ada hal yang perlu dikoreksi.

2. Bahan Kubah

Bila Anda ingin mendesain kubah dengan gambaran tertentu, tentu ini akan mempengaruhi bahan kubah yang dibutuhkan. Bahan kubah sangat penting untuk menilai apakah kubah tersebut cocok dengan desain yang Anda harapkan atau tidak.

Jangan sampai salah kaprah dalam memilih bahan, umur masjid bisa dipertaruhkan. Pastikan untuk memilih desain terbaik lalu konsultasikan kepada kami selaku kontraktor kubah masjid.

Kami siap memberi saran terbaik agar kubah sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan sebisa mungkin biayanya tetap terjangkau. Semua bisa dikompromikan dengan baik sehingga Anda akan mendapatkan apa yang sesuai dengan keinginan.

3. Mode Kubah

Anda ingin kubah tipe dulu atau tipe kekinian? Kubah berkembang seiring dengan tren maupun ciri khas dari wilayah masjid akan dibangun. Menurut pengalaman kami, tiap daerah memiliki ciri khas masing-masing.

Dan untuk mewujudkan ciri khas tersebut, butuh dilakukan penyesuaian terhadap bahan, bentuk, hingga biaya. Anda bisa serahkan urusan tersebut kepada kami. Cukup sampaikan apa yang Anda rencanakan maka kami akan berikan saran.

Sekaligus juga gambaran biaya yang perlu dikeluarkan. Sehingga semua bisa clear diawal tanpa permasalahan tertentu. Alhasil Anda akan puas dengan kubah yang akan dibuat.

4. Kontur Permukaan Tanah

Karena pembuatan kubah merupakan bagian dari konstruksi bangunan, maka penting memperhatikan kontur tanah. Spesifikasi kubah pada tanah bergerak dan tanah stabil tentu berbeda.

Bila lokasi masjid berada di tanah stabil, Anda bisa memilih bahan kubah yang berat. Harganya tentu lebih murah dibanding bahan yang lebih ringan lainnya. Sedangkan pada daerah labil dan rawan gempa, Anda bisa memilih bahan kubah lebih ringan.

Bahan enamel dan galvalum bisa menjadi pilihan paling pas. Kedua bahan ini cukup ringan dan tahan terhadap gempa. Berbeda dengan bahan beton yang berat dan mudah retak bila dibangun pada daerah rawan gempa. Tentunya ini bisa membahayakan jamaah.

Ternyata butuh beberapa pertimbangan untuk membuat sebuah kubah. Tak heran bila keahlian kontraktor amat dibutuhkan dalam konstruksi kubah. Kalau samapi salah perhitungan, usia masjid tentu tidak akan lama.

Ini tentu berisiko di masa depan. Oleh karena itu, lebih baik serahkan kepada yang pasti-pasti saja. Tidak masalah menambah sedikit dana demi keamanan jangka panjang. Maka langsung hubungi kami selaku kontraktor kubah masjid Professional untuk mengonsultasikan kubah masjid.