Ini Dia 8 Kesalahan Saat Beli Cincin Online

Di saat-saat genting atau jika Anda memiliki banyak kesibukan, maka memutuskan untuk berbelanja secara online bisa jadi solusi yang baik. Pasalnya, berbelanja cincin secara online tidak memerlukan waktu lebih dan bisa disambil dengan pekerjaan lain. Sebab, saat seseorang bertransaksi jual beli, kedua pihak tidak perlu bertatap muka langsung. Termasuk saat membeli perhiasan. Namun ada beberapa kesalahan saat beli cincin online yang dilakukan banyak orang. Anda diantaranya?

Banyak orang mengalami penyesalan saat membeli perhiasan sembarangan. Itu tentu karena kecerobohan mereka dalam menentukan keputusan saat membeli. Jangan sampai terulang kepada Anda ya.

Beberapa Kesalahan Saat Beli Cincin Online

Ini dia beberapa kesalahan orang saat beli cincin online yang mendatangkan penyesalan :

  1. Beli di waktu mepet

Bagi Anda yang mencari cincin utuk keperluan lamaran atau pernikahan, baiknyah jangan membeli di waktu yang mepet dengan hari H. Hal ini cuku berpengaruh karena sudah cemas dan gugup dengan hari spesial, jadi pasti akan terasa berat mencarinya karena juga harus membagi waktu untuk mempersiapkan hal lainnya.

Jika pesan mepet, Anda tidak selalu akan menemukan cincin yang diinginkan. Apabila membeli cincin jadi, model dan ukuran cincin tidak selalu ada dan tersedia, karena tentu jumlahnya terbatas. Namun, jika membeli cincin custom, kemungkinan untuk pesan cincin dengan model rumit tidak cukup waktu pembuatanya.

  1. Beli di toko abal-abal

Karena tidak teliti, asal membeli tanpa melihat profil toko, beberapa orang menyesal karena cincinnya tidak sesuai espektasi karena beli online.

  1. Tidak membaca ketentuan yang berlaku

Ini sudah jadi kebiasaan orang Indonesia, malas baca. Ini jadi penyakit yang perlu dihindari. Toko biasanya akan mencantukan peraturan, syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika Anda tidak membaca secara teliti bisa ujung-ujungnya Anda yang rugi. Misalnya saja asal beli di toko A, padahal toko tersebut tidak menyediakan garansi. Sehingga saat cincin rusak Anda harus menanggungnya sendiri.

  1. Tidak memperhatikan kadar cincin

Harga cincin juga dipengaruhi berapa besaran kadar yang digunakan. Semakin tinggi kadarnya semakin cantik dan murni pula cincinnya. Harganya pun biasanya akan makin tinggi. Nah, tentu saja agar mengetahui dengan jelas, Anda harus memastikan kadar berapa cincin yang dipesan. Dari situ sesuaikan saja dengan anggaran yang berlaku.

  1. Mengukur jari dengan asal-asalan
    Beli Cincin Online 1

Karena beli cincin secara online tidak dapat melihat, menyentuh, atau bahkan mencoba langsung maka Anda wajib mengetahui ukuran pasti jari yang akan mengenakannya. Anda dapat mengetahui dengan mengukur langsung cincin yang sudah dikenakan. Atau bisa juga menggunakan kertas. Bisa juga melihatnya di tutorial youtube, salah satunya bisa dilihat disini.

  1. Terlalu tergiur dengan harga murah tanpa memperhatikan spesifikasi produk

Mencari diskon atau potongan harga agar dapat lebih hemat boleh saja, namun Anda juga tetap harus jadi customer yang cerdas. Baca dengan teliti spesifikasi produk, ketentuan. Ini jadi penting karena ini sangat menentukan kualitas produk. Dari sini juga Anda dapat klaim garansi jika ada masalah, jika toko tersebut menyediakan garansi. Pilih yang pasti saja, perhatikan toko tersebut kredibel atau tidak.

  1. Tidak memperdulikan ada tidaknya garansi

Garansi penting bukan untuk memastikan kualitas perhiasan yang dibeli? agar lebih tenang, Anda bisa pilih  cincin yang menyediakan garansi. Ini cukup bermanfaat dan cincin jadi terjamin. Semakin lama garansi yang diberikan semakin tinggi pula kualitas cincin yang berani dihadirkan sebuah toko perhiasan.

  1. Membeli tanpa mempertimbangkan budget

Agar semua persiapan dapat dilakukan dengan baik, dan terlaksana. Untuk itu, sisihkan tabungan Anda untuk persiapan cincin ya. Mau kan menghadirkan cincin spesial untuk hari spesial bersama pasangan? Periapkan juga budgetnya.

Bukan tanpa alasan, perhiasan adalah satu benda yang memiliki masa simpan panjang, jadi sudah pasti harus teliti. Agar terhindar dari bebagai kemungkinan kecewa saat berbelanja perhiasan secara online, ini dia poin penting yang harus jadi perhatian. Ini juga bisa jadi tips jitu agar terhindar dari penipuan :

  • Pilih portal, website atau marketplace terpercaya. Menggunakan portal resmi dapat lebih menjamin keamanan transaksi. Jika melalui website, pastikan nama domainnya bukan domain gratisan, jika melalui media sosial, pastikan akun tersebut aktif dan update setiap hari
  • Pastikan profil toko aman, tidak bermasalah. Bisa diketahui dia memiliki surat perijinan yang jelas dan lengkap, SIUP, TDP, HO, dan alamat offline jelas.
    Beli Cincin Online 2
  • Pastikan ada nomor kontak aktif
  • Cek nomor rekening, gunakan tools cek rekening untuk melihat riwayat apakah pernah dilaporkan sebagai penipu atau tidak.
  • Cek resi dan pastikan keamanan ekspedisi

Sudah mengetahui hal-hal penting dalam beli cincin online? Setelah mengetahuinya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal-hal kecil saat belanja online agar tidak tertipu atau kemudian menyesal setelah belanja.

Yuk ketahui juga bagaimana alur Beli cincin online

  1. Seaching dan pilih model

Melalui google kah, websitekah, atau menggunakan media sosial, sampai menemukan cincin paling menarik dan cocok sesuai selera

  1. Diskusi, deal dan isi form
    Setelah menemukan model paling oke, melakukan diskusi dengan CS isi form dan deal. Setelah mengisi form jelas model seperti apa yang dipesan kemudian Anda melakukan pembayaran. Pastikan rekening mereka aman tidak ada riwayat bermasalah.
  2. Transaksi pembayaran
    Setelah deal, maka pelanggan melakukan segera di pembayaran di tahap ini agar pesanan dapat segera di proses
  3. Proses produksi
    Proses pengerjaan baru dilakukan jika cincin yang dipesan adalah cincin custom. Namun, jika cincin tersebut ready stock, maka ini adalah proses packing/pengemasan dan QC akhir.
  4. Pengiriman barang
    Setelah semua sudah lengkap, alamat penerima sudah jelas, maka selanjutnya adalah pengiriman cincin. Tentu saja ini akan dilakukan oleh pihak ke tiga, yakni jasa ekspedisi. Toko terpercaya pasti menggunakan ekspedisi dengan asuransi, jadi kekhawatiran masih bisa ditepis. Untuk amannya Anda bisa mengecek secara mandiri pemantauan pengirimannya dengan cek resi.
  5. Penerimaan cincin oleh customer
    Semua prosesnya usai hingga cincin pesanan ada ditangan Anda. Sebelum mengenakannya di hari spesial, cek kelengkapannya ya. Pastikan tidak ada kekurangan, kecacatan atau bahkan salah alamat.

Sama seperti proses pembelian produk lain melalui internet, beli cincin online pun alunya hampir sama. Sedikit berbeda jika cincin yang dipilih adalah cincin custom. Ini tentu saja karena perhiasan sebut tememerlukan waktu untuk proses pengerjaannya. Sehingga proses tunggu lebih lama karena juga ditambah ekspedisinya. Jadi pesan dari sekarang saja.

Jadi, jangan sampai menyesal setelah membeli cincin online ya. Sudah tahu tips-tips pentingnya bukan? Tentukan dari sekarang, dan pilih yang paling terpercaya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Bingung sekarang mau beli cincin online dimana? Tidak peru risau lagi, karena Kotagede Jewellery bisa menghadirkannya untuk Anda. Jaminan tahun garansi, free ukirnama, free ongkir se Indonesia, bebas pilih model. Mau konsultasi gratis? Hubungi saja 0823 4063 9585.