Harga Mesin CNC Ukir Kayu

Mesin CNC merupakan perangkat yang banyak digunakan oleh pebisnis terutama mereka yang perlu mengukir sesuatu di bidang yang keras seperti kayu. Keberadaan mesin CNC membuat pekerjaan menjadi cepat dan minim kesalahan. Banyak orang yang mengira bahwa harga mesin CNC ukir kayu terlalu mahal untuk bisnis pemula. Benarkah hal tersebut? Yuk intip ulasannya sebagai berikut!

Sekilas Tentang Mesin CNC dan Harga Mesin CNC Ukir Kayu

Mungkin ada beberapa diantara anda yang belum mengenal apa itu mesin CNC. Mesin tersebut memiliki peran krusial pada proses manufaktur seperti halnya mengukur dan memotong. Anda bisa mengatur mesin tersebut secara digital sehingga hasilnya cepat dan rapi. Desain mesin CNC sudah sangat beragam sehingga mudah diaplikasikan di berbagai bidang, contohnya adalah kayu.

Banyak sekali usaha yang sangat terbantu berkat adanya mesin CNC. Beberapa diantara mereka adalah usaha advertising, usaha mebel, manufacturing, dan souvenir kayu. Mesin CNC dikenal juga dengan nama CNC router. Tugas utama yang bisa mereka lakukan adalah memotong, mengukir, dan membuat tanda. Material yang dapat diproses adalah kayu, akrilik, keramik, dan masih banyak lagi.

Demi mendapatkan alat yang pas, anda perlu menelisik dengan baik apa saja keunggulan masing masing mesin. Setiap produsen CNC router pasti menonjolkan keunggulan yang berbeda beda. Carilah salah satu diantara mereka yang bisa mempermudah proses produksi secara efektif dan efisien. Anda juga perlu melihat harga mesin CNC ukir apakah sesuai budget atau tidak.

Rekomendasi Mesin CNC serta Harga Mesin CNC Ukir Kayu

1. ATLAS TMA 1320

Mesin CNC pertama yang bisa anda pertimbangkan untuk memperkuat proses produksi adalah ATLAS TMA 1320. Produk yang sta ini dilengkapi dengan tempat bah spindle yang bisa difungsikan secara bersamaan. Berangkat dari keunggulan tersebut, anda bisa melakukan proses produksi dengan lebih efektif dan efisien karena bisa dilangsungkan secara masal.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh ATLAS TMA 1320 adalah kemampuannya dalam menghasilkan ukiran bernuansa 3D. hal tersebut diperoleh karena mereka memiliki multi spindle rotary yang bisa menyesuaikan tinggi. Kekuatan mesinnya tidak perlu anda ragukan karena sudah menggunakan motor 2,2 kw. Harga produk tersebut tidak sampai 190 juta.

2. ATLAS tfm 6090

Produk kedua yang tidak kalah menarik adalah ATLAS TFM 6090. Mereka memiliki performa yang tidak jauh dibandingkan dengan ATLAS TMA 132, hanya saja meja kerja yang mereka miliki lebih sempit. Alasan itulah yang membuatnya hanya bisa digunakan untuk benda benda yang berukuran kecil hingga sedang. Dari segi harga, mereka pun lebih terjangkau dibandingkan TMA 1320.

Harga mesin CNC yang lebih miring membuat mereka laris diburu oleh UKM rintisan. Mereka bisa digunakan untuk memproduksi berbagai benda dengan material berupa triplek, katu, PVC, akrilik, aluminium, hingga kuningan. Bahkan mereka juga dapat memproses material dengan bahan berupa MDF particle board. Harga produk tersebut adalah 81,9 juta.

3. ATLAS TMF 1212

Produk rekomendasi ketag yang bisa anda cek lebih dalam adalah ATLAS TMF 1212. Mereka masih dalam jajaran item yang laris karena memiliki area kerja yang luas yaitu 1200 mm x 1200 mm. dengan area tersebut, anda bisa memproses barang yang dimensinya sedang hingga besar. Bahkan mereka bisa mengukir relief dengan tampilan 3D yang detail.

Hasil tersebut akan terlihat halus dan sesuai dengan gambar yang telah di input dalam komputer. Daya yang diperlukan agar mereka dapat beroperasi adalah 250 watt. Mesin motor yang digunakan juga menggunakan merek ternama, salah satunya adalah Yaki Drive. Demi mendapatkan item tersebut, anda perlu menyiapkan dana sekitar 103 juta.

4. ATLAS TLD56 1325

Perjalanan anda untuk melihat deretan produk CNC yg recomended belum berakhir. Salah satu yang tidak kalah keren adalah ATLAS TLD56 1325. Jika dibandingkan dengan yang sebelum sebelumnya, maka item yang satu ini memiliki area kerja yang lebih luas. Harga untuk mesin CNC ukir kayu ini adalah 155,9 juta.

Ukuran yang dimiliki oleh nya adalah 1300 x 2500 mm. spindle powernya pun besar yaitu motir 3 kw. Dengans pesifikasi tersebut, maka si mesin dapat bekerja secara cepat dan optimal. ATLAS TLD56 1325 juga dilengkapi dengan motor 3 aksis sehingga dapat membuat kuran 3D secara realistis. Hasilnya akan tampak seperti nyata dan detail seperti apa yang telah diinput ke dalam system.

5. ATLAS TLD 1325 ATC

Setiap perusahaan manufaktur seperti ATLAS selalu memproduksi mesin dengan berbagai series. Kali ini anda akan mengenal lebih dalam bagaimana spesifikasi ATLAS TLD 1325 ATC. Produk tersebut dibanderol dengan harga 369,9 juta. Meskipun tergolong sedikit mahal, namun kualitas yang ditawarkan tidak main main. Kebanykana perusahaan yang menggunakannya adalah pabrik besar.

Bagaimana Tips Memilih Mesin CNC?

1. Menyesuaikan Dengan Material Produk

Tidak semua mesin CNC bisa memproses setiap jenis material. Oleh karena itu, anda perlu melihat apakah mereka dapat memproses bahan baku yang anda miliki atau tidak. Misalnya saja anda memproduksi mebel atau souvenir kayu. Maka pastikan jika mesin CNC router nya dapat memotong, mengukir, dan menandai kayu dengan baik.

Selain materialnya, anda juga perlu melihat apakah meja atau area kerjanya bisa menampung ukuran produk atau tidak. Percuma jika Harga Mesin CNC Ukir Kayu nya murah namun ternyata tidak bisa digunakan. Jika produknya besar, maka pilih CNC yang area kerjanya besar. Namun untuk item yang kecil, anda boleh membeli CNC yang working areanya tidak terlalu luas.

2. Dapat Mengoperasikan Mesin CNC

Setiap produsen CNC router pasti menggunakan susunan program yang berbeda. Namun sejauh ini, CAD dan CAM merupakan yang paling banyak digunakan. Anda perlu memilih mesin yang mudah dipelajari oleh karyawan. Apabila mereka terbiasa dengan sebuah program, maka lebih baik carikan mesin yang bisa mendeteksi dan menjalankan program tersebut.

3. Pilih Merk Ternama

Brand atau mereka menjadi salah satu hal yang tidak boleh anda abaikan. Brand yang sudah besar pasti berusaha menjaga nama baiknya, sehingga item yang mereka produksi tidak akan main main. Meskipun hal ini tidak bisa dijadikan patokan mutlak, namun nyatanya hal tersebut benar adanya. Paling tidak anda lebih tenang saat sudah membelinya.

4. Memilih Produk Sesuai Budget

Merintis bisnis merupakan tugas yang tidak mudah. sebagai seorang pengusaha, anda perlu melihat apakah produk yang akan dibeli sesuai dengan budget atau tidak. Apabila harganya terlalu mahal maka gantilah dengan produk lain. Tidak baik jika anda memaksakan harga mesin CNC ukir kayu yang sudah diluar kemampuan. Jika tidak, anda pun bisa menabung dan menunggu sampai cukup.

Membeli CNC router memang memberikan banyak keuntungan. Namun jika malah membahayakan keuangan bisnis, lebih baik sedikit ditunda. Apabila anda perlu sekarang, maka pilihlah item dengan hati hati. Ikuti setiap tips yang telah diberikan dan telisik lebih dalam setiap rekomendasi yang telah ditulis sebelumnya.