Strategi Investasi Properti

10 Strategi Investasi Properti bagi Pemula

Investasi kini sudah menjadi salah satu bagian penting di dalam kehidupan setiap orang. Jenis investasi juga bermacam-macam, mulai dari investasi emas, reksadana, obligasi, deposito, hingga investasi berupa properti.

Dari beberapa jenis strategi investasi properti tersebut, investasi properti merupakan salah satu yang paling banyak diminati. Selain dapat mendatangkan keuntungan yang besar di masa mendatang, investasi properti juga dapat dilakukan sendiri tanpa campur tangan manager investasi dan dari pihak manapun.

Ada banyak alasan yang membuat banyak orang lebih memilih investasi properti. Walaupun untuk memulainya anda membutuhkan modal yang tak sedikit, namun keuntungan yang didapat sangat menjanjikan. Berikut cara Strategi Investasi Properti yang menguntungkan.

Dengan jaminan keuntungan yang menggiurkan, investasi properti menjadi salah satu investasi yang banyak diminati.

Alasan Memilih Investasi dalam bentuk Properti

  1. Peningkatan Jumlah Penduduk

Tingginya angka pertumbuhan penduduk di negara berkembang, seperti Indonesia. Tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Anda bisa memanfaatkan peluangnya dengan terjun ke investasi property.

  • Harga Properti Selalu naik

Peningkatan jumlah penduduk di suatu daerah membuat kebutuhan akan properti otomatis meningkat, dengan begitu nilai investasi property akan semakin naik seiring meningkatnya jumlah penduduk dan kebutuhan akan properti.

  • Bisa dilakukan Sendiri

Berinvestasi dengan bentuk property memungkinkan anda untuk bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Dengan kendali penuh di tangan sendiri, anda bisa merasakan kepuasan dan keuntungannya.

  • Keuntungan Ganda

Dengan melakukan strategi investasi properti, anda bisa mendapatkan keuntungan ganda, yakni pendapatan aktif dan pasif. Income aktif bisa anda terima saat menjual properti, sementara income pasif didapat jika anda menyewakan properti.

  • Dapat Dijadikan Sebagai Agunan

Dengan anda memiliki properti, maka anda bisa lebih mudah dalam mengajukan pinjaman ke bank.  Properti ini bisa dijadikan sebagai agunan. Dengan agunan berupa properti, maka pengajuan pinjaman dana akan lebih mudah diproses.

  • Harga properti mengikuti inflasi

Memiliki investasi properti merupakan salah satu langkah tepat untuk berlindung dari inflasi karena harga sebuah property akan meningkat secara bersamaan.

  • Arus kas bebas

Selain untuk tempat tinggal pribadi, properti anda juga bisa disewakan. Jadi, anda dapat mengambil keuntungan dari arus kas tersebut. Keuntungan arus kas investasi properti didapat dari biaya tahunan kontrak rumah, atau bisa juga perbulan, tergantung dengan perjanjian.

  • Nilai ditentukan oleh pemilik

Kontrol dari nilai properti tersebut sepenuhnya dipegang dan ditentukan oleh anda sebagai pemilik properti. Baik itu nilai jual property maupun nilai sewanya.

  • Nilai aset dapat ditingkatkan

nilai aset dapat ditingkatkan sesuai dengan keinginan anda dengan cara merenovasi aset Anda, seperti memperbesar halaman, melengkapi fasilitas utama dan fasilitas pendukung, menambah ruangan atau lantai, dan lain sebagainya.

  1. Kenaikan Gain Tinggi

Apabila Anda beruntung memiliki properti di daerah yang berkembang pesat, maka kenaikanya harga tanah bisa mencapai 30% lebih. Bahkan dalam kondisi abnormal , dapat mencapai 100% lebih.

Inilah 10 Strategi Investasi Properti bagi Pemula

Strategi-Investasi-Properti

Untuk mendapat keuntungan yang maksimal saat berinvestasi property, terutama bagi anda yang masih pemula, maka anda perlu menerapkan strategi investasi property yang baik dan benar.

  1. Sesuaikan dengan Kocek Pribadi

Sebagai seorang investor pemula, anda perlu melihat kocek pribadi agar mendapat gambaran berapa banyak dana yang telah tersedia untuk berinvestasi. Jika ternyata uang tersebut kurang, anda bisa melakukan pinjaman bank. Namun jangan paksakan diri untuk mengambil pinjaman dengan porsi jauh melebihi dana investasi yang sudah disiapkan.

  • Tentukan Tujuan Investor Properti

Setiap orang yang hendak melakukan investasi, harus terlebih dulu menentukan tujuan yang ingin dicapai. Kemudian menentukan kapan investasinya mencapai tujuan tersebut. Harus ada tenggat waktu pencapaian yang perlu tentukan.

  • Memahami Risiko yang Bisa Terjadi

Dengan memahami risiko yang ada dan bisa terjadi sewaktu-waktu, anda bisa lebih mudah untuk mengambil keputusan serta menentukan strategi investasi property yang perlu diterapkan. Dengan begitu, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, anda sudah mempunyai solusi untuk hal tersebut.

  • Bijak Dalam Mengatur Dana Investasi Properti

Tujuan dari mengatur anggaran yakni agar anda dapat menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran saat anda sedang berinvestasi. Pastikan untuk melakukaan hal ini sebelum anda mulai mencari sebuah properti.

  • Susun Rencana Pembelian

Beberapa tahap perencanaan berinvestasi properti, antara lain:

  • Cari kriteria properti
  • Mencari properti yang sesuai kriteria
  • Melakukan survei
  • Lakukan perbandingan harga
  • Lihat peluang dari kawasan sekitar
  • Lakukan penawaran atau negosiasi
  • Investor Properti Harus Tetap Fokus

Fokus pada keputusan dan fokus pada tujuan awal yang sudah anda buat. Yakinlah bahwa berinvestasi properti itu murni keputusan bisnis, bukan emosional sesaat. Jangan pernah menyerah untuk terus mencoba.

  • Ikuti sistem yang sudah terbukti

Para investor yang sukses selalu memiliki dan mengikuti sistem yang sudah terbukti berhasil dan terbukti menguntungkan. Hal ini berguna bagi anda dari pengambilan keputusan yang terlalu emosional dan untuk memastikan anda tidak tergoda untuk melakukan spekulasi.

  • Ambil keputusan investasi berdasarkan kenyataan lapangan

Jangan pernah mengambil sebuah keputusan investasi jangka panjang berdasarkan emosi sesaat. Jadilah investor yang cerdas dalam mengambil keputusan investasinya, selalu berdasarkan kenyataan lapangan, berdasarkan hasil survey dan riset yang jelas,  serta membeli properti dibawah nilai yang sesungguhnya (nilai intrinsiknya), dan tentunya di sebuah daerah yang secara jangka panjang masih punya potensi untuk berkembang.

  • Dengarkan nasihat dari orang yang tepat

Banyak orang yang mengalami kerugian santa besar karena mereka memulai investasi berdaarkan kepada nasihat yang “menyesatkan” dari para penjual, broker atau agen (sales people), yang bahkan sebenarnya mereka sendiri tidak/belum melakukan investasi di bidang property dan mereka sendiri belum bebas secara keuangan.

Jangan pernah mengambil keputusan dalam strategi investasi Anda berdasarkan hanya omongan atau janji janji surga dari para sales / broker, sebab seharusnya Anda mendengarkan nasihat investasi dari orang yang benar-benar ahli dibidangnya.

Carilah orang yang tepat, carilah nasihat dari para investor yang memang benar benar terbukti sudah berhasil mempraktekkan apa diajarkannya.

  1. Kesabaran adalah modal utama

Ada kutipan yang sering terdengar jika anda sering menjumpai informasi mengenai investasi, kutipan tersebut adalah “Get Rich Quick = Get Poor Quick”

Banyak sekali orang yang bisa kaya dalam jangka waktu singkat atau kaya mendadak. Entah itu dapat lotere, dapat pesangon, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari orang tersebut tidak bisa mengelola keuangannya karena mereka belum terbiasa memiliki jumlah uang yang banyak, sehingga kekayaan tersebut sirna dalam kurun waktu yang juga singkat.

Begitupun dengan berinvestasi property, nilai investasi anda bisa saja meningkat drastic dalam waktu yang singkat, namun juga sebaliknya. Intinya kesabaran adalah modal utama dalam strategi investasi properti apapun.

Itulah 10 strategi investasi properti terbaik bagi pemula yang telah saya rangkum untuk anda