Keunggulan dan Harga Marmer Lokal untuk desain interior atau eksterior Bangunan

Desain interior dan eksterior dari sebuah bangunan dapat menarik perhatian mata orang-orang. Bangunan yang memiliki desain yang indah memang menjadi dambaan setiap orang. Salah satu jneis bantuan indah untuk mempercantik desain interior dan eksterior rumah anda ialah batu marmer.

Saat ini sudah umum sekali marmer digunakan untuk desain interior atau eksterior sebuah bangunan. Terbukti bahwa bangunan yang dilapisi batu marmer akan terlihat lebih mewah dan sangat berkelas.

Pemilihan marmer sebagai bahan pelapis sebah bangunan bukan tanpa sebab. Marmer merupakan batuan yang kuat dan mampu tahan lama. Meskipun kuat, batu marmer mudah untuk dipotong / dipahat. Sehingga mudah dibentuk untuk keperluan apapun.

Selain itu, marmer memiliki keunikannya sendiri yang tidak dimiliki oleh batuan lain, yaitu setiap potong dari marmer tidak akan pernah sama satu dengan lainnya karena batuan marmer terbentuk secara alami dan tanpa campur tangan manusia sehingga pola atau corak pada marmer tidak bisa dibuat-buat.

Dengan keunikan inilah marmer menjadi batuan yang cukup diminati, termasuk oleh masyarakat indonesia.

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Marmer Lokal Dan Import

Jika berbicara mengenai Harga marmer lokal maupun import keduanya sama-sama memiliki harga yang tinggi. Tinggi rendahnya harga marmer dipengaruhi oleh asal marmer tersebut, di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam marmer mulai dari local asli Indonesia, hingga marmer dari berbagai negara penghasil marmer lainnya.

Baik local maupun import, tetap saja harga jual marmer lokal tidak kalah mahal dengan marmer import, karena factor penentu tingginya harga marmer bukan hanya masalah local atau import saja, ada juga factor lainnya seperti kualitas, motif, pola, corak, maupun warna yang dimiliki tiap-tiap jenis marmer.

Apalagi jika marmer tersebut diburu oleh banyak orang karena jenis marmer tersebut merupakan jenis marmer yang cukup langka maka harga yang dibanderol juga akan lebih tinggi tentunya.

Berikut penjelasan singkat mengenai factor yang mempengaruhi harga marmer Lokal Dan Import :

1. Warna

Alasan pemilihan marmer sebagai batuan untuk mempercantik tampilan bangunan adalah karena marmer memiliki visual yang memukau dari kombinasi warna alami yang unik dan tidak seragam. Sehingga warna menjadi salah satu penentu harga marmer.

2. Kualitas pola serat

Pola urat pada permukaan marmer juga merupakan alasan utama yang dicari oleh pemilik bangunan. Semakin indah dan unik pola urat yang terdapat pada permukaan marmer, semakin tinggi harga jual marmer tersebut.

3. Hasil polesan / Kualitas Finishing

Teknik polesan yang baik akan membantu pola urat dan warna alami dari marmer terlihat lebih jelas dan kualitas dari marmer itu sendiri menjadi lebih baik dan tahan lama. Finishing yang tepat dan kualitasnya yang baik, akan membantu menampilkan keindahan dari marmer.

 

Beberapa Finishing yang bisa anda pilih untuk marmer adalah sebagai berikut:

  • Polish finish

Polish finish akan membuat permukaan marmer menjadi sangat halus dan memiliki permukaan yang rata serta mengkilap. Finishing ini cocok diaplikasikan pada jenis marmer yang akan dipasang sebagai interior.

  • Flamed finish

Flamed finish akan membuat permukaan marmer menjadi kasar. Dalam proses pembuatannya marmer harus dibakar terlebih dahulu sebelum dipasang agar memiliki permukaan yang kasar. Finishing ini cocok diaplikasikan pada jenis marmer yang akan digunakan sebagai penghias eksterior atau pada bagian dinding sehingga tampak lebih natural.

  • Rought cut finish

Marmer jenis ini biasanya dibuat dari campuran batuan andesit dengan batuan marmer. Permukaan marmer yang dihasilkan dari jenis finishing ini akan halus meskipun tidak mengkilap, namun marmer jenis ini akan memiliki daya tahan dan kekuatan yang tinggi.

Namun bagi anda yang tetap ingin permukaannya mengkilap, tidak perlu khawatir karena kini sudah terdapat berbagai bahan kimia yang dapat membuat marmer jenis ini memiliki tampilan mengkilap.

4. Kuantitas

Kuantitas berarti volume pembelian dan ukuran produk yang bervariasi tentunya sangat menentukan harga yang harus anda keluarkan. Untuk itu, pastikan seberapa banyak jumlah kebutuhan anda sebelum membelinya, jangan sampai anda membeli terlalu banyak, dan juga terlalu sedikit.

 

Inilah Keunggulan dan Harga Marmer Lokal

Secara kualitas, marmer lokal tidak kalah dari marmer import. Terbukti dengan banyaknya marmer local asli Indonesia yang sudah merambah pasar internasional dan didistribusikan ke seluruh benua, termasuk Amerika, Eropa dan Australia.

Marmer lokal yang kualitasnya tak kalah dari marmer import biasanya diambil dari daerah Sulawesi seperti Panjakene dan Kepulauan, daerah Jawa seperti Tulung Agung dan Padalarang, serta Sumatra seperti Aceh dan Lampung.

Setiap daerah tersebut menghasilkan marmer dengan ciri khas dan karakteristik yang berbeda dan menjadi daya tarik utama marmer tersebut yang bahkan dilirik banyak marsyarakat luar negeri.

 

Salah satu marmer lokal yang sudah menembus pasar internasional adalah marmer Ujung Pandang asal Sulawesi. Karakteristik warna dari marmer Ujung Pandang adalah cream dengan guratan berwarna putih dan pink. Bandrol harganya beragam mulai dari tingkatan standar hingga premium.

Selain marmer Ujung Pandang, ada juga marmer lokal lain yang mendunia di antaranya marmer Crema Perlato, Chiampo Blue, dan Golden Perlato. Nah, berikut ini beberapa keunggulan dari marmer local yang menjadi alasan utama marmer local layak dipilih:

1. Kualitas Marmer Lokal

Dilihat dari segi kualitas, marmer lokal tidak kalah dengan marmer import. Sama saperti marmer import, kualitas marmer local juga memiliki tingkatan tertentu, mulai dari kualitas standar hingga kualitas premium.

2. Harga Marmer Lokal

Harga marmer lokal jauh lebih murah dibandingkan dengan marmer import. Marmer impor dapat dibandrol mulai dari 1 juta permeternya, sedangkan harga marmer lokal yang kualitas sebanding dengan marmer impor dihargai mulai dari 750.000 permeternya. Lebih murah bukan?

3. Corak Marmer Lokal

Baik marmer import maupun local, corak dari batu marmer tidak pernah sama dari satu dengan lainnya. Satu lokasi penambangan saja, corakanya belum tentu sama 100%, apalagi beda daerahnya. Terdapat banyak corak menarik yang tidak bisa anda dapatkan dari marmer import, dan hanya terdapat pada marmer local.

 

Marmer Import di Indonesia

Dengan keunggulan marmer local yang sudah dibahas sebalumnya, bukan berarti anda tidak bisa memilih untuk membeli marmer import. Karena setiap pilihan kembali kepada anda, dan memang marmer import semiliki lebih banyak variasi yang menarik dan cocok dengan konsep hunian yang akan anda buat.

Nah, jika anda lebih memilih marmer import, anda tidak perlu jauh-jauh berangkat ke negara lain untuk mencari marmer, karena di Indonesia anda sudah bisa menjumpai berbagai marmer import yang berasal dari Italia, Spanyol, Iran, Turki dan lainnya.

Untuk harga, marmer import tentu lebih mahal dibanding yang lokal karena membutuhkan biaya lain-lain seperti ongkos kirimnya dan lain sebagainya.

Nah, tentunya jika anda ingin memesan marmer, baik local maupun import. Anda bisa memesannya di website marmer-granitmurah.com karena disana anda bisa memesan dengan harga marmer lokal dan import yang murah, dengan kualitas yang bersaing.