Cara Merawat Cincin Nikah Emas Putih dan Fakta-fakta Menariknya

Banyak orang memiliki cincin emas berwarna putih sebagai salah satu perhiasan yang bisa digunakan dan dikoleksi. Hal ini karena cincin nikah emas putih memiliki model yang menarik dan tergolong elegan serta menarik ketika digunakan, namun tak banyak orang yang mengetahui cara merawatnya.

Cincin emas tersebut juga ternyata lama kelamaan bisa memudah, sehingga Anda harus mengetahui cara merawatnya supaya cincinnya bisa tetap memiliki daya nilai jual yang tinggi. Di bawah ini merupakan semua hal menarik terkait cincin emas berwarna putih yang bisa dipelajari dengan mudah!

Proses Pembuatan Emas Putih menjadi Cincin Nikah Emas Putih

1. Terbuat dari Emas Murni

Cincin berwarna putih sebenarnya tetap terbuat dari emas kuning murni yang mungkin sering Anda lihat. Perkembangan mode dan zaman yang membuat model emas berkembang dan berubah warna sehingga tersedia dengan jenis putih berkilau serta elegan.

Kenapa warnanya bisa berubah? Hal ini dipengaruhi oleh campuran logam di dalamnya yang membuat warnanya berubah. Di samping itu, kandungan kadar emas yang lebih sedikit dibandingkan dengan logam lainnya, sehingga membuat emas tersebut menjadi putih.

2. Kandungan yang Terdapat Emas Putih

Kandungan emas yang berwarna putih biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan campurannya. Hal ini membuat emas tersebut mudah dibentuk menjadi sebuah cincin. Di samping itu, cincin ini biasa dicampur dengan seng, platinum, mangan, dan palladium.

Kandungan inilah yang membuat emas putih menjadi lebih keras, sehingga bisa membuatnya tahan lama. Kandungan tersebut juga biasanya membuat emas putih menjadi lebih berkilau dan menawan sehingga banyak yang tertarik untuk memilikinya segera.

3. Dibuat Menjadi Cincin Merona

Cincin nikah emas putih bisa memiliki tampilan merona pada sentuhan akhirnya karena adanya frekuensi logam yang tercampur. Tampilan ini sebenarnya cukup normal dan tidak mengherankan, sehingga Anda tetap bisa membedakan emas putih dan kuning.

Hal tersebut biasanya disebabkan karena campuran kandungan yang tercampur pada proses pembuatannya, sehingga cincin emas berwarna putih bisa kemungkinan menjadi kekuningan, atau warnanya menjadi lebih merona. Biasanya, tampilan tersebut tetap menawan dan unik.

4. Lapisan Rhodium

Banyak juga permintaan pasar yang ingin model cincin emas benar-benar berwarna putih pekat, sehingga kandungannya harus dicampur dengan logam lain. Hal ini karena terkadang tetap ada warna kuning yang terlihat meski sudah dicampur dengan palladium dan lain-lain.

Biasanya, pada proses pembuatannya cincin tersebut dilapisi dengan lapisan rhodium yang membuatnya lebih putih, dan berkilau. Hal ini bisa membuat tampilan cincin lebih mirip dengan lapisan platinum, namun harganya tidak akan melambung tinggi.

Keunggulan Cincin Emas Berwarna Putih 

1. Kandungan yang Mampu Tahan Lama

Meski berwarna putih dan biasanya memiliki stigma gampang kotor, ternyata cincin emas tersebut memiliki kualitas yang tahan lama. Hal ini bisa Anda bandingkan dengan cincin emas berwarna kuning, karena kandungannya yang berbeda dan logam untuk melapisinya.

Emas putih biasanya memiliki kemurnian yang lebih rendah dari warna kuning, sehingga campuran logam lainnya yang membuat cincin tersebut lebih tahan lama dan kuat goresan. Anda bisa memilih emas dengan karat 18 jika ingin cincin yang tahan lama.

2. Modelnya yang Berkelas

Warna putih pada cincin ini merupakan keunikan yang bisa membuat tampilannya menjadi lebih berkelas. Tampilannya ini yang membuat disukai banyak orang, sehingga harganya bisa bersaing dengan emas dengan kandungan yang lebih murni.

Modelnya juga bisa menantang zaman, sehingga model yang Anda pilih tidak akan ketinggalan zaman. Hal ini tentunya sangat cocok jika Anda ingin mengoleksi perhiasan, namun ingin dilengkapi dengan model yang classy dan juga elegan.

Fakta Unik Cincin Emas Berwarna Putih

1. Warnanya Bisa Berubah

Penjelasan di atas dapat menggambarkan uniknya emas putih, meski warnanya bisa berubah namun daya jualnya masih tetap tinggi jika Anda bisa merawatnya dengan baik. Pastikan Anda memilih cincin dengan lapisan rhodium untuk membuat perhiasan bisa bertahan lebih lama.

2. Cocok untuk Cincin Couple

Banyak orang yang sedang mencari cincin couple untuk menunjukkan ikatan suci dari sebuah perjalanan asmara. Anda bisa memilih cincin emas berwarna putih sebagai bukti cinta dan kasih bersama orang terkasih, sehingga jari manis pasangan Anda akan terlihat lebih indah.

Di samping itu, modelnya beragam yang bisa dipilih dan cocok untuk semua kalangan menjadikan cincin tersebut dicari banyak orang. Harganya yang tergolong lebih terjangkau juga bisa menjadi pertimbangan lainnya, sehingga sangat cocok untuk dijadikan cincin couple.

Tips dan Trik Merawat Cincin Nikah Emas Putih

1. Cek Lapisan Rhodium pada

Cincin emas yang berwarna putih ini biasanya memiliki lapisan rhodium dengan beberapa kadar tertentu. Hal ini tentunya tidak akan bertahan selamanya, sehingga lapisan tersebut harus dicek secara berkala, jika Anda ingin kilauannya bertahan lebih lama.

Pastikan untuk melapisi ulang rhodium diwaktu yang tepat, sehingga membuat tampilan cincin emas menjadi lebih putih dan bersih. Anda juga harus melakukan hal tersebut ke tempat khusus dan tidak dilakukan sendirian, karena membutuhkan bantuan profesional.

2. Membersihkan Cincin

Membersihkan cincin juga merupakan salah satu hal penting dalam merawat perhiasan untuk tetap menawan berkilau. Pastika  untuk tetap memperhatikan kandungan rhodiumnya, karena sewaktu-waktu akan memudar jika sering dibersihkan dengan cara yang kurang tepat.

Cara yang tepat untuk membersihkan cincin tersebut adalah dengan merendamnya bersama sabun cuci piring. Anda juga harus menyeimbanginya dengan air hangat, kemudian tunggu hingga tiga puluh menit. Lalu, gosok dengan lembut, bilas kembali dengan air hangat.

3. Mengeringkan Cincin

Jika Anda sudah membersihkannya dengan lembut, kemudian Anda bisa mengeringkannya dengan perlahan bersama handuk lembut. Anda juga bisa memberikan beberapa tetesan zat amonia untuk membuatnya tetap berkilau, namun jangan merendamnya lebih lama.

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kandungan rhodium pada lapisan cincin emasnya. Pastikan juga kandungan campuran airnya tidak mengandung zat bersifat abrasif, sehingga membuat cincin lebih bisa bertahan lama.

4. Jangan Menggosok Cincin Terlalu Kuat

Cincin yang digosok terlalu kuat akan berakibat fatal karena nilai jualnya bisa lebih murah. Pastikan, untuk menggosoknya dengan lembut untuk menghindari goresan pada tampilannya. Hal ini akan membuat cincin terlihat rusak dan tidak menawan lagi jika dijual.

Anda juga harus berhati-hati dalam memoles cincin tersebut, sehingga tampilan tetap berkilau dan elegan. Jika cincin tergores, maka nilai jualnya akan lebih rendah karena tampilannya terlihat jorok dan tidak menawan lagi untuk dibeli meski modelnya dibuat dari merk ternama.

Cincin nikah emas putih merupakan perhiasan yang menarik, jika Anda berminat silahkan kunjungi Hijaz Muslem Jewelry untuk harga yang terjangkau. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam model cincin yang mampu memanjakan mata.