Harga Mesin CNC Router

Perkembangan teknologi memang membawa dampak besar bagi ranah industry. Banyak sekali alat yang muncul dan dapat membantu pekerjaan yang sulit. Salah satu alat yang erat kaitannya dengan manufacturing adala CNC router. Di kesempatan kali ini, yuk cari tahu informasi lebih dalam seputar fungsi, tips membeli, dan harga mesin CNC router.

Fungsi Utama CNC Router dan Harga Mesin CNC Router

1. Memotong

Mesin CNC router ahh sebuah alat yang fungsinya hampir mirip dengan router genggam. Mereka bisa digunakan untuk memotong berbagai material keras seperti akrilik, kayu, dan aluminium. Hasil yang didapat dari proses pemotongan ini sangat presisi sehingga kualitas produk bisa lebih terjamin. Pemotongan juga tidak perlu waktu lama sehingga lebih efisien.

Kinerja CNC router terbilang sangat modern karena dikontrol melalui komputer dengan sandi numeric. Semua prosesnya berjalan secara otomatis tanpa perlu bantuan tangan manusia. Pengerjaan juga konsisten sehingga perkiraan jumlah produksi bisa dihitung dengan seksama. Frekuensi kesalahannya juga minim sehingga proses produksi menjadi lebih akurat.

2. Menggarfir

Selain memotong, mesin CNC router juga dapat digunakan untuk menggrafir. Bagi anda yang belum tahu, menggrafir adalah sebuah proses memahat kayu atau material lain sehingga memiliki motif atau pola yang diinginkan. Tingkat kerumitan grafir pun beragam, namun mesin CNC tetap bisa melakukannya dengan baik. Hasil yang didapat juga presisi hingga 100%.

Jika dilakukan secara manual, maka proses penggrafiran bisa memakan waktu berjam jam untuk satu produk. Namun semuanya bisa berjalan dalam hitungan menit jika anda membayar biaya mesin CNC router. Bahkan untuk penggrafiran sederhana, si mesin dapat menyelesaikannya dalam hitungan detik. Tidak heran jika alat tersebut sangat diburu oleh pemilik bisnis manufaktur.

3. Membuat Marka

Fungsi ketiga yang dimiliki oleh CNC router adalah membuat marka. Di dalam pabrik proses ini dikenal dengan nama marking. Sesuai dengan julukannya, proses utama dalam kegiatan tersebut adalah membuat tanda pada material khusus yang menjadi bahan dasar produk yang dibuat oleh perusahaan. Hasil marking juga menjadi patokan atau penanda dalam pengolahan material berikutnya.

Pabrik yang markingnya dibantu oleh mesin CNC router dapat bekerja secara efisien. Dalam hitungan menit sudah banyak material yang berhasil dibuat polanya. Tentu prose sproduksi yang cepat membuat target produksi lebih mudah tercapai. Pengeluaran dana untuk gaji karyawan juga bisa lebih ditekan karena ada mesin yang bisa membantu segalanya.

Tips Memilih CNC Router

1. Lihat Material Dalam Proses Produksi

Material yang nantinya akan diolah oleh mesin menjadi penentu jenis CNC router yang dibutuhkan. Misalnya saja anda ingin mengolah kayu, maka spesifikasi mesin yang dipilih harus lebih berat dibandingkan pengolahan plastic. Sejatinya untuk material yang keras, maka CNC milling menjadi pilihan yang tepat namun biaya mesin CNC router nya sedikit lebih mahal.

Disarming material, anda juga harus melihat ukuran meja kerja yang akan digunakan. Untuk bahan kayu maka anda memerlukan mesin yang besar mengingat penampang material dan mena kerjanya juga luas. Namun jika produk yang diolah ukurannya kecil, maka anda boleh memilih CNC yang ukurannya lebih mini.

2. Mengenal Program Yang Dibutuhkan

Mesin CNC bisa bekerja dengan baik berkat adanya kontrol dari komputer. Ada perlu menggunakan dua software yang masing masing bertanggung jawab pada sebuah tahapan. Software pertama adalah CAD yang fungsinya untuk menggambar. Sedangkan program kedua adalah CAM yang nantinya akan mengkonversi desain menjadi bahasa numerical.

Setelah itu diperlukan juga operator atau tenaga kerja yang mengoperasikan mesin CNC. Orang tersebut harus tahu bagaimana membaca program CAD dan CAM. Merekalah yang bertanggung jawab dengan penggunaan mesin CNC serta seluruh program yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, carilah pegawai yang memang tahu dasar CNC dengan baik.

3. Memilih Produk Dengan Harga Yang Sesuai Kemampuan

Memulai bisnis dengan membeli CNC router menjadi langkah yang besar demi mencapai kualitas dan kuantitas produksi yang diinginkan. Namun anda juga perlu melihat bagaimana kondisi keuangan bisnis sebelum membeli sebuah alat. Jika memang dananya belum ada, maka anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli harga mesin CNC router yang tinggi.

4. Cari Merek Ternama

Banyak sekali perusahaan yang memproduksi mesin CNC router, sehingga anda perlu memilih brand yang kredibel. Dengan begitu, mesin yang anda beli juga bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan produk yang abal abal. Lakukan rurvei sebelum membeli CNC router agar mendpaat produk terbaik.

Perawatan CNC Router

Sama halnya dengan mesin yang lain, anda juga perlu merawat mesin CNC dengan baik agar tidak rusak. Informasi terkait dengan perawatan pasti telah diatur di dalam buku manual. Biasanya terdapat dua bagian penting dalam proses perawatan tersebut. bagian pertama adalah sistem mekanika mesin. Sedangkan yang kedua adalah sistem elektrikal mesin.

Dalam sistem mekanikal mesin, anda perlu memastikan bahwa oi lubrikasi dalam kondisi yang baik karena fungsinya yang krusial di dalam mesin terutama dalam bagian gib, slide, bering, dan ball screw. Lihat pula bagaimana posisi mesin, apakah diletakkan dengan baik atau tidak. Peletakan yang salah akan mengakibatkan spare part menjadi lebih cepat rusak.

Sedangkan untuk masalah sistem elektrikal, semuanya berhubungan dengan listrik. Berapa pun harga mesin cnc router yang anda beli, pasti memerlukan listrik yang stabil. Apabila daya nya turun, maka komponen komputer bisa mengalami kerusakan. Penggunaan generator untuk menyiasati turunnya tegangan juga tidak dapat banyak membantu.

Harga Mesin CNC Router

Mengenal harga produk sebelum beli merupakan sebuah keharusan. Jika berbicara tentang harga CNC router, maka banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Semakin besar ukuran mesin maka harganya juga akan semakin mahal. Semakin bagus merek yang akan anda beli maka harganya juga menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, anda perlu melakukan survey sebelum beli CNC router.

Jika dilihat dari platform online seperti Tokopedia, maka harga CNC router drilling milling adalah sekitar 1,7 juta rupiah. Namun untuk harga tersebut belum termasuk laser sehingga harus dilakukan pembelian secara terpisah. Namun pihak store sudah menjamin bahwa komponen mesin bukan abal abal dan bisa bekerja secara stabil saat mengukir sebuah objek.

Selain produk tersebut, ada juga harga mesin CNC router yang nominalnya mencapai 9,9 juta. Area kerja mesinnya adalah 120 x 100 cm dengan menggunakan 4 stepper nema 23. Controller yang dimilikinya juga sudah terintegrasi dengan driver stepper sehingga anda bisa menggunakannya dengan lebih mudah. Bahkan kerangkanya sudah full besi sehingga dijamin kokoh.

Bagi anda yang baru memulai usaha, sepertinya harga CNC router di angka 1 hingga 5 juta adalah yang paling tepat. Anda tidak perlu membeli mesin yang terlalu bagus, terutama jika kondisi keuangannya belum stabil. Nantinya anda bisa mengupgrade mesin yang digunakan setelah anggaran perusahaan atau bisnis menjadi lebih kuat.