Jual Keju Belanda Asli Yang Terkenal Seantero Dunia

Apakah Anda menyukai keju? Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin banyak yang menyukai dan mengonsumsi keju asli. Namun memang tidak mudah untuk mendapatkan keju yang asli terutama keju Belanda sehingga orang-orang ingin mengetahui di mana jual keju Belanda asli terutama di luar Belanda.

Jika Anda berkunjung ke Belanda tentunya hal utama yang dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang adalah keju. Keju Belanda adalah penganan dan buah tangan yang tentunya penuh ciri khas dari negara kincir angin tersebut. Orang terkasih dan teman tentunya akan sangat senang jika mendapatkan oleh-oleh keju ketika Anda kembali dari Belanda.

Bagaimanapun, negara kecil ini terkenal dengan pembuatan keju dan berhasil bersaing, dalam hal ekspor keju, dengan raksasa ekonomi seperti Amerika Serikat dan Jerman. Bahkan Amerika Serikat dan Jerman mengakui dan juga mengekspor keju tersebut ke negara mereka. Amsterdam sendiri dan sekitarnya adalah rumah bagi beberapa jenis keju utama, seperti keju dengan jenis Gouda, Edam. Bahkan seseorang dapat meningkatkan pengetahuannya tentang geografi negara Belanda, dengan hanya menggunakan nama keju. Keju-keju tersebut dinamakan hampir semuanya dari daerah dimana keju tersebut berasal dan dibuat.

 

Jenis Keju Belanda  dan Tempat Jual Keju Belanda Asli 

Berikut ini adalah 7 keju Belanda terbaik yang tidak boleh dilewatkan dalam keadaan apa pun ketika mengunjungi Amsterdam atau tempat lain di Belanda. Berikut adalah jenis keju-keju tersebut:

  1. Gouda
    Gouda adalah raja keju Belanda. Selama bertahun-tahun, pembuat keju di seluruh dunia telah mencoba menyalin resepnya, tetapi sering tidak berhasil karena memang sangat susah untuk menyamakannya. Gouda menyumbang hampir setengah dari pembuatan keju Belanda, dan berutang nama (tidak harus bingung dengan Gaudi, arsitek Catalunya Spanyol) ke tempat asal yaitu sebuah kota kecil dekat Amsterdam.Diproduksi dengan bentuk roda berlapis lilin berwarna kuning lebih mirip ke jingga Belanda dan masing-masing memiliki berat 9 hingga 24 pon atau 4 hingga 10 kilogram. Keju semi-lunak ini terbuat dari 48% susu sapi berlemak dan berusia sekitar 3 bulan hingga 5 tahun lebih.Setelah melewati usia 18 bulan, keju Gouda memperoleh rasa yang kuat dan unik. Jika buatan tangan di pertanian, mereka menyebutnya Boerenkaas. Gouda cocok dengan buah dan anggur, menjadikan keju ini sangat ideal untuk keju meja dan pencuci mulut.
  2. Edam
    Edam adalah keju runner-up yang bisa dibanggakan selain Gouda dalam hal penjualan ekspor, dan merupakan keju susu sapi semi keras Belanda. Hal ini dikenali dengan bentuk bola yang sedikit pipih di sisi-sisinya, meskipun terkadang juga muncul dalam bentuk seperti roti. Nama Edam diambil dari nama tempat asalnya yaitu kota Edam di Belanda, meskipun memiliki kemiripan dengan Eden (Taman Eden, diucapkan sebagai Edem dalam beberapa budaya). Keju ini memiliki interior kuning yang berbeda dan mengundang selera, berlapis lilin merah atau kuning di bagian luar.Untuk membuat keju Edam ini menggunakan sebagian 40% susu skim. Lemak susu sebagian besar membuat perbedaan pada hasil akhir antara Edam dan Gouda. Edam agak ringan dan agak asin di lidah, umumnya disukai oleh orang-orang dari segala usia. Keju ini bertahan dengan baik dan hanya bisa mengeras dengan waktu, yang pada gilirannya, menjadikannya teman perjalanan yang hebat. Edam sepenuhnya makin terasa rasanya jika diambil dengan bir hitam.

 

Jual Keju Belanda Asli Yang Terkenal

  1. Leyden Cheese atau Keju Leiden
    Leyden, atau dalam bahasa Belanda Leidse kaas, adalah keju kuning yang sarat dengan jintan hitam. Ini adalah jenis yang paling populer dari semua komijnekaas (keju yang mengandung jintan) yang diproduksi di Belanda. Awalnya dari wilayah Leiden, maka itulah namanya, juga dibuat sebagian dari susu sapi skim. Saat ini, produksi komersialnya dibagi antara entitas industri dan petani swasta. Leyden sedikit menyerupai Gouda, tetapi dalam hal bentuk kurang bulat dan memiliki tepi tajam di samping. Keju ini mengandung lebih rendah lemak (30-40%) yang merupakan daya tarik bagi mereka yang sadar akan berat badan.
  2. Maasdam
    Maasdam adalah upaya Belanda untuk memperkuat tradisi pembuatan keju Swiss. Menampilkan lubang-lubang besar ketika matang, keju ini berbentuk roda seberat 28 pon. Setiap kali Anda menemukan merek seperti Leerdammer atau Mondrian, yakinlah itu Maasdam. Keju ini memiliki rasa yang manis juga pedas, dan merupakan bahan yang tidak tergantikan untuk sandwich Reuben, jika dilelehkan, atau Chef’s Salad, jika dipotong tipis.
  3. Clove Cheese ( atau Nagelkaas )
    Keju cengkeh adalah keju pedas yang mengandung cengkeh dan untuk itu disebut Nagelkaas (“keju paku” dalam bahasa Belanda) karena kemiripan cengkeh dengan paku-paku kecil. Meskipun lezat dan populer, makanan khas Belanda ini tidak mudah ditemukan. Keju tersebut dibuat awalnya oleh orang-orang Friesian yang berada di bagian timur laut negara Belanda. Karena terdapat cengkeh, Nagelkaas cukup pedas sehingga sepotong kecil keju tersebut akan bertahan lama. Tapi sekali lagi, semua hal baik biasanya datang dalam jumlah kecil, bukankah begitu?
  4. Dutch Blue Cheese atau Keju Biru Belanda
    Jika Anda melihat stiker Gouda di atasnya, jangan khawatir. Bukan salah lihat atau apa pun yang menciptakan ilusi. Hanya Belanda yang membuat Keju Biru dari Gouda tradisional mereka. Keju biru-putih pada keju ini merupakan penghargaan untuk tembikar Delft Belanda yang terkenal, sesuai dengan merek yang dijual secara komersial itu disebut Delfts Blauw (juga dikenal sebagai Bleu de Graven). Membuat keju berwarna biru tidak terlalu tradisional, namun, hasil akhirnya cukup lezat. Keju ini cukup ringan dengan rasa manis, kurang asin dari Roquefort, dan ditakdirkan sebagai keju meja, paling baik dipadukan dengan anggur atau irisan apel. Jangan taruh di salad. Bagi para penggemar makanan organik, ada juga versi organik, yang disebut Bastiaanse Blauw, yang dijual di toko-toko organik dan supermarket di seluruh Belanda.
  1. Keju Kambing
    Keju kambing buatan standar Belanda datang dalam bentuk semi-keras seperti Gouda, lembut dan mudah meleleh di lidah. Keju ini memiliki warna pucat dan rasanya agak mengasyikkan. Tidak seperti keju yang terbuat dari susu sapi, keju kambing membutuhkan periode pematangan yang jauh lebih singkat. Saat berada di Belanda, cobalah dan dapatkan Bettine Grand Cru yang sudah tua. Pada tahun 2006, dinyatakan sebagai Keju Terbaik Dunia di Pameran Kejuaraan Internasional Nantwich tahunan di Inggris. Judul-judul seperti ini tidak datang tanpa hasil. Sungguh menarik melihat jenis keju Belanda yang terkenal tersebut sehingga perlu untuk mengetahui di mana jual keju Belanda asli di luar Belanda, salah satunya adalah di Grunteman.