Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Pahami Ciri Air Mengandung Limbah Berbahaya Sebelum Membangun Pabrik Air (AMDK)

Satu hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) sebelum beroperasi, yakni pemilihan sumber air baku. Sebab, kualitas air baku akan memengaruhi kinerja mesin pengolah air yang ada di pabrik.

Jika sumber air baku berkualitas, maka kinerja mesin menjadi lebih ringan, sehingga masa pemakaian lebih panjang. Sayang, kualitas air baku tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya pencemaran lingkungan.

10 Ciri-ciri Air Mengandung Limbah Berbahaya yang Harus Diketahui Sebelum Mendirikan Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Dalam rangka penjagaan lingkungan, pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai tata cara pembuangan serta pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Pemerintah bahkan membagi kewenangan tersebut ke dalam beberapa kelompok, yakni kelompok pusat, provinsi, dan kabupaten.

Namun, praktik di lapangan tidak selalu berjalan selaras dengan peraturan pemeritah. Masih banyak oknum tidak bertanggung jawab yang membuang limbah B3 secara sembarangan. Oleh karena itu, perhatikan ciri-ciri sumber air pabrik air minum kemasan yang mengandung limbah B3:

1. Perubahan Warna

Salah satu cara paling mudah untuk melihat adanya pencemaran ialah warna air. Jika terjadi perubahan warna pada sumber air, maka air tersebut berisiko terkena pencemaran lingkungan. Secara sederhana, perubahan warna pada air terjadi karena ada zat atau polutan yang tersuspensi.

2. Berbau Aneh

Sumber air yang dapat digunakan oleh pabrik air (AMDK) harus memenuhi persyaratan tertentu, salah satunya tidak berbau. Jika aroma dari air tersebut tiba-tiba berubah, maka kemungkinan sudah tercemar oleh polutan. Bau yang ditimbulkan biasanya memiliki aroma yang sangat menyengat, aneh, maupun seperti sesuatu yang busuk.

3. Memiliki Tekstur Rasa

Air dikategorikan sebagai air bersih, jika tidak memiliki bau dan rasa. Oleh karena itu, jika Anda menemukan air dengan tekstur rasa tertentu atau aneh, maka berhati-hatilah.

Hal tersebut dapat menjadi indikator pencemaran air akibat polutan maupun limbah berbahaya, baik rasa rasa asin, manis, pahit, getir, dan lain-lain. Dengan catatan, air yang diminum tidak dengan sengaja diberi tambahan zat perasa lainnya.

4. pH Air Tidak Netral

pH atau tingkat derajat keasaman merupakan salah satu indikator kualitas air, termasuk bahan baku air (AMDK). Air yang tercemar oleh polutan memiliki pH yang lebih rendah atau justru lebih tinggi dari pH normal, yaitu 7.

5. Perubahan Suhu Air

Hampir setiap elemen yang berada di bumi memiliki suhu, termasuk air. Jika dibandingkan dengan suhu lingkungan, maka suhu air cenderung lebih rendah. Misal, suhu lingkungan 29 derajat Celcius, maka suhu air berada di angka 25-27 derajat.

Namun, jika tanpa dipanaskan suhu air tiba-tiba berubah, maka ada indikasi terjadinya pencemaran. Perubahan suhu tersebut dapat mengganggu keseimbangan alam dan cukup berbahaya untuk dikonsumsi.

6. Jumlah Mikroorganisme

Ada banyak jenis mikroorganisme yang hidup di dalam air, baik berupa bakteri, virus, maupun polutan lainnya. Jumlah tersebut dapat terus bertambah, sering dengan terjadinya pencemaran.

Akibatnya, jumlah mikroorganisme semakin tak terkendali, sehingga memengaruhi kualitas air minum (AMDK). Sebab, tidak semua jenis mikroorganisme aman untuk tubuh.

7. Terdapat Endapan

Adapun yang dimaksud dengan endapan ialah semua bahan yang berada di dasar air. Pada kasus pencemaran akibat limbah B3 bukan lagi berupa pasir atau debu, melainkan lumpur atau benda padat lainnya.

8. Terdapat Kandungan Bahan Terlarut

Sedikit berbeda dengan endapan, bahan terlarut dalam air tidak dapat dilihat secara kasat mata. Namun, kehadirannya dapat memengaruhi warna, rasa, bau, maupun pH air.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tes uji coba sumber air baku terlebih dahulu. Selain memastikan kualitas air, hal tersebut juga bermanfaat sebagai salah satu syarat mendirikan pabrik air (AMDK).

9. Peningkatan Radioaktivitas Air

Radioaktivitas sebenarnya bukan hal asing dalam kehidupan, karena di dalam tubuh manusiapun juga terjadi aktivitas tersebut. Hanya saja, radioaktif yang tak terkendali di dalam air sangatlah berbahaya.

Pasalnya, zat radioaktiv dapat mengubah struktur gen, memicu beragam penyakit serius, hingga menyebabkan kematian. Salah satu pemicu utama peningkatan radioaktivitas ialah tingkat pencemaran, akibat pembuangan limbah industri secara sembarangan.

10. Biota Air Mati

Seperti yang sudah diketahui, air juga termasuk tempat hidup beragam spesies, baik hewan maupun tumbuhan. Jika tidak ada lagi kehidupan, maka kondisi tersebut patut diwaspadai. Sebab, kemungkinan sudah terjadi pencemaran yang memengaruhi kadar oksigen serta kualitas air.

Rekomendasi Konsultan Pengolah Air Terpercaya dari Kontraktor Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Keberadaan konsultan pabrik air minum (AMDK) tidak dapat diabaikan begitu saja. Selain menyusun perencanaan pembangunan, konsultan juga akan membantu proses pengujian kualitas air baku. Nah, berikut adalah 3 konsultan pengolah air yang terpercaya:

1. PT. Tanindo Anugerah Nusantara

PT. Tanindo merupakan supplier mesin pengolah air yang sudah berpengalaman lebih dari 12 tahun. Tak hanya fokus pada mesin air bersih saja, mereka juga menyediakan mesin pengolah air limbah yang ditangani oleh tenaga ahli.

Tentu tidak heran, jika popularitasnya semakin meroket di kalangan pebisnis. Selain bidang pengadaan mesin dan peralatan, Tanindo juga siap menjadi konsultan, termasuk pendirian pabrik air (AMDK).

Di tangan sang ahli, peluang yang Anda harapkan akan direncakan secara baik, matang, dan terstruktur. Anda dapat melihat produk layanan Tanindo dengan mengakses website resmi di www.tanindo.net.

2. PT. Farmel Cahaya Mandiri

Chemical trading, serta mesin pengolah air bersih dan limbah merupakan spesialisasi PT. Farmel Cahaya Mandiri yang didirikan pada tahun 2004. Aspirasi utama mereka ialah memenuhi kebutuhan yang melebihi harapan.

Berlandaskan hal tersebut, PT. Farmel terus berusaha untuk menghadirkan produk-produk mutakhir dan ramah lingkungan. Di tahun 2010, mereka meluncurkan layanan terbaru, yakni pembangungan gedung bertingkat serta pabrik, termasuk pabrik air minum kemasan.

PT. Farmel telah memiliki 5 kantor cabang yang tersebar di Semarang, Surabaya, Bali, Jakarta Pusat, dan Tangerang. Lebih dari 80 klien sudah ditangani dengan baik oleh Farmel. Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat mengunjungi situs www.farmel.co.id.

3. CV. Taqindo Karya

Taqindo Karya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang desain, fabrikasi, pengadaan serta pemasangan instalasi air bersih, limbah, dan sanitasi. Sistem tersebut dapat dipasang dalam skala rumah tangga, perhotelan, pasar, rumah sakit, maupun gedung perkantoran.

Berkantor pusat di Surabaya, Taqindo memiliki visi untuk menjadi perusahaan nasional yang berperan aktif dalam pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan. Profesionalitas dan komitmen sangat dipegang teguh oleh perusahaan yang sudah beroperasi sejak 2009 ini.

Anda dapat menghubunginya melalui live chat yang terhubung ke akun Whatsapp atau klik www.taqindo.com. Di tangan para ahli, wujudkan pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) yang berkualitas dan terstruktur dari awal hingga akhir produksi.