Perbedaan Emas Muda Dan Tua

Ada Perbedaan Emas Muda dan Tua, Lebih Baik yang Mana?

Seringkali Anda menemui istilah emas muda dan emas tua dalam suatu perbincangan terkait perhiasan emas. Sudahkah Anda mengetahui perbedaan emas muda dan tua tersebut? Jika belum, Anda bisa menyimak penjelasan lebih rinci terkait dengan perbedaan di antara keduanya pada artikel di bawah ini.

Perhiasan emas selalu bisa membuat sebagian besar orang berminat memilikinya, terlebih bagi kaum wanita. Mengapa demikian? Emas selalu menampakkan sisinya yang gemerlap dan mewah.

Ulasan Rinci Mengenai Perbedaan Emas Muda dan Tua

Jika dilihat secara sekilas, emas muda dan emas tua memang tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok. Akan tetapi, sebenarnya jika diamati dengan jeli pasti akan terlihat berbeda di antara keduanya. Lantas, dimana letak perbedaannya? Perhatikan sajian tabel di bawah ini.

PerbedaanEmas MudaEmas Tua
Kadar Emas MurniKadar emas yang terkandung pada emas muda hanya sekitar 45% bahkan kurang. Dengan kata lain, pada emas muda lebih banyak mengandung logam lain dibandingkan kadar emas murninya.Kadar emas yang terdapat pada emas tua pada umumnya lebih dari 75%. Sehingga, lebih dominan kandungan emas murni dibandingkan dengan campuran logam lainnya.
Karat EmasJumlah karat pada emas muda biasanya lebih sedikit. Sebab, jumlah kadar emas murni dalam emas muda juga sedikit.Jumlah karat pada emas tua lebih banyak dibandingkan dengan emas muda. Sebab, kadar emasnya pun sudah didominasi oleh emas murni.
Ketahanan terhadap panasKurang tahan terhadap pengaruh panas.Sangat tahan terhadap pengaruh panas. Emas dapat meleleh pada suhu sekitar 1000 derajat Celcius. Dengan demikian, emas tua tidak mudah terbakar oleh api.
Harga PasarEmas muda memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan emas tua. Namun, harganya cenderung lebih stabil. Maka dari itu, emas muda lebih direkomendasikan sebagai investasi jangka panjang.  Kadar emas yang terkandung dalam sebuah olahan emas juga akan mempengaruhi harga pasarnya. Emas tua tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas muda. Karena, kadar emas murni pada emas tua lebih tinggi dibandingkan pada emas muda.
Kualitas EmasKualitas emas muda masih sedikit berada di bawah emas tua. Pasalnya, kadar dan karat dari emas muda pun masih lebih sedikit dibandingkan emas tua. Sehingga, tak jarang jika dipakai dalam waktu yang relatif lama, warna kuningnya akan memudar.Berdasarkan dari kandungan kadar dan karat emas itu sendiri akan menentukan . Emas tua pada umumnya memiliki kualitas emas yang lebih baik dibandingkan dengan emas muda. Sebab, kandungan emas murni di dalamnya masih lebih tinggi.
Tampilan EmasEmas muda memiliki tampilan warna kuning yang tidak terlalu pekat. Seiring berjalannya waktu, warna kuning tersebut akan semakin memudar.Emas tua akan terlihat lebih elegan dibandingkan dengan emas muda. Hal tersebut karena dipengaruhi oleh kadar emas murni yang ada dalam logam emas tersebut. Biasanya penampilan ini ditandai dengan warna kuning yang pekat dan tidak mudah memudar.
Proses PengolahanEmas muda memiliki karakteristik tidak lunak karena dicampur dengan logam lain. Sehingga, mudah diolah menjadi bentuk sedemikian rupa. Bahkan, bisa juga dicampur dengan berlian.Emas tua memiliki karakteristik yang lembek. Sebab, dominansi dari emas murni yang bersifat lunak sangat tinggi. Hal itu akan berpengaruh pada proses pengolahan yang akan lebih sulit.
Model dan Variasi BentukPada umumnya, emas muda memiliki bentuk model dan variasi yang lebih beragam dibandingkan emas tua. Hal ini disebabkan karena pada emas muda terdapat kandungan campuran logam lain yang membuat proses pembentukannya lebih mudah.Pada emas tua biasanya dijumpai bentuk model dan variasinya lebih sederhana. Sifatnya yang lebih lembek disebabkan oleh banyaknya kandungan emas murni. Hal ini menjadikan proses pengolahannya menjadi lebih sulit.

Lalu, bagaimana cara mengetahui karat yang terkandung dalam suatu logam perhiasan?

Kadar emas 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Hal itu menunjukkan bahwa kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23 per 24 x 100% atau sekitar 95,8%. Sehingga, emas dengan kadar 22 karat dan berat 15 gram maka kandungan emas murninya adalah 22/24 x 15 = 13.75 gram.

Untuk mempermudah menentukan karat berdasarkan kadar digunakan acuan standar SNI 13-3487-2005 sebagai berikut:

24 karat artinya memiliki kandungan emas murni sekitar 99,00% sampai dengan 99,99%

23 karat artinya kandungan emas murni 94,80% sampai dengan 98,89%

22 karat artinya kandungan emas murni 90,60% sampai dengan 94,79%

21 karat artinya kandungan emas murni 86,50% sampai dengan 90,59%

20 karat artinya kandungan emas murni 82,30% sampai dengan 86,49%

19 karat artinya kandungan emas murni 78,20% sampai dengan 82,29%

18 karat artinya kandungan emas murni 75,40% sampai dengan 78,19%

14 karat artinya kandungan emas murni 58,3% sampai dengan 41,7%

10 karat artinya kandungan emas murni 41,7% sampai dengan 58,3%

Sedang Mencari Jasa Penyedia Perhiasan Emas Terlengkap?

Jika Anda saat ini sedang dalam kebingungan mencari jasa penyedia perhiasan emas terlengkap, bisa menengok link di bawah ini untuk dijadikan pilihan yang tepat. Jasa tersebut melayani berbagai jenis perhiasan emas baik itu berupa kalung, gelang, cincin, anting-anting, dan liontin.

Terdapat berbagai keuntungan yang akan didapatkan jika memilih perhiasan di toko ini. Dan yang pasti keuntungan tersebut sangat menggiurkan bagi Anda. Penasaran apa saja keuntungan tersebut? Berikut penjelasannya.

  • Sudah terpercaya, jasa ini telah memiliki payung hukum sebagai badan usaha serta telah terdaftar dalam SIUP, TDP, dan HO.
  • Berkualitas baik, perhiasan emas dari jasa ini berbahan dasar emas ANTAM asli dengan kadar 99,9% asli.
  • Memiliki sertifikasi dari BATAN, asa ini juga telah mengantongi sertifikasi dari Badan Tenaga Nuklir Nasional BATAN.
  • Memberikan garansi hingga 3 tahun. Selama selang waktu 3 tahun akan diberikan garansi perbaikan, perawatan, serta maintenance terhadap produk yang sudah dibeli.
  • Memberikan bebas biaya ongkos kirim. Bebas biaya ongkos kirim berlaku untuk pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia.
  • Memberikan asuransi hingga 20 juta. Tidak perlu khawatir asuransi hingga 20 juta juga akan diberikan.
  • Proses pengerjaan cukup cepat. Hanya menunggu kira-kira 3 sampai 4 minggu saja. jadi, Anda tidak akan terlalu lama menunggu untuk bisa mendapatkan perhiasan emas.
  • Sedekah dan donasi. Selain mendapatkan perhiasan berkualitas, juga sekaligus melakukan sedekah dan donasi. Sebagian keuntungan dari penjualan sekitar 5-10% akan didonasikan ke Rumah Tahfidz di Yogyakarta.

Telah mendapat gambaran bukan mengenai perbedaan emas muda dan tua dari penjelasan di atas? Apabila Anda berminat ingin membeli emas bisa langsung membuka website Hijaz Moslem Jewelry sekarang juga.