Bimbel CPNS Terbaik

Ketahui 7 Formasi CPNS Terbaik Bersama Kami Bimbel CPNS Terbaik di Bekasi

Bagi masyarakat Indonesia, pekerjaan menjadi seorang pegawai negeri sipil begitu diminati karena dianggap sebagai posisi yang terhormat. Menjadi seorang PNS memang sangat membanggakan, namun begitu tingkat persaingannya sangat tinggi. Kamu harus join bimbel CPNS terbaik terlebih dahulu jika ingin menjadi seorang PNS tanpa kecurangan sedikitpun.

Bayangkan saja, para lulusan SMA dan yang lebih tinggi dari itu bersaing untuk menjadi seorang PNS setiap ada loker CPNS dibuka. Dan berbagai lulusan sekolah menengah keatas dan sekolah tinggi mengincar formasi PNS yang berbeda-beda. Untuk mengetahui apa saja formasi CPNS tahun 2021 dan cara sukses lolos tes CPNS tanpa suap, yuk perhatikan ulasan pada artikel berikut!

Pengertian Dari Formasi CPNS yang Perlu Kamu Tahu

Ketika ingin menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), terlebih dahulu kamu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan “formasi CPNS”. Apakah “formasi” yang disebutkan itu merupakan formasi bentuk atau formasi barisan? Tentu saja bukan.

Pengertian dari formasi CPNS yaitu jalur yang disediakan oleh pemerintah bagi para pendaftar tes CPNS untuk mengikuti seleksi CPNS agar bisa masuk ke departemen yang mereka inginkan. Ada banyak formasi dari CPNS yang akan dibuka di tahun 2021, dan bahkan ada juga formasi CPNS untuk disabilitas. Wah, menarik ya!

Biasanya formasi CPNS bisa kamu akses melalui website e-cpns.kemlu.go.id, dengan informasi update terkait formasi CPNS digital di sana. Nantinya kamu bisa mengetahui kuota atau jumlah dari CPNS yang dibutuhkan oleh masing-masing departemen, untuk menilai peluangmu masuk ke departemen tersebut.

7 Formasi CPNS Terbaik yang Dibuka Oleh Pemerintah

Ketika sebuah pengelola  departemen atau kementrian merasa kekurangan staff pada timnya, maka mereka akan mengajukan formasi CPNS. Sehingga para pendaftar bisa mengikuti seleksi untuk masuk ke formasi CPNS yang mereka inginkan. Lalu apa saja formasi CPNS terbaik yang dibuka oleh pemerintah?

Pada dasarnya, formasi CPNS terdiri dari Formasi Umum dan Formasi Khusus. Formasi umum terdiri dari calon PNS biasa, sedangkan formasi khusus terdiri dari CPNS yang berasal dari lulusan Cumlaude dan merupakan penyandang disabilitas.

Berikut ini 7 formasi umum bimbel CPNS terbaik yang dibuka oleh instansi pemerintah yang telah merilis kebutuhan anggota barunya :

1. Badan Narkotika Nasional (BNN)

Di tahun 2021, BNN membutuhkan sekitar 148 formasi CPNS, dengan 12 tenaga medis dan 136 orang lainnya yaitu tenaga teknis. Tenaga kesehatan yang dibutuhkan yaitu : apoteker, dokter, psikologi klinis, asisten apoteker, perawat, dan pranata laboratorium kesehatan.

Sedangkan tenaga teknis yang dibutuhkan yaitu yang memegang posisi : analis anggaran, analisis pengelolaan keuangan APBN, assessor SDM aparatur, auditor, konselor adiksi, penerjemah, pengelolaan pengadaan barang / jasa, penyulur narkoba, perancangan peraturan perundang-undangan, dan lain sebagainya.

2. Kementrian PUPR

Di tahun 2021, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menyediakan lebih dari 1.000 formasi untuk CPNS. Berbagai posisi yang membutuhkan anggota baru diantaranya yaitu analis pengelolaan keuangan APBN, auditor, pembina jasa konstruksi, pengelola pengadaan barang / jasa, pengembang teknologi pembelajaran, dan lain sebagainya.

3. Kementrian Luar Negeri (Kemenlu)

Berikutnya, instansi pemerintah yang telah merilis kebutuhan anggota baru pada pendaftaran CPNS 2021 yaitu Kementrian Luar Negeri atau Kemenlu. Berbagai posisi yang butuh diisi diantaranya yaitu diplomat, penata kanselerai, pranata informasi diplomatik, perancang peraturan perundang-undangan, dan lain sebagainya.

4. Kementrian Agama (Kemenag)

Kementrian Agama juga telah mengajukan usul formasi CPNS tenaga pendidik yang sangat besar, yaitu sekitar lebih dari 27 ribu formasi. Berbagai posisi yang butuh diisi yaitu guru agama Islam, guru agama Kristen, guru agama Katolik, guru agama Hindu, dan lain sebagainya.

5. Formasi CPNS Cumlaude

Berikutnya, formasi yang dibuka oleh pemerintah untuk mengisi kuota PNS yang dibutuhkan yaitu formasi CPNS Cumlaude. Jumlah formasi khusus yang dibutuhkan oleh pemerintah untuk kategori lulusan Cumlaude cukup sedikit jumlahnya. Sehingga para peserta didik lulusan terbaik harus berlomba agar bisa lolos seleksi di kementrian yang mereka inginkan.

6. Formasi CPNS Penyandang Disabilitas

Formasi lain yang dibutuhkan oleh pemerintah untuk mengisi kekosongan staff PNS yaitu formasi penyandang disabilitas. Adanya jenis formasi ini digunakan sebagai solusi untuk meminimalisir diskriminasi terhadap para penyandang disabilitas. Namun jumlahnya masih sangat sedikit, yaitu hanya sekitar 2% saja dari keseluruhan total jumlah PNS yang akan diloloskan seleksi.

7. Formasi CPNS Diaspora

Berikutnya, formasi yang dibuka oleh pemerintah yaitu formasi CPNS yang berasal dari kalangan diaspora. Para imigran atau yang termasuk dalam diaspora diizinkan untuk mengisi formasi dalam CPNS di negara kita, sesuai dengan kebutuhan. Namun ada berbagai ketentuan yang harus dipatuhi agar para imigran bisa menjadi PNS di Republik Indonesia.

Itulah beberapa formasi terbaik yang dibuka pada ajang tes seleksi CPNS tahun 2021 dan beberapa tahun ke depan. Jika kamu ingin mendapatkan update terkait jumlah formasi tersebut di masa depan, pastikan untuk melihatnya di situs kementrian yang kamu minati.

Meninggikan Peluang Lolos Tes dengan Kursus di Bimbel CPNS Terbaik

Sekilas kuota yang disediakan oleh pemerintah untuk masing-masing formasi CPNS di kementrian terkait terlihat begitu besar. Padahal jumlah tersebut sangat sedikit, yang artinya tingkat kompetisi untuk lolos seleksi semakin besar. Tes untuk CPNS juga dibuat sangat sulit, sehingga membuat para CPNS kelabakan.

Kamu pun juga bisa panik jika nyatanya tidak menguasai materi yang akan diujikan. Jika kamu ingin belajar intensif untuk mengikuti ujian CPNS agar masuk formasi yang diinginkan, jangan lupa untuk bergabung dengan bimbel CPNS terbaik. Bimbel CPNS terbaik di Indonesia seperti Newton Six akan membantumu lolos seleksi tanpa kecurangan sedikitpun.

Apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika ikut kursus di Newton Six?

1. Bisa belajar dari ahlinya

Newton Six merupakan lembaga kursus terbaik yang menyediakan fasilitas kursus CPNS untuk kamu yang tertarik untuk menjadi aparat sipil negara. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, Newton Six sangat profesional dalam mendidik peserta kursus CPNS mereka. Alhasil, banyak sekali peserta kursus Newton Six yang berhasil menjadi PNS.

2. Mendapatkan modul paling lengkap

Berikutnya, keuntungan bergabung dengan Newton Six yaitu mendapatkan modul yang paling lengkap. Kamu bisa mempelajari materi yang diujikan pada tes CPNS tahun 2021 yang sangat lengkap jika bergabung dengan mereka. Selain itu, kamu juga memperoleh modul-modul paling efektif untuk belajar materi CPNS.

3. Harga yang sesuai kualitas

Sebagai lembaga kursus CPNS terbaik, Newton Six menetapkan harga yang cukup terjangkau. Jika kamu bergabung dengan mereka, biaya investasi yang harus kamu keluarkan pun juga tidak terlalu banyak.

Dengan bantuan dari Newton Six, bimbel CPNS terbaik Indonesia, kamu bisa menjadi seorang pegawai negeri sipil yang terlatih dan cerdas. Yuk bergabung dengan Newton Six sekarang juga!