Tips mendapatkan Skor Tinggi pada Tes TOEFL Online

TOEFL adalah tes kemampuan berbahasa Inggris (aksen Amerika) yang diperlukan untuk melengkapi syarat mendaftar masuk ke universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Tes ini sangat diperlukan bagi para pendaftar atau para pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, seperti Indonesia.

Pada umumnya, TOEFL diperlukan sebagai persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di banyak negara baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL online ataupun Offline juga dipakai sebagai bahan pertimbangan/tolak ukur kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain.

Selain untuk mendaftar masuk universitas, hasil tes TOEFL juga kini digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi para pelamar dan juga digunakan dalam mekanisme kenaikan pangkat.

Tes TOEFL Online ataupun Offline ini berlangsung dalam waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:

  1. Listening comprehension
  2. Grammar structure and written expression
  3. Reading comprehension
  4. Writing

Fungsi dari Tes TOEFL

  1. Hasil Tes TOEFL merupakan salah satu syat penerimaan bila kamu ingin mengikuti short course program di luar negeri. Kamu harus memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai yang ditentukan.
  2. Hasil Tes TOEFL merupakan salah satu syarat untuk melanjutkan pendidikan S-1, S-2, atau S-3 di Amerika Serikat atau negara lain yang menuturkan bahasa Inggris,
  3. Hasil Tes TOEFL merupakan salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa di Amerika Serikat dan/atau negara lain yang menuturkan bahasa Inggris. Kini di Indonesia sudah menerapkan sistem serupa.
  4. Hasil Tes TOEFL merupakan salah satu syarat untuk melamar pekerjaan baik di dalam mau pun di luar negeri
  5. Hasil Tes TOEFL merupakan salah satu syarat untuk mendaftar ke program atau organisasi dan institusi internasional
  6. Hasil Tes TOEFL sangat akurat untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang

Jenis Jenis Tes TOEFL

  1. TOEFL-PBT (Paper Base Test)

TOEFL PBT yaitu tes yang menggunakan media berupa kertas sebagai tempat soal dan jawabannya. Dengan bentuk soal berupa pilihan ganda.

  1. TOEFL-CBT (Computer Base Test)

TOEFL CBT yaitu tes yang menggunakan software TOEFL dan langsung dijawab di computer dengan bentuk soal berupa pilihan ganda. Jenis tes ini sudah jarang dan mungkin sudah tidak dipakai lagi karena sudah ada pengganti yang lebih efektif, yaitu TOEFL IBT.

  1. TOEFL-IBT (Internet Base Test)

TOEFL IBT yaitu tes yang menggunakan jaringan internet dan langsung terhubung kedalam website lembaga penyelenggara tes TOEFL di luar negeri. Tes ang berlangsung hampir mirip CBT tapi online, dan semua jawaban dikerjakan dalam bentuk essay.

Itulah jenis-jenis tes TOEFL yang ada di dunia. Berbeda dengan Indonesia, selain ketiga jenis diatas, di Indonesia, anda bisa menjumpai 2 jenis lainnya (bahkan anda bisa menjumpai tes TOEFL online), yaitu:

  1. TOEFL-ITP (Institutional Testing Program)

TOEFL IPT yaitu tes resmi dibawah lisensi ETS, hanya lembaga-lembaga bahasa tertentu dan universitas tertentu yang punya lisensi ini. Hasilnya bisa digunakan untuk syarat masuk universitas di Indonesia dan universitas asing (biasanya hanya di negara ASEAN). Juga untuk syarat melamar kerja (biasanya perusahaan menengah keatas atau asing) dan melamar CPNS jika dalam syarat diminta jenis TOEFL-ITP.

  1. TOEFL Prediction Test (TOEFL Like)

TOEFL Prediction Test boleh diselenggarakan oleh semua lembaga bahasa di Indonesia tanpa terkecuali. Seperti namanya, tes ini bersifat hanya prediksi dari nilai TOEFL. Anda akan mengerjakan tes yang format dan level kesulitan soalnya hampir sama persis dengan TOEFL sesungguhnya.

Tes TOEFL Prediction ini biasanya dipilih karena anda bisa melakukan tes TOEFL online, juga biayanya yang sangat jauh lebih murah dari tes jenis lainnya.

Dikarenakan bersifat hanya prediksi, kegunaannya untuk menguji kemampuan Bahasa inggris anda dan tidak bisa dijadikan sebagai pelengkap persyaratan masuk universitas atau melamar pekerjaan. Namun, beberapa universitas dan perusahaan tertentu masih menerima hasil tes dan skor dari tes TOEFL jenis ini. Jadi pastikan anda mengetahui betul tes TOEFL jenis apa yang dijadikan syarat.

Tips Lulus Tes TOEFL Online dengan SKOR Tinggi

  1. Membuat Daftar Nilai

Anda harus menentukan target nilai yang ingin anda raih, maka dari itu anda harus membuat daftar nilai yang diperlukan. Biasanya untuk mendaftar ke universitas atau melamar ke sebuah perusahaan, anda harus memenuhi syarat minimal skor TOEFL, nah skor minimum itulah yang harus anda lampaui dalam tes TOEFL Online.

  1. Cari Tahu Tentang Format Test TOEFL

Setelah mementukan daftar nilai, anda harus mengetahui jenis dan format tes TOEFL yang akan anda ikuti. Dengan begitu anda bisa menyusun strategi sesuai dengan keunggulan dan kekurangan anda dalam mengerjakan tes TOEFL Online.

  1. Buat Target Durasi Belajar

Setelah mengetahui format tes, anda harus membuat jadwal belajar dan berkomitmen dengan jadwal yang anda buat. Dengan begitu, anda bisa mendapat hasil yang maksimal.

  1. Buat Rencana Belajar

Buatlah rencana belajar yang pasti, dijadwal manakah anda akan belajar reading, lalu dijadwal manakah anda akan belajar listening, dan lainnya. Dengan begitu, hasil belajar anda akan maksimal.

  1. Kursus TOEFL

Jika anda tidak bisa belajar secara mandiri, maka anda bisa mengikuti kursus TOEFL agar waktu belajar anda sudah diatur dan anda tinggal mengikutinya saja. Dengan mengikuti kursus TOEFL juga, anda bisa belajar bersama mentor dan teman-teman lainnya yang juga ingin lulus tes TOEFL dengan hasil yang maksimal. Dengan begitu anda akan lebih termotivasi.

  1. Perbanyak Membaca
  • Cobalah untuk mengingat dan memahami kosa kata bahasa Inggris yang anda temui saat membaca
  • Ketahui konteks dalam paragraf untuk mengetahui maksud dari kata yang tidak anda ketahui dalam dalam sebuah bacaan.
  • Latih kecepatan dan efektivitas membaca kalimat Bahasa inggris
  1. Menyimak
  • Dengarkan berbagai aksen bahasa Inggris. American English, Australian English, British English. Buat dirimu merasa familiar dengan variasi aksen bahasa Inggris, agar anda tetap mengerti apa yang sedang dibicarakan walau dengan aksen berbeda.
  • Catatlah kata atau kalimat yang belum anda mengerti ketika mendengarkan wacana/pembicaraan
  1. Berbicara
  • Latih kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan mengobrol bersama penutur asli bahasa Inggris baik itu teman anda dari luar negeri, atau mengobrol bersama turis asing di tempat wisata.
  • Latih pelafalan bahasa Inggris dengan membaca sambil berbicara, atau menyanyi, berpuisi dan lain sebagainya.
  • Rekam suaramu ketika melafalkan bahasa Inggris, lalu dengarkan dan koreksi jika terdapat kesalahan dalam pengucapan
  • Jangan takut untuk berbicara menggunakan Bahasa inggris
  1. Menulis
  • Berlatih kecepatan menulis seperti menulis lirik dari lagu yang kamu dengarkan, atau dari video yang kamu tonton. Kemudian periksa kembali apakah kata yang anda tulis sudah benar atau belum.
  • Berlatih tentang ejaan dan tata Bahasa inggris dengan baik dan benar
  • Buat poin-poin yang ingin ditulis ketika menulis esai untuk membantu anda dalam mengutarakan pendapat yang ingin anda sampaikan.

Nah, itulah beberapa tips sukses mengikuti Tes TOEFL Online dengan nilai skor yang tinggi