Bahasa Inggris Dalam Era Globalisasi

Sebetulnya apa yang membuat Bahasa Inggris sangat penting di era globalisasi? Mungkin itu merupakan salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang timbul dalam pikiran Anda saat membaca judul dari artikel kali ini.

Agar Anda dapat bersosialisasi secara leluasa dengan pasar bebas, Anda memang memerlukan bekal yang cukup mumpuni. Salah satunya skill bahasa internasional yang dapat dipelajari dengan berbagai cara. Ketahui beberapa hal pentingnya dalam penjelasan dibawah ini!

Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Era Globalisasi

Perlu Anda ketahui, Bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa universal yang saat ini digunakan dalam dunia pendidikan, teknologi, politik, perdagangan, dan sebagainya.

Bahasa sendiri merupakan alat komunikasi yang cukup krusial. Suka atau tidak suka, saat ini Bahasa Inggris memang cukup mendominasi berbagai aspek dalam hal komunikasi. Tentu Anda bisa melihat, hampir semua electronic devices saja menggunakan Bahasa Inggris.

Untuk itulah, berikut beberapa alasan penting mengapa Bahasa Inggris sangat penting diketahui di era canggih seperti saat ini.

  • Menambah Pengetahuan Anda

Pengetahuan sendiri merupakan sebuah elemen yang memang sudah seharusnya disadari oleh setiap orang dengan dibekali akal pikiran. Dengan mempelajari dan mengetahui bahasa asing, Anda sudah bisa menambah pengetahuan jika dibandingkan mengetahui satu bahasa saja.

Tak perlu neko-neko harus mempelajari banyak bahasa sekaligus, Anda bisa memulainya dengan menguasai Bahasa Inggris lebih dulu, sebab sudah digunakan secara internasional.

  • Mudah mendapatkan pekerjaan

Mungkin saja manfaat yang satu ini bisa Anda rasakan saat mulai mencari pekerjaan. Dengan Anda mahir berbahasa Inggris, tentunya bisa lebih percaya diri dalam melamar pekerjaan di perusahaan multinasional.

Bukan itu saja, bekerja secara freelance sebagai translator pun terbuka dengan lebar. Anda bisa menawarkan skill Bahasa Inggris yang sudah dikuasai untuk klien di berbagai situs freelance.

  • Anda akan merasa lebih aman saat liburan

Saat Anda memiliki kesempatan untuk berlibur ke luar negeri, akan lebih mudah dan aman tentunya jika menguasai Bahasa Inggris. Disana, Anda akan bertemu dengan banyak orang asing, bahkan mungkin saja tidak hanya di satu negara.

Jika Anda tidak mengetahui atau tidak paham Bahasa Inggris, kendala saat berlibur juga sangat terasa. Berbeda halnya jika Anda mahir berbahasa Inggris, yang mana berbagai destinasi liburan akan terasa tidak terbatas.

  • Akan terasa dalam pendidikan akademis

Manfaat dari menguasai Bahasa Inggris yakni akan terasa dalam pendidikan akademis. Seperti halnya yang sudah Anda ketahui, beberapa jenjang pendidikan yang lebih tinggi memang mempersyaratkan nilai TOEFL tertentu.

Jika Anda sudah paham atau mempelajarinya dari sekarang, kedepannya pun bisa memberikan banyak manfaat dalam bidang akademis.

  • Mengetahui dunia teknologi

Manfaat selanjutnya dari pentingnya Bahasa Inggris di era globalisasi seperti saat ini yakni memudahkan Anda untuk mengetahui teknologi yang ada. Mungkin saja manfaat yang satu ini seringkali disepelekan, padahal dengan cara tidak gaptek (gagap teknologi) cukup memudahkan hidup Anda.

Kelima manfaat tersebut sudah membuktikan bahwa Bahasa Inggris di era globalisasi ini sangat penting diketahui setiap orang. Jika memang Anda masih pemula atau belum mulai mempelajari Bahasa Inggris, tidak ada kata terlambat untuk memulainya sekarang juga.

Tidak perlu ragu untuk mempelajari bahasa ini, jadikan proses pembelajarannya sebagai suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Siapa saja yang memiliki tekad kuat akan mudah mempelajarinya.

Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini, belajar secara otodidak pun bisa dilakukan oleh siapa saja dan dari mana saja. Mari belajar Bahasa Inggris sekarang juga!