Harga Kubah Masjid

Harga Kubah Masjid

Jika anda mengunjungi kubah masjid, coba duduk di bagian tengah ruang utama kemudian lihat ke atas. Maka anda akan menyaksikan tulisan kaligrafi yang indah pada bagian dalam kubah berbentuk lingkaran tersebut. Semakin mahal harga kubah masjid maka semakin menakjubkan tulisan kaligrafi didalamnya. Simak berikut beberapa fakta mengenai kaligrafi kubah yang menawan.

Sejarah Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni tulisan berbentuk lukisan dengan pena, kuas atau alat tulis lainnya pada media tertentu. Kertas papyrus adalah media yang pertama kali digunakan untuk penulisan kaligrafi, namun dengan perkembangan zaman saat ini kaligrafi dapat dituliskan juga pada bau, dinding, koin, sutra, kertas, perhiasan, kaca, keramik, kanvas dan media lain.

Ibrahim Ash Shabani sebagai bapak hukum internasional pernah mengatakan bahwa bahasa bahasa tangan, ambassador akal, idiom pikiran, otoritas tertinggi pemikiran, senjata pengetahuan adalah sahabat terbaik bagi keimanan diantara jurang waktu. Itu menunjukkan bahwa kemampuan menulis adalah hal yang membedakan antara manusia dengan hewan.

Kaligrafi Islam dimulai pada abad ke-16 dalam bentuk risalah, berawal dari ayat-ayat Al-Quran yang dituliskan dengan teknik menulis khusus. Seni kaligrafi menjadi peran penting bagi perkembangan kebudayaan Islam di dunia. Kaligrafi dituliskan pada berbagai media, maka tak jarang kaligrafi yang indah pada media kubah dapat menentukan harga kubah.

Alfabet Arab yang digunakan pada Al Quran sulit diketahui asal usulnya. Namun beberapa sumber mengatakan bahwa Alfabet Arang tersebut berasal dari Nabi Idris yang tidak memiliki garis lengkung seperti sekarang. Namun, Ali bin Abi Thalib adalah seniman pertama yang menemukan gaya kufic pada tulisan kaligrafi yang dapat kita temui hingga sekarang ini.

Kaligrafi Pada Interior Kubah Masjid

Seni arsitektur masjid di seluruh dunia tidak lepas dari desain interior ornamen masjid yang semakin indah belakangan ini. Tidak hanya memberikan kesan indah untuk dipandang, kaligrafi yang terdapat pada interior kubah masjid juga memberikan perasaan yang mendalam untuk batin dan menimbulkan rasa haru dan khusyuk pada hati jamaah masjid.

Tiga hal yang harus terdapat dalam membangun masjid dengan interior yang indah. Yaitu hal yang memunculkan rasa agamis mendalam, dekorasi ornamen yang fungsional sesuai arsitektur dan juga identitas yang menunjukkan kekayaan budaya. Hal ini membuktikan bahwa harga kubah masjid adalah hal yang harus dipertimbangkan dalam arsitektur masjid.

Biasanya, kaligrafi pada interior kubah masjid bertuliskan ayat-ayat dalam Al Qur’an. Ayat yang ditulis kan pada Kubah juga bukan ayat sembarangan, melainkan ayat-ayat pilihan yang mempunyai makna umum dalam kekuasaan Allah. Hal ini dikarenakan letak kubah masjid yang biasanya berada di tengah ruangan utama, dan kubah adalah bagian tertinggi dari masjid.

Selain ayat-ayat Al-Quran, kaligrafi pada interior kubah masjid juga bisa bertuliskan 99 Asmaul Husna atau nama Allah yang sangat bermakna mengagungkan Allah. Selain pada kubah, kaligrafi juga biasanya menjadi hiasan interior pada ruang mihrab atau tempat sholat imam pemimpin jamaah atau pada langit-langit dan dinding bagian atas setiap sisi masjid.

Bahan Kaligrafi Pada Interior Kubah

Kaligrafi adalah sebuah karya seni rupa yang dihormati karena dianggap sebagai suatu alat yang melestarikan Al Quran. Kaligrafi menampilkan unsur keindahan pada setiap pola dan bentuknya yang membuat siapapun dapat terpesona. Bahan pembuatan kubah tentu menentukan harga kubah masjid yang digunakan, begitu pula dengan kaligrafi pada interior kubah.

Seni kaligrafi bisa dikatakan sebagai seni arsitektur rohani yang tampak secara visual sebagai bentuk jasmani. Meskipun sulit dibaca, tulisan kaligrafi ini tetap sangat indah dilihat dengan gaya penulisannya menarik. Tulisan kaligrafi ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk desain interior kubah yang berbentuk melengkung ke atas sehingga menjadi lebih indah dan menawan.

Bahan yang biasa digunakan untuk kaligrafi pada interior kubah adalah bahan vinyl  atau wallpaper banner. Bahan ini sangat mudah digunakan karena anda tinggal rekatkan saja bahan vinyl ini dengan rem. Biasanya kaligrafi dengan bahan ini dibuat dengan teknik digital printing. Bahan vinyl ini sangat awet untuk digunakan selama bertahun-tahun pemakaian.

Selain itu, ada juga kaligrafi pada kubah masjid yang dibuat dengan cara manual. Cara yang satu ini tentu tidak termasuk pada harga kubah masjid yang anda bayarkan saat membelinya. Anda harus meminta bantuan ahli yang berpengalaman menuliskan kaligrafi pada bangunan-bangunan. Meski prosesnya lama dan tak mudah, hasilnya jauh lebih bagus.

Jika anda menggunakan jasa ahli untuk membuat kaligrafi pada kubah, pastikan orang tersebut memiliki sertifikat kelayakan untuk tingkat kehausan tulisan art nya, dan pastikan komposisi tulisannya seimbang. Kualitas yang dibuat oleh tangan ahli tentu jauh lebih bagus daripada mesin digital printing, selain itu tulisan tangan langsung akan lebih awet dan tahan lama.

Jenis Khat Kaligrafi Pada Kubah Masjid

Harga-Kubah-Masjid

Jika anda mengunjungi banyak masjid, maka coba perhatikan jenis tulisan pada kaligrafi yang menghiasi desain interiornya. Maka anda akan menemukan perbedaan pada tulisannya yang banyak sekali jenisnya. Pada umumnya, kaligrafi pada desain interior masjid sulit dibaca karena kerumitannya. Justru hal ini yang menjadikannya terlihat indah dipandang.

Jenis khat yang paling umum kita jumpai di Indonesia adalah Khat Naskhi. Yaitu jenis kaligrafi yang paling mudah untuk dibaca karena biasanya menjadi khat pada Al Quran. Khat ini pertama kali muncul pada abad kelima hijriah, yaitu saat marak dijadikan cetak karya tulisan Arab. Khat jenis ini memiliki titik dan harakat yang sangat jelas sehingga mudah dibaca.

Khat jenis lain yang biasa dijadikan kaligrafi pada kubah masjid adalah khat kufi, yaitu khat tertua yang berasal dari kota kufah. Gaya tulisannya sedikit kaku namun memiliki nilai desain yang  menarik. Karena bentuknya yang sedikit kaku, maka khat jenis ini biasanya dipadukan dengan berbagai ornamen hiasan tambahan yang melengkapi keindahannya.

Bentuk kaligrafi yang paling umum dijumpai pada kubah masjid adalah jenis khat Tsuluts. Khat ini merupakan tulisan yang sangat rumit dan hanya bisa dilakukan oleh para ahli yang berpengalaman. Kaligrafi ini sangat cocok digunakan untuk bentuk interior kubah yang melengkung, maka kubah dengan khat ini memiliki harga kubah masjid yang sangat mahal.

Selain itu, ada juga jenis khat farisi yang marak digunakan sebagai hiasan interior kubah. Khat ini berasal dari Negara Persia dan dibuat pertama kali oleh Mir Ali Sultan At Tabrizi. Jenis tulisannya menggantung dengan ketebalan berbeda. Sangat berbeda dengan khat lainnya, khat farisi tidak memiliki banyak harakat dan tulisannya cenderung terlihat pendek.

Demikian beberapa hal yang perlu anda tahu mengenai kaligrafi pada interior kubah masjid. Gunakanlah kaligrafi yang sesuai dengan ukuran kubah masjid yang digunakan. Perhatikan pula bentuk kubah untuk menyeimbangakn komposisi tulisan kaligrafi. Jangan lupa untuk menyesuaikan juga ornamen kaligrafi dengan warna dinding dan interior masjid lainnya.

Harga Kubah Masjid Berkualitas