Jual Kubah Masjid: Mulai Dari Fungsi, Bahan yang Berkualitas, Hingga Tips Memilihnya

Di Indonesia, mayoritas masjidnya menggunakan kubah sebagai salah satu elemen eksterior yang utama. Kubah identik dengan representasi sebuah masjid sehingga untuk menemukan letak masjid, bisa ditemukan dengan mencari bangunan yang berkubah. Kubah memiliki banyak fungsi dan terbuat dari berbagai jenis bahan. Simak penjelasan lebih lengkap mengenai fungsi hingga tempat jual kubah masjid.

Fungsi dari Kubah Masjid dan Tempat Jual Kubah Masjid

1. Ciri Khas dari Masjid

Jika ditelusuri melalui sejarahnya, kubah bukanlah akar dari arsitektur Islam. Namun, seiring berjalannya waktu, kubah dijadikan sebuah representasi dari ciri khas masjid itu sendiri. Hal ini telah terlihat dari banyaknya masjid di Indonesia yang memiliki kubah yang unik dan telah menjadi sebuah identitas atau ikon dari masjid itu sendiri.

2. Lambang dari Keindahan serta Kebesaran Agama Islam

Bisa kita ketahui bahwa orang tentunya melihat masjid dari kubahnya. Hal inilah menjadi suatu alasan mengapa merancang kubah sangatlah penting dalam memperhatikan nilai estetikanya. Tidak heran, ada berbagai jenis masjid di seluruh dunia yang memiliki ciri khas tersendiri dan terletak pada desain kubah.

Selain nilai keindahan, kubah masjid juga melambangkan kebesaran agama Islam. Hal ini karena kubah tidak dibuat untuk menjadi ciri khas atau sebagai pemanis saja. Sebuah kubah mempunyai dimensi spiritualitas yang tinggi dan diasosiasikan menjadi sebuah tempat tinggi yang menyimbolkan agama Islam. Penampilannya juga membuat para jamaah merasa kecil di hadapan Allah.

3. Mempermudah Jamaah untuk Mencari Masjid

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa orang pasti mencari kubah masjid untuk menemukan lokasi masjid itu sendiri. Dengan adanya kubah, jamaah semakin mudah dalam menuju ke lokasi masjid dan hanya dengan mendekati kubah tersebut untuk sampai ke masjid. Oleh sebab itu, kubah masjid diletakkan di atas.

4. Menentukan Arah Kiblat

Fungsi lain dari kubah masjid yang sangat bermanfaat bagi jamaah adalah untuk menentukan posisi kiblat. Penjual kubah masjid atau kerap menempatkan kubah dengan sedemikian rupa mengarah ke arah kiblat. Hal ini agar jamaah dapat menentukan arah kiblat dengan mudah hanya dengan melihat kubah.

5. Tempat Sirkulasi Udara

Fungsi lain yang tidak kalah penting dari peran kubah masjid adalah sebagai tempat sirkulasi udara. Ukuran dari kubah yang cukup besar dengan berbentuk setengah bola ke atas tentunya memberi ruang bagi udara. Hal ini agar jamaah yang sedang beribadah di dalam tidak kepanasan dan dapat menunaikan ibadahnya dengan nyaman.

6. Sebagai Sumber Pencahayaan

Pada umumnya, kubah modern telah dilengkapi dengan reflektor cahaya untuk memaksimalkan sumber cahaya yang ada di dalam masjid. Selain itu, kubah biasanya memiliki cat warna yang cerah pada bagian dalamnya. Bahkan, beberapa masjid memiliki kubah yang berdesain menyerupai langit dimana ada awan putih, langit biru, dan juga dilengkapi dengan kaligrafi.

5 Jenis Bahan Kubah Masjid

1. Kubah Beton

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kubah masjid adalah bahan beton. Kubah dari beton kerap terbuat dari campuran semen koral serta pasir yang disisipi besi eser.Bahan ini kerap digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan sebuah kubah. Hal ini karena beton memiliki karakteristik yang kuat dan dilengkapi besi tulangan sebagai rangka.

2. Kubah GRC

Material yang tidak kalah populer digunakan sebagai bahan utama pembuatan kubah adalah GRC. Peran dari GRC sendiri ternyata sudah menggantikan beton bertulang yang dulunya kerap digunakan. Beton jenis ini cenderung lebih ringan serta lebih awet daripada beton bertulang sebelumnya. Oleh sebab itu, jenis beton ini banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan.

3. Kubah Galvalum

Bahan galvalum terbuat dari bahan campuran yaitu Alumunium, Siliko, dan Zinc sebagai bahan dasarnya. Konstruksi dari bahan ini memiliki model panel yang berbentuk kotak-kotak dan menggunakan pipa. Bahan ini kerap dipakai oleh temoat jual jual kubah masjid sebagai bahan pembuatan kubah karena bahannya yang kuat, kokoh, ringan, dan anti karat.

4. Kubah Enamel

Kubah enamel merupakan kubah yang lapisan enamelnya menggunakan cat substrata atau serbuk porcelain. Bahan enamel juga kerap digunakan oleh masyarakat sebagai bahan utama kubah karena dapat memunculkan kecerahan serta ketajaman warna yang baik. Selain itu, enamel jauh lebih ringan digunakan serta peluang untuk bocornya kecil.

5. Kubah Stainless

Bahan stainless tentunya tidak asing lagi digunakan sebagai bahan utama kubah pada masjid. Hal ini karena banyak masjid di Indonesia yang menggunakan stainless sebagai bahan utama atau bahan dasar dari kubah. Kubah stainless memiliki daya tarik yang menonjol, mengkilap, dan tahan karat. Tidak heran, banyak masjid menggunakan kubah stainless.

8 Tips dalam Memilih Tempat Jual Kubah Masjid yang Berkualitas

1. Cek Testimoni

Salah satu cara dalam memilih jasa pembuatan kubah masjid atau yang jual masjid adalah dengan memeriksa testimoni dari orang-orang yang telah membelinya. Cara ini merupakan cara tradisional yang ampuh karena dengan mengetahui pengalaman membeli kubah masjid, kamu juga bisa mengetahui mana jasa kontraktor yang bagus serta berpengalaman.

Tidak hanya mengetahui pengalaman, kamu juga bisa meminta saran kepada pembeli tentang produsen kubah masjid mana yang terpercaya dan berkualitas. Dengan mengetahui kesaksian langsung dari para konsumen, gambaran mengenai suatu jasa kubah tentunya dapat terlihat dengan jelas serta gambling daripada hanya dengan kabar burung atau tulisan.

2. Mengunjungi Proyek yang Sedang Berjalan

Sebelum memutuskan untuk membeli kubah masjid di sebuah produsen atau yang jual kubah masjid, pastikan bahwa ada lokasi proyek yang bisa dikunjungi. Saat melakukan kunjungan pada jasa kubah masjid, alangkah baiknya untuk mencari tahu seperti apa hasil pengerjaan kubah baik yang sedang dikerjakan maupun yang sudah selesai.

Ketika mengetahui apa proses pengerjaan dan hasil akhirnya dari pembuatan kubah masjid di lokasi jasa pembuatannya, kamu akan mengetahui banyak hal mengenai produknya. Apabila memang bagus serta berkualitas, maka kamu bisa memutuskan untuk membeli secepatnya. Namun, jika kurang memuaskan dan tidak cocok, kamu bisa memilih jasa lainnya dan melakukan hal yang sama.

3. Melakukan Riset Harga

Jaman sekarang memang serba canggih dan hampir semua aktivitas dapat dilakukan melalui internet. Hal ini juga berlaku pada penentuan membeli kubah untuk masjid. Pastikan bahwa kamu telah melakukan riset harganya terlebih dahulu sebelum membeli sampai menemukan penjual yang sesuai dengan harga yang kompetitif.

Di internet, ada banyak penjual kubah untuk masjid yang harganya bisa ditawar. Kamu bisa melakukan perbandingan dengan yang jual kubah masjid lainnya. Lalu, pilihlah yang dirasa berkualitas serta terpercaya. Perlu diketahui juga bahwa janganlah tergiur dengan harga murah karena harga juga berkaitan dengan bahan yang ada di pasaran. Pastikan bahwa spesifikasinya sesuai.

Demikian informasi mengenai kubah masjid mulai dari fungsi, bahan, dan cara memilih produsen kubah atau yang jual kubah masjid dengan tepat. Sekarang, kamu pastinya telah yakin dalam mempersiapkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan sebelum membeli kubah. Selain itu, kamu telah memiliki pengetahuan lebih dalam mengenai fungsi dan bahannya.