Cincin Nikah Platidium, Apa Bedanya dengan Platinum dan Palladium?

Perbedaan cincin nikah Platidium , palladium dan platinum 

Selain emas, kini cincin nikah platidium, palladium, dan platinum sudah menjadi pilihan lain. Tampaknya ketiganya telah menjadi favorit pengganti logam mulia tersebut. Pengetahuan masyarakat tentang larangan pria menggunakan emas sekarang sudah cukup luas. Oleh karena itu, apakah pria muslim atau bukan banyak memilih untuk tidak menggunakan emas, terutama karena alasan estetika.

Kualitas ketiganya tidak kalah dengan kualitas emas, dan juga memiliki kelebihan yang menarik. Oleh karena itu, sangat cocok sebagai material untuk cincin pertunangan, cincin kawin atau cincin aksesoris. Ada banyak jenis cincin yang beredar di pasaran dengan berbagai material. Mulai dari bahan sintetis, kayu alami, hingga logam.

Bedakan Platidium, Platinum, dan Palladium

Platidium mungkin belum banyak dikenal orang, Anda bisa memilih material ini jika ingin beda dari yang lain. Jika ingin tahu lebih dalam tentang material cincin nikah,

Berikut penjelasan perbedaan cincin dari bahan – bahannya.

1. Cincin Platinum

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengenal cincin platinum. Platinum adalah logam langka dan mahal di antara semua logam mulia. Logam ini berwarna putih bersih dan memiliki struktur yang kuat dan keras. Platinum memiliki ketahanan benturan dan ketahanan panas yang baik.

Karena logam ini sangat keras, keunggulan platina adalah ketahanan korosinya. Karenanya, sekalipun terkena air, detergen, parfum, atau bahan kimia lainnya, warnanya tidak mudah berubah. Cincin yang terbuat dari platina murni juga bersifat hipoalergenik, sehingga tidak akan menimbulkan reaksi alergi saat dikenakan.

Bagi umat muslim yang tidak ingin memakai cincin emas, platina menjadi pilihan yang tepat karena halal untuk pria muslim. Apalagi jika pekerjaan mempelai pria dihabiskan di luar ruangan, platinum juga tahan korosi sehingga cincin akan tetap kinclong dan awet.

2. Cincin Palladium

Pernahkah Anda mendengar tentang palladium? Seperti platinum, kebanyakan orang belum tahu apa itu palladium. Logam yang dilambangkan dengan elemen Pd ini menjadi pilihan terbaik pria muslim untuk dijadikan cincin kawin. Palladium masih termasuk dalam kelompok logam platina. Namun, ada perbedaan yang jelas di antara keduanya.

Satu hal yang dapat dilihat dan dibedakan secara fisik adalah warna. Cincin palladium berwarna putih pudar, sehingga terlihat lebih gelap dari platinum. Palladium memiliki banyak keunggulan dari platina, antara lain bersifat hipoalergenik, tidak mudah tergores, tidak mudah berubah bentuk dan tidak mudah kusam. Perhiasan yang terbuat dari bahan ini tidak mudah ditemukan seperti emas.

Semakin hari harganya naik. Bagi yang memilihnya jangan heran, karena harganya yang mahal. Ini sebanding dengan kualitas yang diberikannya. Harga juga dipengaruhi oleh permintaan pasar yang meningkat. Apalagi logam ini juga banyak digunakan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, jika Anda ingin memilikinya silakan segera membelinya sebelum harganya semakin naik.

Mereka yang memilih cincin dari bahan ini pasti lebih menarik. Ini karena kesan klasik juga bersumber dari warna dan sifat kokoh. Palladium tidak hanya cocok untuk pria, tapi juga untuk wanita. Apalagi bagi yang tidak suka mentereng dan punya banyak aktivitas.

3. Cincin Platidium

Platidium merupakan logam pembentuk cincin yang diperoleh dari campuran logam platina dan palladium. Kemudian campuran ini menghasilkan cincin berkualitas tinggi yang juga sangat tahan lama karena tidak mudah berubah bentuk, tidak mudah tergores, dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Harganya seringkali lebih murah daripada platinum.

Namun, kualitas platidium tidak kalah dengan platina. Warnanya lebih indah dari palladium abu-abu. Anda tidak dapat dengan mudah menemukannya di pasaran. Seperti logam platina, platidium termasuk langka dan tidak mudah didapat. Tidak heran Anda tidak akan menemukannya di toko cincin biasa.

Jika Anda menyukai sesuatu yang beda dari biasanya, lebih baik memilih cincin nikah platidium ini. Berbagai desain akan terlihat menarik karena materialnya yang bagus, sehingga akan terlihat berkilau dan baru. Anda pun tidak perlu repot merawatnya, karena material ini tidak mudah kusam atau korosi.

Tips Memilih Cincin Nikah Platidium Custom

Pernikahan merupakan momen yang sangat sakral dan bermakna dalam kehidupan seseorang. Baik pria maupun wanita pasti ingin menjadikan pernikahan itu sebagai hari paling istimewa dalam hidup mereka. Berbagai persiapan sudah dilakukan sejak lama, termasuk pemilihan cincin nikah platidium.

Seiring kemajuan zaman, Anda bisa menentukan cincin nikah custom yang disukai. Anda bisa memesan dan menentukan model cincin mana yang ingin dikenakan pada momen pernikahan yang spesial. Lantas, apa rahasia memilih cincin kawin custom? Berikut beberapa tipsnya:

1. Tentukan Material Cincin

Anda juga harus memilih bahan yang akan digunakan. Anda ingin terbuat dari emas, perak, palladium atau bahan lainnya. Beberapa berpendapat bahwa pria tidak boleh memakai perhiasan emas, cincin nikah platidium bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin terlihat mewah seperti emas. Material ini tentunya halal digunakan oleh pria muslim karena tidak mengandung emas.

2. Mendesain Cincin dari Jauh Hari

Saat memilih desain cincin kawin custom yang diinginkan, Anda tentunya perlu mendiskusikan banyak pertimbangan dengan pasangan. Belum lagi jika ingin menambahkan ukiran yang unik dan detail pasti akan memakan waktu lama. Oleh karena itu, disarankan agar Anda memesan terlebih dahulu agar waktu dan tenaga Anda dapat digunakan untuk persiapan lainnya.

3. Sesuaikan dengan Budget

Sebaiknya Anda membeli cincin nikah custom yang sesuai dengan keadaan keuangan Anda, memang pernikahan adalah momen yang sangat sakral dan bermakna dalam hidup kita. Pastikan Anda memberikan cincin terbaik dengan harga terbaik.

Namun, jika situasi keuangan Anda tidak memungkinkan, Anda tidak boleh memaksanya. Lebih baik bujet untuk kebutuhan pernikahan lainnya dan beli cincin custom dengan harga yang sesuai untuk Anda.

4. Membeli di Seller Terpercaya

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah Anda harus membeli cincin kawin khusus dari penjual profesional terpercaya. Jika Anda membelinya di toko cincin custom online, mohon dipastikan masih banyak pelanggan lain yang berbelanja di toko tersebut, reviewnya bagus dan tidak banyak keluhan.

Jika tidak sesuai dengan cincin yang anda inginkan, silakan tanyakan bagaimana cara mengganti atau memperbaiki cincin tersebut.

5. Beli Cincin Nikah dan Tunangan di Satu Toko

Jika Anda ingin membeli cincin kawin khusus di kedua momen, baik itu pertunangan atau pernikahan, sebaiknya membelinya di satu tempat. Dengan cara ini, Anda tidak perlu melihat-lihat lagi. Selain itu, dengan membelinya di satu tempat, Anda dapat menghemat lebih banyak waktu dan penjual dapat memberi Anda diskon.

Membeli cincin nikah platidium memang tidak bisa sembarangan, Anda harus mempertimbangkan banyak hal agar mendapatkan hasil maksimal. Petimbangkan dengan baik agar tidak menyesal, semua itu demi hari pernikahan Anda yang sakral dan membahagiakan. Kotagede Jewellery siap untuk membantu Anda mendapatkan cincin pernikahan yang paling cantik.