Pembuat Kubah Masjid

Pembuat Kubah Masjid

Pada setiap bangunan tentunya mempunyai ciri khas yang tersendiri. Seperti halnya sebuah bangunan masjid yang telah diidentikkan dengan pembuat kubah masjid dibagian atap tertingginya. Sebuah kubah memang sengaja dibubuhkan pada masjid agar bisa lebih mempercantik tampilan bangunanya. Berikut ini beberapa masjid di dunia dengan kubah terindahnya.

Berbagai Masjid di Dunia yang Memiliki Bentuk Kubah Terindah

1. Masjid Sheikh Zayed (Grand Mosque)

Masjid pertama dengan kubah terindah adalah Masjid Sheikh Zayed. Masjid ini juga dikenal dengan sebutan masjid agung. Tempat ibadah para umat muslim yang satu ini terletak pada salah satu daerah Uni Emirat Arab yaitu lebih tepatnya di Abu Dhabi. Inspirasi dari pembangunan masjid ini adalah berasala dari salah seorang tokoh besar yang bernama Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Sheikh Zayed ini merupakan salah satu tokoh penting nasional dan juga sekaligus sebagai pendiri dari Negara Uni Emirat Arab ini. Sementara itu, masjid tersebut dibangun pada tahun 2004 dengan sebuah ide arsitektur yang diambil dari Mughal (Pakistan, Bangladesh, India) dan juga Mooris (Maroko).

Masjid Sheikh Zayed ini didirikan dengan 82 pembuat kubah yang menirukan gaya Maroko. Tidak hanya itu, kubah masjidnya juga didesain dengan hiasan batu pualam putih. Terdapat juga empat bangunan menara dengan tinggi sekitar 115 meter yang ikut memberikan pandangan yang sanagt spektakuler.

2. Masjid Akbar di Surabaya

Masjid Akbar yang terletak di Surabaya ini juga merupakan salah satu bangunan yang diperuntukkan sebagai tempat ibadah orang Islam dengan dilengkapi hiasan kubah indahnya. Masjid tersebut dikenal dengan nama Masjid Nasional Al-Akbar yang berdiri sejak 4 Agustus 1995 atas gagasan dari salah seorang Walikota Surabaya pada masanya yakni H. Soenarto Soemoprawiro.

Jika dilihat secara fisik, Masjid Nasional Al-Akbar ini mempunyai area yang cukup luas dan juga berbagai fasilitas penunjangnya. Salah satunya adalah adanya pembuat kubah masjid yang berukuran besar dan juga didampingi oleh 4 kubah berukuran kecil dengan bentuk limasnya. Selain itu, terdapat juga 1 menara yang bisa semakin mempercantik keindahan kubahnya.

3. Masjid Sultan Ahmed Camil

Masjid yang mempunyai kubah yang sangat indah selanjutnya adalah Masjid Sultan Ahmed Camil. Masjid ini juga terkenal akan namanya yaitu Masjid Biru yang berada di Istanbul, Turki. Tempat sholat yang satu ini didirikan diantara tahun 1609 sampai dengan tahun 1616 pada saat kepemerintahan Ahmed I.

Masjid Sultan Ahmed Camil ini kerap sekali menarik banyak para wisatawan yang berkunjung untuk melakukan ibadah. Hal ini karena desain arsitekturnya yang membuat mereka terkagum-kagum akan keindahan yang dimilikinya. Tentu saja mata mereka akan termanjakan dengan Susana masjid tersebut.

Disamping itu, masjid biru ini didesain dengan pembuat kubah masjid yang berjumlah lima kubah utama dan juga delapan kubah sekundernya. Kubah tersebut diwarnai dengan cat berwarna biru yang dihiasi dengan lukisan tangan yang pada saat malam hari terlihat lebih keren dengan dilengkapi lampu-lampu cantik. Terdapat juga enam menara yang semakin mendukung pemandangannya.

4. Masjid Dian Al-Mahri di Depok

Masjid Dian Al-Mahri yang juga dikenal sebagai Masjid Kubah Emas ini dibangun di daerah Jawa Barat yaitu Depok. Selain sebagai tempat sholat maupun ibadah lainnya bagi umat Islam, masjid tersebut juga sudah menjadi tempat wisata keluarga yang banyak sekali didatangi oleh orang-orang. Hal ini karena memang desain kubahnya yang terbuat dari emas sehingga menarik perhatian banyak orang.

Masjid Kubah Emas ini didirikan oleh salah seorang penguasa yang berasal dari banten yaitu Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid. Pembangunan masjid itu sendiri telah berjalan sejak tahun2001 dan telah selesai sekitar tahun 2006 akhir. Bukan hanya itu, Masjid Dian Al-Mahri ini juga kerap disebut sebagai salah satu kawasan masjid yang termegah di seluruh penjuru Asia Tenggara.

Bagian atapnya sendiri terdiri dari 5 buah pembuat kubah masjid yang salah satunya merupakan kubah utamanya. Sedangkan, kubah yang lainnya dibuat dengan ukuran kecil sebagai pendamping kubah utamanya. Hal unik yang terdapat pada kubah tersebut adalah adanya komponen emas setebal 2 milimeter hingga 3 milimeter dan juga kristal mozaik didalamnya.

5. Masjid Agung An-nur

Masjid dengan desain kubah indahnya yang berikutnya adalah Masjid Agung An-nur. Masjid ini mempunyai julukan sebagai salah satu Taj Mahalnya Indoniesia. Bangunan masjid ini terletak di daerah Pekan Baru, Riau. Selain itu, Masjid Agung An-nur juga telah didirikan saat tahun 1963 dan selesai saat tahun 1968.

Gaya arsitektur pada masjid ini sendiri diadopsi dari desain masjid-masjid di Arab, Turki, India, dan juga Melayu. Oleh karena itu, tempat ibadah yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia. Termasuk juga dengan desain pembuat kubah masjid yang sangat cantik dan didesain hampir sama dengan Taj Mahal. 

6. Masjid Agung di Tuban

Masjid Agung yang berlokasi di Kota Tuban ini merupakan masjid yang juga terkenal akan keindahan bangunannya khususnya pada bentuk kubahnya. Masjid ini dulunya bernama Masjid Jami’ yang telah didirikan pada sekitar abad ke-15. Pendiri dari masjid ini adalah salah seorang Bupati Jawa yang pertama kali memeluk ajaran agam Islam yaitu Adipati Raden Ario Tedjo.

Seiring berjalannya waktu, Masjid Agung Tuban ini sudah beberapa kali dilakukan perombakan. Saat renovasi terakhirnya, terdapat berbagai perubahan yang sangat signifikan mulai dari desain arsitektur luar bangunannya hingga interior didalamnya. Hal inilah yang akhirnya menjadikan masjid ini dikenal akan pancaran pesona 1001 malam yang nampak sangat indah.

Adapun bagian yang paling banyak menarik perhatian orang-orang adalah beberapa ornamen yang terdapat pada kubah besar masjidnya dengan berwarna kuning dan juga biru. Sementara itu, jika dilihat dari dalam masjidnya, akan tampak sebuah bentuk yang melengkung agar bisa terhubung dengan kutubnya. Hal ini membuat masjidnya mempunyai raung model yang berbentuk kolom.

7. Masjid Islamic Center di Samarinda

Masjid yang mempunyai desain kubah yang sangat cantik dan indah terakhir adalah Masjid Islamic Center Samarinda. Masjid tersebut juga termasuk kedalam daftar masjid termegah kedua setelah Masjid Istiqlal yang terdapat di Asia Tenggara. Dengan latar depan masjidnya yang berupa tepian dari Sungai Mahakam, masjid ini juga mempunyai menara dan kubah berukuran besar yang berdiri tegak.

Kubah yang ada pada Masjid Islamic Center Samarinda ini dianggap sangat menarik dan cantik. Hal ini karena kubahnya yang dibuat secara terpisah dengan jumlah yang cukup banyak. Tidak hanya itu, melainkan masjid tersebut juga dilengkapi dengan tujuh menara yang ketinggiannya bisa mencapai sampai sekitar 99 meter.

Kontaktor Pembuat Kubah Masjid Terpercaya

Sebuah kubah saat ini memang telah menjadi komponen yang sangat penting pada bangunan masjid. Hal ini karena memang bisa menciptakan tampilan masjid yang lebih indah dan keren. Dengan begitu, orang-orang yang sedang beribadah di dalamnya akan merasa tenang dan juga khusuk. Tertarik untuk mengunjungi masjid-masjid dengan kubah indahnya diatas?