Jasa Kontraktor Kubah Masjid

Kubah adalah bagian pertama pada masjid yang biasa dilihat. Bentuknya yang besar dan terlihat megah membuat kubah masjid terlihat mencolok dan seringkali digunakan untuk penanda. Bentuknya yang besar, membuat bahan material untuk kubah masjid pun tidak sembarangan. Berikut adalah bahan material yang sering digunakan Jasa Kontraktor Kubah Masjid.

5 Bahan Material yang Sering Digunakan Jasa Kontraktor Kubah Masjid

1. Beton

Bahan material yang seringkali dipilih untuk diguanakan sebagai Kubah Masjid adalah beton. Bahan beton adalah bahan yang terkenal karena kekokohannya. Kekuatan bahan beton ini akan cocok digunakan untuk membangun kubah masjid dengan ditunjang pemakaian besi tulangan sebagai rangka dalamnya.

Menggunakan bahan beton untuk kubah masjid juga mempunyai keuntungan tersendiri selain kokoh. Yaitu mudah diberi motif, sehingga bentuk kubah masjid yang anda inginkan bisa dilakukan dengan bahan beton ini. Motif atau hiasan pada kubah masjid bisa dibentuk dengan mudah dan menjadikan kubah masjid terlihat lebih menarik dengan kesan megah.

Namun bila menggunakan bahan beton, hal yang harus diperhatikan adalah struktur bangunan dibawahnya. Sebelum pemasangan, biasanya akan dilakukan pengukuran kekuatan bangunan penyangga kubah terlebih dahulu. Karena bobot beton yang berat, sehingga bangunan dibawahnya juga harus di desain dengan kuat.

2. Galvalum

Bahan material kedua yag sering digunakan oleh Jasa Kontraktoradalah galvalum. Bahan galvalum juga merupakan salah satu bahan dengan kualitas terbaik. Salah satu keunggulan kubah masjid menggunakan bahan galvalum adalah ketahanannya terhadap panas. Sehingga bahan galvalum akan cocok digunakan untuk cuaca seperti di Indonesia.

Selain tahan panas dan lebih tahan terhadap perubahan cuaca, bahan galvalum juga mempunyai kelebihan lainnya. Salah satunya adalah mempunyai daya rekat yang fleksibel sehingga akan memudahkan untuk proses pengerjaannya. Selain itu bahan galvalum juga mempunyai lapisan anti karatnya sendiri.

Dengan banyak kelebihan dari bahan galvalum ini, menjadikan galvalum banyak dipilih menjadi bahan kubah masjid di Indonesia. Harga bahan ini pun bervariasi tergantung kualitasnya. Namun harganya memang tidak semahal beton. Anda bisa menggunakan bahan galvalum ini sebagai salah satu pilihan berkualitas unuk kubah masjid.

3. Stainless

Kubah masjid berbahan stainless tentu sudah tidak asing anda lihat, khususnya di Indonesia. Banyak bangunan masjid di Indonesia memilih bahan stainless untuk bahan kubahnya. Hal ini karena bahan material stainless mempunyai banyak kelebihan. Salah satunya adalah stainless mempunyai ketahanan terhadap karat yang tinggi.

Tingkat tahan karatnya yang tinggi akan membuat penggunaan bahan ini lebih tahan lama terlebih pada perubahan cuaca. Bahan ini juga sering dipilih oleh Jasa Kontraktor karena keawetannya. Kubah masjid akan lebih awet walaupun cuaca sedang hujan, yang mana air hujan cenderung asam dan bisa menyebabkan benda lebih cepat berkarat.

Keunggulan lainnya dari bahan stainless ini adalah kilapnya. Bila menjadikan stainless sebagai bahan kubah masjid, maka akan efek mengkilat saat kubah terkena sinar matahari. Efek inilah yang membuat kubah masjid akan terlihat lebih megah saat dilihat. Bahan stainless juga terdapat banyak model dan bervariasi harganya di pasaran.

4. GRC

Bahan rekomendasi untuk kubah masjid berikutnya adalah bahan GRC. Bahan GRC ini adalah salah satu produk kemajuan teknologi dibidang pembangunan atau konstruksi. Menggunakan bahan GRC ini mempunyai banyak kelebihan salah satunya adalah bobotnya yang ringan. Bahan GRC tidak mempunyai bobot seberat beton.

Walaupun bobot bahan GRC yang cenderung ringan daripada beton, namun kekuatannya tidak bisa disepelekan. Bahan GRC mempunyai kekuatan yang bisa diuji dan tingkat kekokohan yang tak kalah dari beton. Hal inilah yang menjadikan peminat bahan GRC untuk kubah masjid semakin meningkat di Indonesia.

Tak hanya kuat dan berbobot ringan, bahan GRC sering dipilih oleh Jasa Kontraktor karena tingkat keawetannya. Bahan GRC terbukti bisa bertahan terhadap perubahan cuaca. Bahan ini cenderung akan tahan terhadap panas dan juga akan tahan karat bila musim penghujan tiba.

5. Enamel

Bahan bangunan untuk kubah masjid yang berikutnya adalah enamel. Bahan enamel juga banyak diminati untuk bahan pembuat Kubah Masjid di Indonesia. Salah satu kelebihan bahan enamel adalah ketajaman warna yang dihasilkan. Sehingga bila dijadikan sebagai bahan material kubah masjid akan menjadikan kubah tampak lebih cantik.

Bahan enamel juga mempunyai tingkat kecerahan yang lebih baik daripada bahan materail kubah masjid lainnya. Bahan enamel cederung mempunyai bobot yang lebih ringan daripada bahan material lainnya. Namun jangan ragukan kekokohannya. Bahan enamel juga terkenal kuat dan bisa bertahan lama pada perbedaan cuaca.

Bahan enamel mempunyai keunggulan lain yang tidak punyai bahan material lainnya. Salah satunya adalah tingkat kebocorannya yang lebih kecil. Potensi kebocoran kubah masjid yang mungkin terjadi saat musim hujan bisa diminimalisir dengan menggunakan bahan enamel sebagai material kubah masjid.

Fungsi Kubah Masjid yang Dibuat Jasa Kontraktor Kubah Masjid

1.  Lambang Keindahan

Hal pertama yang dilihat orang saat melihat Masjid adalah kubahnya. Sehingga kubah seringkali dibuat dengan desain yang estetik. Banyak desain kubah masjid terkenal di dunia yang mengagumkan. Sehingga banyak orang bahkan wisatawan yang tertarik dengan kemegahan yang ditunjukkan oleh masjid.

2. Penentu Arah Kiblat

Tak banyak yang tahu bahwa kubah masjid bisa dijadikan arah penunjuk kiblat saat shalat. Jasa Kontraktor Kubah Masjid biasanya akan merancang kubah masjid dengan menggunakan desain tertentu agar memudahkan jamaah yang akan melakukan ibadah. Orang yang berada di luar masjid pun akan bisa menemukan arah kiblat hanya dengan melihat kubah masjid terdekat.

3. Penunjuk Jalan

Kubah masjid yang tampak besar dan mencolok di tengah area pemukiman warga juga seringkali dijadikan penunjuk jalan. Penunjuk jalan atau ancer ancer ini akan memudahkan orang saat mencari alamat di kawasan tersebut. Selain itu, masjid dengan kubah yang besar dan mencolok juga digunakan warna sebagai titik temu yang mudah dengan orang lain.

4. Sirkulasi Udara dan  Pencahayaan Alami

Tak banyak yang tahu bahwa desain kubah masjid yang besar dan cekung dari dalam Masjid mempunyai fungsi alami. Masjid terkenal dengan hawanya yang sejuk walaupun cuaca diluar cukup panas. Hal ini karena desain kubah masjid ini mampu mengendalikan sirkulasi udara sehingga udara alam ruangan secara lancar dan menjadikan ruangan tidak pengap.

Kubah yang dipasang oleh Jasa Kontraktor Kubah Masjid biasanya juga memiliki reflektor cahaya yang baik. Sehingga di dalam Masjid tidak perlu menggunakan lampu secara berlebihan bila siang hari. Sehingga selain akan menghemat banyak biaya listrik, akan menjadikan bangunan masjid terasa lebih alami saat siang hari. Masjid selain digunakan sebagai tempat ibadah umat Muslim, juga dijadikan simbol kebesaran Islam. Banyak arsitektur bangunan Masjid yang megah dan juga unik di banyak negara termasuk Indonesia. Kemegahan bangunan masjid ini tak lepas dari peran pembangunan Kubah Masjid yang besar dan kokoh yang akan menambah kesan indah.