Penjelasan Apa itu Palladium

Palladium merupakan salah satu zat kimia yang bisa ditemukan di tabel periodik dengan lambang Pd. Palladium juga merupakan logam mulia yang langka, berwarna putih dan berkilau seperti perak. Logam ini bisa dijadikan sebagai cincin kawin, dan banyak digunakan oleh beberapa kalangan tertentu. Palladium adalah logam mulia yang belum seterkenal emas, tapi kualitasnya bisa sejajar dengan emas dan perak.

Logam mulia ini juga bisa digunakan sebagai campuran emas putih, karena memiliki reaksi kimia yang unik. Logam ini memiliki berbagai macam keunggulan, dan kekurangan yang sesuai dengan kegunaannya. Palladium juga memiliki sejarah yang berbelit pada penemuannya, sehingga Anda harus mengetahui lebih dalam apa itu palladium dari sejarah sampai kegunaannya.

Tentang Apa itu Palladium

Palladium merupakan unsur kimia yang memiliki nomor atom 46, dan ditemukan pada tahun 1803 oleh William Hyde Wollaston. Awalnya palladium memiliki nama Asteroid Pallas, karena menyerupai dewi dari Yunani Athena, namun seiring berjalannya waktu nama tersebut berganti menjadi palladium yang dikenal seperti sekarang.

Palladium juga merupakan logam mulia yang termasuk dalam satu golongan unsur kimia. Unsur kimia tersebut meliputi Osmium, ruthenium, iridium, platina, dan palladium yang termasuk kedalam kelompok platina. Hal ini karena karakteristik kimia mereka hampir sama, namun palladium merupakan satu-satunya logam mulia yang mempunyai keunggulan dari titik lebur paling rapat antara golongan tersebut.

Reaksi Kimia Palladium

Palladium masuk kedalam kategori pengubah katalitik karena memiliki setengah pasokan yang bisa melebur ke dalamnya. Reaksi ini mampu mengubah kadarnya sampai 90% gas berbahaya, menjadi zat yang tidak berbahaya, salah satunya adalah proses pembuangan asap dari kendaraan bermotor. Palladium juga mampu menjadi alat elektronik, pemulihan air dari tanah, hingga perhiasan.

Bijih palladium termasuk logam mulia yang langka, bahkan jarang ditemukan di berbagai belahan dunia. Depositnya paling mudah ditemukan pada beberapa sabuk norit yang kompleks, dan berada di Afrika selatan, Amerika Serikat, hingga Montana. Hal ini yang membuat palladium sering digunakan sebagai reaksi kimia yang unik dengan zat lainnya.

Sejarah Singkat Palladium

Palladium awalnya ditemukan dari sisa residu platinum, setelah dilarutkan dalam larutan aqua regia. Larutan ini juga dicampurkan dengan nitrat yang terkonsentrasi serta asam hidroklorat, sehingga membuat larutan ini membutuhkan proses isolasi. Proses isolasi inilah yang membuat palladium menjadi logam mulia, berkat ekstrak yang dihasilkan dari rangkaian reaksi kimia tersebut.

Pada tahun yang sama, sekitar 1803 di London, kimiawan William H. Wollaston menyebarkan penelitiannya ini dengan cara yang berbeda. Dia mulai menjualnya pada toko mineral, sehingga banyak anonim yang membantu menyebarkan pengumuman di berbagai penjuru London, dan memperkenalkan apa itu palladium sebagai logam mulia baru.

Banyak pihak yang tidak setuju dengan metode penyebarannya, sehingga ada satu pihak yang menyatakan bahwa palladium adalah logam mulia yang buruk karena beberapa perpaduannya. Wollaston pun angkat bicara pada suatu forum, sehingga menjelaskan proses penelitiannya. Dia juga mengungkap bahwa logam mulia ini bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam benda.

Karakteristik Palladium

  1.     Logam Berkilau

Palladium merupakan logam mulia yang memiliki kilauan unik. Kilauan ini tidak mudah dimiliki oleh logam mulia lainnya, dan hal ini yang membuat palladium memiliki daya tarik khusus. Warna putih alaminya yang membuat kilauannya menjadi lebih kuat, sehingga tidak perlu dicampur dengan logam mulia lainnya untuk menghasilkan kilauan yang mewah.

  1.     Mudah dibentuk

Logam palladium terkenal sebagai jenis unsur kimia yang keras, namun pada dasarnya logam ini mudah dibentuk layaknya emas dan perak. Bijih mineralnya mudah dipukul, dan mampu menjadi tipis. Hal ini yang membuat logam palladium memiliki banyak keunggulan untuk menjadi perhiasan, salah satunya adalah cincin kawin.

  1.     Mampu Bertahan dari Korosi

Tidak semua logam mulia mampu bertahan dari korosi, namun palladium mampu bertahan dengan kuat, bahkan pada udara yang memiliki aksi asam sekalipun. Logam ini juga mampu bertahan dari korosi pada suhu normal, dan tahan di korosi udara. Hal inilah yang membuat logam palladium banyak dicari, karena mampu bertahan lama.

  1.     Reaksi Kimia yang Unik

Logam ini mampu menempel pada senyawa lainnya, dan mampu bereaksi pada kondisi oksidasi II. Hal ini yang membuat palladium menjadi senyawa yang dapat dicampur dengan reaksi apapun. Logam ini juga kini menjadi senyawa kimia yang memiliki peminat cukup banyak pada pengembangannya.

  1.     Memiliki Kemampuan Penyerapan yang Baik

Palladium memiliki kemampuan yang baik dalam kapasitas penyerapan. Logam ini bisa menyerap lebih dari 900 kali volume hidrogen, sehingga dapat membuat logam ini mengembang dengan sendirinya. Logam ini akan menyerupai spons yang menyerap air, jika bereaksi dengan hydrogen. Hal ini yang membuat logam tersebut menjadi senyawa yang kuat.

Kegunaan Palladium

  1.     Mampu Menjadi Katalik

Mobil merupakan suatu benda yang membutuhkan mesin dengan reaksi kimia tertentu. Hal ini yang membuat kegunaan palladium menjadi bahan utama pada kataliknya. Mobil akan memiliki mesin yang lebih baik, jika mesinnya terdapat palladium dalam jumlah yang cukup. Palladium juga berfungsi untuk membuat kondisi mesin menjadi lebih stabil.

  1.     Cracking Minyak Bumi

Palladium merupakan logam mulia yang memiliki sifat katalis sempurna. SIfat katalis sempurna ini mampu membantu reaksi hidrogenasi bahkan dehidrogenasi. Hal ini yang membuat palladium dibutuhkan pada proses cracking minyak bumi. Minyak bumi tidak akan sempurna jika tidak melalui proses katalis, sehingga palladium sering digunakan untuk proses tersebut.

  1.     Pembuatan Alat Kedokteran

Alat kedokteran tentunya harus memiliki kualifikasi tertentu, salah satunya keras, kuat, dan mudah dibersihkan. Klasifikasi tersebut sangat cocok untuk disesuaikan dengan logam palladium, sehingga membuat logam tersebut menjadi bahan utama dalam pembuatan alat-alat kedokteran. Alat kedokteran yang biasanya berasal dari palladium adalah peralatan gigi.

  1.     Pemurnian Hidrogen

Logam palladium juga biasanya digunakan untuk memurnikan gas-gas mulia. Gas mulia ini akan mudah bereaksi, sehingga palladium bisa menjadi solusinya. Salah satunya adalah hydrogen yang sering direaksikan dengan palladium. Gas ini mampu berdifusi dengan mudah, sehingga biasanya palladium panas digunakan untuk pemurnian gas hidrogen.

  1.     Cincin Perhiasan

Kegunaan palladium yang paling unik adalah bisa dijadikan sebagai cincin perhiasan. Hal ini Karena palladium merupakan logam mulia yang memiliki kualitas setara dengan emas. Logam ini memiliki kilauan unik, berwarna putih, dapat dibentuk, dan tahan lama. Palladium juga merupakan logam mulia terjangkau, sehingga pasti banyak peminat logam mulia yang ingin membelinya.

Jika Anda berminat untuk mendapatkan cincin perhiasan dari palladium, Kotagede Jewellery menyediakan berbagai macam model cincin dari logam mulia palladium. Cincin ini juga memiliki kualitas yang baik, dan sangat cocok dijadikan sebagai cincin untuk mas kawin untuk pasangan yang kurang berminat menggunakan emas. Jika anda telah memahami apa itu palladium, maka pasti Anda akan berminat untuk memilikinya segera.

 Inilah sejarah singkat Mengenai Apa itu Palladium