Harga Pasang ACP, Jenis, dan Aplikasinya

Harga pasang ACP merupakan biaya yang Anda keluarkan saat ingin mneggunakannya sebagai bagian dari konstruksi bangunan.

ACP sendiri merupakan kepanjangan dari Aluminum Composite Panel. Bahan yang berupa lapisan alumunium dan non aluminium. 

Anda dapat menempatkannya di ruangan, plafon, hingga eksterior ruang. 

Harga pasang ACP tergantung jenis bahan non alumunium yang menjadi lapisan. Selain itu, ketebalan dan lebar lembarannya juga mempengaruhi pembayaran. Terakhir, biaya pemasangan yang berdasarkan tingkat kerumitan.

Berdasarkan bahan dasarnya, ACP memiliki kelebihan yang banyak, seperti tahan terhadap air, tahan pada cuaca dan lainnya. Tak heran jika banyak orang mengaplikasikannya untuk ruangan outdoor maupun indoor sampai peralatan rumah tangga.

Berbagai Ukuran yang Mempengaruhi Harga Pasang ACP

Saat Anda membutuhkan ACP, pembelian menyesuaikan tingkat lapisan pemanfaatannya. Jika Anda membeli ukuran yang tidak tepat, maka mungkin saja bahan kurang atau berlebihan. Anda harus membeli lagi. Pada akhirnya aka nada yang terbuang. 

Anda membuang anggaran dengan sia-sia.

Selain itu, tidak seperti bahan bangunan lain, tenaga ahli harus mendampingi pekerja Anda. Mengapa? Pemotongan dan pemasangannya mungkin saja tidak presisi. Hasilnya tidak memuaskan.

Untuk memperkecil kemungkinan pembelian yang salah dan membuat harga pasang ACP lebih besar, di bawah ini beberapa ukuran yang tersedia di pasar.

  1. Ukuran ACP Seven ACP PVDF Glossy dengan tebal 4 mm, alu skin 0.21, lebar 1220 mm, panjang 2440. Jenis ACP ini mempunyai ketebalan maksimum dengan permukaan mengkilap.
  2. Seven ACP PVDF, sebuah panel tebal 4 mm sampai 0.3 mm, lebar 1220 mm, dan panjang 2440 mm.
  3. Seven ACP PVDF Glossy yang mempunyai panel setebal 4 mm, alu skin tebal 0.3 mm, lebar 1220 mm, dan panjang 4880 mm. Sedikit berbeda dengan ukuran yang jenis lain, lebar kelompok ini lebih besar. Anda dapat menggunakannya untuk menutup tembok atau sebagai sekat ruangan.
  4. Seven ACP PVDF dengan panel tebal 4 mm, alu skin tebal 0.3, lebar 1220, panjang 4880 mm.
  5. Seven ACP PVDF Glossy panel tebalnya 0.4 mm, alu skin 0.3 mm, lebar 1220 mm, panjang 2440.
  6. Seven ACP PVDF Sparkling Saffron dengan tebal panel 4 mm, alu skinnya 0.3, lebar 1220 mm dan panjang 2440 mm.
  7. Seven ACP PE yang mempunyai panel tebalnya 4 mm, alu skin 0.21 mm, lebar 1220 mm, panjang 4880 mm. Jenis ini lebih tipis dan lebih pas digunakan untuk furniture.
  8. Globond ACP PE dengan panel tebal 4 mm, alu skin 0.3 mm, lebar 1220 mm, dan panjang 2440 mm
  9. Globond ACP PVDF panel tebalnya 4 mm, alu skin 0.3 dengan lebar 1220 mm, dan panjang 2440.

Dengan memahami ukuran ACP  mulai dari jenisnya, ketebalan lebar, juga panjangnya, maka bisa menyesuaikan setiap kebutuhan. Anda dapat memperkirakan harga pasang ACP secara keseluruhan.

Aplikasi ACP

Dengan mengetahui jenis dan ukuran ACP, pengaplikasian ACP menjadi lebih mudah. Anda pun dapat merencanakan pembangunan konstruksi lebih baik serta memperkirakan harga pasang ACP.

Apa saja aplikasi ACP di desain interior? Yuk, cek penjelasan berikut!

  1. Ukuran ACP untuk Fasad

Fasal merupakan sebutan untuk sisi luar bangunan, baik depan, belakang atau samping. Namun, jika Anda melihat dari asal kata Bahasa Prancis, fasad artinya depan atau muka. Jadi, Anda dapat mengaplikasikan ACP pada bagian depan eksterior.

Anda biasanya melihat bahan digunakan sebagai pelapis luar rumah atau gedung. Bukan hanya sekadar membuat bangunan tampak berwarna dan berbeda, Anda dapat membentuknya menjadi berbagai motif. 

Huruf dan bentuk di pusat perbelanjaan atau perkantoran umumnya menggunakan ACP.

  1. Wall Cladding Eksterior Gedung atau Rumah

Ada fasad, ada wall cladding. Bagian yang disebut terakhir ini mirip dengan fasad, diletakan di depan, tetapi berfungsi mengaplikasikan beberapa material berbeda dalam satu bagian.

Dengan wall cladding tembok akan berbentuk indah dan berseni.

Wall Cladding juga membuat pusat perbelanjaan dan perkantoran tampak menarik. Anda menempelkan bahan alumunium di bahan beton.

  1. Digunakan untuk Papan Nama

Perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga toko dan lainnya menggunakan ACP sebagai papan nama. Bahkan, pebisnis dapat menggunakannya untuk menampilkan logo sederhana sebagai branding.

  1. Pelapis Dinding Dalam atau Luar

Selain pengaplikasian di atas, Anda dapat menggunakan ACP sebagai pengganti cat bagian luar dalam gedung. Caranya pun mudah. Tidak ada pemotongan atau pembentukan dalam prosesnya. Anda cukup menempelkannya ke dinding rumah dengan lem khusus.

Hasilnya, dinding rumah akan tampak indah tidak biasa.

SPBU Pemerintah dan swasta umumnya mengaplikasikan ACP sebagai warna brandingnya.

  1. Papan Billboards

Apakah Anda pernah melihat papan billboards di jalan utama kota? 

Papan iklan tersebut tidak hanya menggunakan besi. Bagian intinya justru ada pada ACP, sebagai pengganti triplek dan sejenisnya yang berwarna dan bergambar.

  1. Furniture

ACP merupakan bahan yang mudah Anda bentuk, potong, pasang, dan bor, Bentuknya yang berupa lembaran membuatnya pas untuk dijadikan furniture rumah dan kantor.

Contoh perabot dari bahan mengkilap ini, antara lain kitchen set, lemari, dan meja.

Tips Membeli ACP di Toko Online dan Harga Pasang ACP

Toko bahan bangunan sebenarnya banyak tersebar di daerah pemukiman. Namun, bisanya mereka hanya menjual bahan-bahan pokok membangun rumah, seperti pasir, bata, triplek, dan semen yang memang sangat umum.

Toko online dapat menjadi solusi kesulitan Anda mendapatkan bahan di lingkungan terdekat. Cara ini aman, asalkan Anda mengetahui hal-hal berikut.

  1. Memperhatikan Kondisi Barang

Cara pertama membeli barang secara daring, termasuk ACP adalah memperhatikan kondisi barang. Pinggirannya,, bentuk, ketebalan, serta ukuran ACP itu sendiri.

Agar memastikan, Anda bisa membaca ulasan konsumen. Meskipun hamper tidak ada penjual yang dapat memuaskan semua orang, testimoni toko online umumnya cukup jujur.

Perusahaan yang baik akan mendapatkan lebih banyak ulasan positif dari konsumen.

  1. Minta Foto atau Video Produk Sesuai Ukuran ACP

Penjual yang baik seharusnya melayani konsumen dengan baik. 

Untuk kepentingan kualitas, Anda boleh saja meminta foto material ACP. Sebelumnya, Anda harus menyebutkan terlebih dahulu ukuran dan ketebalan yang dibutuhkan. 

Jika hasil foto sesuai ekspektasi, maka Anda dapat memesan ACP. Untuk efisensi, Anda dapat pula membaca deskripsi produk dan toko dengan seksama.

  1. Memilih Penjual Terpercaya

Pastikan untuk memilih penjual ACP yang jelas dan terpercaya. 

Cara memilihnya adalah dengan melakukan survey terlebih dahulu di internet. Setelah itu, lakukan penyortiran berdasarkan review yang ada.

Konsumen harus memastikan penjual yang memberikan harga pasang ACP memiliki website resmi, media sosial, dan kontak yang mudah dihubungi. Hal tersebut penting, agar komunikasi lancar saat ada masalah.Tentu saja di luar semua hal di atas, akan lebih efektif bila Anda langsung membuka website mereka. Di sini harga pasang ACP Anda plus biaya pembelian lebih terjangkau dengan kualitas terbaik.