Virtual Event

Manfaat Acara Virtual Event

Ada banyak manfaat acara virtual, yang paling penting adalah menghilangkan logistik dan batasan acara tatap muka. Dengan menyelenggarakan acara secara online, orang di seluruh dunia dapat menghadiri, terlibat, dan membangun hubungan memperluas keanekaragaman geografis dan budaya peserta, kualitas presenter, dan jangkauan sponsor. Acara virtual juga tidak dibatasi oleh waktu. Tidak seperti acara langsung, acara virtual tidak perlu dikemas dalam satu hari penuh. Ini dapat menciptakan nilai lebih bagi peserta dengan mementaskan informasi, jaringan, dan manfaat lain dari suatu acara selama beberapa hari atau interaksi.

Meskipun acara virtual juga menghilangkan biaya yang terkait dengan acara tatap muka untuk peserta dan penyelenggara konferensi, acara tersebut tidak selalu dipandang kurang berharga oleh peserta, sponsor, atau pembicara. Faktanya, karena acara virtual dapat menarik orang-orang di seluruh dunia dan tidak dibatasi oleh waktu, acara tersebut semakin menjadi lebih berharga bagi mereka yang mendaftar dan berpartisipasi.

Apa Itu Acara Virtual Event?

Acara virtual adalah acara apa pun yang menyatukan orang pada waktu yang sama secara digital. Acara virtual biasanya terjadi secara langsung melalui video pada platform seperti Zoom, Facebook Live, atau Crowdcast dan berkisar dari percakapan grup kecil hingga panel, obrolan api unggun, atau ceramah, demonstrasi, atau kelas streaming langsung video langsung.

Sementara banyak acara virtual mencoba mencocokkan struktur konferensi tatap muka, acara jaringan, atau rapat, semakin banyak acara virtual menemukan struktur uniknya sendiri – memanfaatkan obrolan teks langsung untuk para peserta; bagian tanya jawab yang ditawarkan oleh banyak platform acara virtual dan bahkan membawa peserta ke atas panggung dengan pemimpin, moderator, atau panelis selama acara berlangsung. Acara virtual tidak terbatas pada video. Ada juga platform acara virtual hanya audio baru menawarkan banyak fitur yang sama seperti platform video langsung, tetapi dengan lebih banyak fleksibilitas lokasi yang ditawarkan oleh audio.

Jenis acara virtual

Jenis acara virtual berkisar dari wawancara selama satu jam atau panel melalui Zoom atau platform konferensi video lain hingga konferensi virtual, yang menawarkan wawancara atau panel selama beberapa jam selama satu hari atau lebih biasanya memanfaatkan beberapa blok waktu yang lebih pendek. Acara virtual event juga digunakan untuk menyatukan orang-orang secara langsung untuk wawancara atau panel yang kemudian digunakan untuk memutar ulang konten atau podcast. Menjadi populer untuk memiliki banyak kegunaan untuk acara virtual event dan konten yang dihasilkan darinya.

Contoh acara virtual

Contoh acara virtual berkisar dari pertemuan bisnis sehari-hari hingga acara utama tahunan. Bahkan Apple telah memindahkan peluncuran produk tahunan mereka ke pengalaman yang benar-benar virtual.

Pameran dagang, seminar, dan pertemuan puncak semuanya dapat disiarkan langsung, diselenggarakan, atau disiarkan secara online. Konferensi virtual cenderung mengikuti format konferensi di lapangan, dengan diskusi panel, pembicara utama, dan bahkan happy hour online ditawarkan melalui konferensi video.

Tidak semuanya harus produksi, baik: Bahkan rapat kantor yang diselenggarakan melalui konferensi video dapat dihitung sebagai acara virtual. Dunia virtual event, seperti Second Life yang populer, adalah lingkungan simulasi berbasis komputer yang ditujukan bagi penggunanya untuk menghuni dan berinteraksi melalui avatar (tokoh animasi).

Avatar ini biasanya digambarkan sebagai representasi grafis tekstual, dua dimensi, atau tiga dimensi, meskipun bentuk lain dimungkinkan. Peristiwa hibrid melibatkan campuran peristiwa fisik dengan elemen peristiwa virtual yang biasanya berjalan secara bersamaan dan dengan konten yang tumpang tindih serta elemen interaktif.