Penyedia Paket Depot Air Minum Yang Di Rekomendasikan

Hal Penting dalam Membangun Depot Air Minum Isi Ulang

Depot Air Minum merupakan salah satu usaha atau bisnis yang bergerak di bidang pengolahan air baku menjadi air minum untuk dijual langsung kepada konsumen. Saat ini depot air isi ulang menjadi bisnis yang sangat prospektif untuk dijalankan.

Mengingat kebutuhan akan air minum akan terus bertambah dan meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dan sulitnya mendapatkan air minum yang bersih langsung dari sumbernya. Air minum isi ulang dipilih masyaratak karena harga yang murah juga kemudahan dalam pembelian.

Jenis-Jenis Depot Air Minum Isi Ulang

Depot air minum isi ulang mempunyai jenis berbeda sesuai dengan jenis air minum yang dijualnya, yaitu air mineral dan air RO. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga anda harus tahu betul jenis mana yang harus anda pilih. Apakah air mineral, atau air RO, atau keduanya.

Perbedaan Air Mineral dan Air RO

Air mineral dan ari RO memiliki beberapa perbedaan, seperti unsur kimiawi yang terkandung dalam air. Air mineral mempunyai kandungan mineral air seperti zat besi, kalium, magnesium, dan lain sebagainya. Sedangkan air RO hanya terdiri dari beberapa unsur kimiawi yaitu H2O dan sedikit sekali kandungan mineral air di dalamnya karena itulah air RO dapat disebut juga air murni / mendekati murni.

Perbedaan lainnya adalah Harga paket usaha air isi ulang. Harga Paket Depot untuk Air Minum Isi Ulang RO umumnya lebih mahal dibandingkan dengan Harga Paket Depot untuk Air Minum Isi Ulang Mineral biasa.

Inilah Macam Macam Alat dan Bahan untuk membuka usaha Depot, serta Bagian dari mesinnya:

  1. Pompa Treatment
  2. Pre treatment
  3. Mikrofiltrasi
  4. Pompa Feeder
  5. Pompa Booster
  6. Membrane Ultrafiltrasi
  7. Membrane Reverse osmosis
  8. Mineral booster
  9. Pompa Distribusi
  10. Post filter
  11. Sterilization unit
  12. Sikat galon
  13. Pembilas galon
  14. Galon
  15. Tissue galon
  16. Tutup gallon

Jika anda tertarik untuk memulai usaha depot isi ulang, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal penting yang akan saya bahas dibawah ini. Simak baik-baik ya.

Berikut Hal – Hal Penting dalam Membangun Depot Air Minum Isi Ulang

Depot-Air-Minum

Inilah beberapa hal penting yang perlu anda ketahui saat akan memulai usaha depot isi ulang air minum, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Modal usaha

Memperhatikan seberapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha depot ini sangat diharuskan, terutama bagi anda yang memiliki keterbatasan modal untuk usaha air isi ulang, sebaiknya pilihlah mesin yang paling tepat dengan budget yang tidak terlalu mepet untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, yang bisa saja terjadi sewaktu anda akan memulai.

  • Jenis mesin

Dalam memilih jenis mesin, anda perlu tahu mesin mana yang cocok dan sesuaikan dengan kondisi air yang hendak diolah serta kapasitas produksi air yang perlu diolah setiap harinya.

  • Lokasi dari tempat usaha

Memilih dan menentukan lokasi usaha air isi ulang merupakan salah satu faktor yang sangat penting sebelum memulai usaha ini. Semakin mudah dilihat dan dijangkau konsumen, maka akan sangat berkesempatan untuk memiliki lebih banyak konsumen.

  • Perhatikan Kebutuhan dan Kebiasaan dari konsumen yang hendak di bidik

Anda harus bisa memastikan bahwa produk yang anda jual sesuai dengan keinginan dan kebutuhan customer disekitar tempat usaha anda. Apakah jenis air yang dibutuhkan adalah air mineral, atau air RO. Apakah customer malas mendatangi kios anda sehingga anda yang harus mengantar atau tidak.

  • Manajemen usaha

Agar usaha anda berkembang dan menghasilkan keuntungan yang maksimal, pastikan anda memiliki teknik manajemen yang baik. Salah satunya dengan menempatkan orang yang dapat dipercaya untuk pengurusan keuangan serta mencatat semua data pemasukan dan pengeluaran setiap harinya.

  • Membuat SOP yang jelas

Agar kualitas air yang dijual tetap terjaga, buatlah SOP atau Standard Operation Prosedure untuk memastikan operator pengisian air dapat dengan benar dalam proses pengisian gallon, karena cara pengisian sangat mempengaruhi apakah air tersebut hiegenis atau tidak.

  • Maintenance mesin

Selain kualitas air, tentunya penting bagi anda untuk menjaga mesin agar tetap dalam kondisi yang prima dan menghasilkan air dengan kualitas yang baik, maka dari itu diperlukan perawaratan mesin secara berkala seperti pergantian filter, pengecekan lampu ultraviolet, pembersihan dan perawatan tempat pengisian air minum, dan lain sebagainya.

  • Pelayanan konsumen

Selain memberikan produk air minum dalam kualitas yang baik, anda juga perlu memperhatikan cara atau teknik pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan seperti bersikap ramah, sopan dan kooperatif. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar pelanggan tetap setia. Karena setiap pelanggan adalah aset berharga bagi usaha anda.

  • Izin Usaha

Dan yang terpenting adalah izin usaha / legalitas usaha. Setiap pelaku usaha depot air isi ulang wajib memenuhi persyaratan usaha yang berdasarkan kepada Kepmenperindag nomor 651 tahun 2004 Bab II ayat (2) yaitu:

  1. Depot air wajib memiliki Tanda Daftar Industri (TDI) dan Tanda Daftar Usaha Perdagangan (TDUP) dengan nilai investasi perusahaan seluruhnya sampai dengan Rp200 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
  2. Depot air wajib memiliki Surat Jaminan Pasok Air Baku dari PDAM atau perusahaan yang memiliki Izin Pengambilan Air dari Instansi yang berwenang.
  3. Depot air wajib memiliki laporan hasil uji air minum yang dihasilkan dari laboratorium pemeriksaan kualitas air yang ditunjuk pemerintah kabupaten/kota atau yang terakreditasi

Peraturan yang terdapat pada Kepmenperindag nomor 651 tahun 2004 diatas hanya mengatur tiga kewajiban berdasarkan keputusan menteri, selebihnya dikembalikan dan disesuaikan dengan peraturan daerah masing-masing.

Nah, jika anda sedang berencana untuk membuka usaha depot untuk air minum isi ulang, dan anda sedang kebingungan untuk memilih atau memberikan nama untuk usaha depot untuk air minum isi ulang milik anda, saya sudah buatkan daftar nama yang bisa anda jadikan referensi untuk menentukan nama usaha anda.

Inilah Daftar Nama Usaha Depot Air Isi Ulang yang Bisa Anda Gunakan

Anda bisa mengisi garis kosong berikut ini sesuai dengan keinginan anda:

  1. ___ Water
  2. ___ H2O
  3. Tirta ___
  4. ___ Asri
  5. ___ Mineral
  6. ___qua
  7. Air ___
  8. ___ Prima
  9. ___ Zero
  10. ___ Ayu
  11. ___ Permata
  12. ___ Spring
  13. ___ Fresh
  14. ___ Club
  15. ___ Sari
  16. Segar ___
  17. ___ Abadi
  18. Ultra ___
  19. Al- ___
  20. ___ RO

Nah, itulah informasi penting seputar Hal Penting dalam Membangun Depot Air Minum Isi Ulang yang perlu anda perhatikan sebelum memulai usaha, agar usaha yang anda bangun dapat berkembang dan menghasilkan profit yang maksimal.