Tempat Pelatihan Keju Mozarella Terkenal

Mozzarella, seperti apakah sejarah panjangnya? Kenapa menjadi salah satu keju yang paling populer selain keju gouda dari Belanda? Tingginya minat masyarakat untuk menikmati keju asli sehingga ingin mengetahui dimana informasi tempat pelatihan keju mozarella online di Jakarta, Surabaya dan kota lainnya di Indonesia.

Mozzarella adalah keju segar yang sangat terkenal, dibuat dari susu kambing tetapi biasanya dari susu sapi melalui proses yang kompleks dengan nama metode pasta filata. Berasal dari Italia selatan, namanya cukup umum untuk berbagai jenis keju Italia yang dibuat menggunakan “pemintalan” dan kemudian “memotong” pasta asli yang berasal dari susu tersebut. Kata kerja Italia “mozzare” berarti “memotong”.

Jenis Mozzarella dan Tempat Pelatihan Keju Mozarella Online

Beberapa jenis yang umum dan terkenal adalah:

  • Buffalo mozzarella terbuat dari susu kerbau peliharaan.
  • Mozzarella fior di latte (atau hanya Fiordilatte) dibuat dari susu sapi segar yang dipasteurisasi, atau juga tidak dipasteurisasi.
  • Mozzarella dengan kadar air rendah, dibuat dari susu skim utuh atau sebagian, dan banyak digunakan dalam industri jasa makanan.
  • Mozzarella asap (affumicata) disebut demikian untuk perlakuan yang diterima yang memberikan bau dan rasa yang sangat khusus.
  • Mozzarella segar biasanya berwarna putih dalam tampilan visualnya yang umum, tetapi warna ini dapat bervariasi secara musiman hingga kuning yang sangat ringan tergantung pada makanan spesifik yang digunakan untuk memberi makan hewan tersebut.

Mozzarella adalah keju semi-lunak dan secara tradisional disajikan sehari setelah produksi, tetapi dapat disimpan di dalam air garam selama seminggu, atau bahkan lebih jika dijual dalam kemasan tertutup vakum. Mozzarella dengan kelembapan rendah juga dapat disimpan di lemari es hingga satu bulan. Hal ini juga digunakan untuk berbagai jenis pizza dan banyak hidangan pasta yang sangat terkenal dan lezat, tetapi dapat juga disajikan dengan irisan tomat dan basil dalam “insalata caprese” yang sangat khas.

Etimologi Nama dan Tempat Pelatihan Keju Mozarella Online

Nama “mozzarella” disebutkan dalam buku masak yang ditulis oleh Bartolomeo Scappi pada tahun 1570: Krim susu, mentega segar, keju ricotta, mozzarella segar dan susu.

Nama tersebut berasal dari dialek Napoli (dari Napoli, ibu kota Campania) dan merupakan bentuk kecil dari “mozza”, seperti yang kita lihat, berarti “memotong” atau, jika Anda ingin dari kata kerja “mozzare” (memotong) dan itu menggambarkan teknik mengolah pasta yang berasal dari susu.

Keju yang sangat mirip adalah “scamorza” yang mungkin berasal dari scamozzata yang secara harfiah berarti “tanpa baju”, mengacu pada penampilan keju ini “tanpa” penutup permukaan keras yang khas dari banyak keju kering lainnya.

Jenis

Mozzarella di bufala campana seperti yang disebutkan sebelumnya adalah kualitas khusus yang dibuat dari susu kerbau. Ini dibuat di area tertentu di wilayah Lazio dan Campania, Italia.

Tidak seperti jenis lain, yang dapat berasal dari susu non-Italia dan seringkali susu semi-koagulasi, mozzarella kerbau memegang status “Denominazione di Origine Protetta” (penunjukan asal yang dilindungi – PDO 1996) di bawah Uni Eropa, Sementara pada tahun 1996 mozzarella diakui sebagai Specialit√† Tradizionale Garantita (STG) yang diterjemahkan berarti “Keistimewaan Tradisional Dijamin”.

Fior di latte atau hanya Fiordilatte adalah mozzarella yang dibuat hanya dari susu sapi (bukan dari susu kerbau). Kualitas produk ini lebih rendah dibandingkan dengan produk dari susu kerbau dan akibatnya harga mozzarella jenis ini juga lebih murah. Untuk itulah sertifikasi label selalu penting karena, terutama di luar negeri, tidak jarang ditemukan mozzarella yang tidak diberi label dengan jelas karena berasal dari susu kerbau yang dibuat dari susu sapi.

Komposisi

Anda dapat menemukan dua jenis mozzarella: Segar atau sebagian kering. Yang masih segar biasanya berbentuk bola-bola seberat 80-100 gram, dengan diameter yang biasanya tidak lebih dari 5-6 sentimeter. Merek tertentu tetap dapat membuat bola yang dapat mencapai 1 kilogram dengan diameter sekitar 10-12 sentimeter. Versi segar ini biasanya direndam dalam air garam (brine) atau whey, jarang dengan penambahan asam sitrat.

Mozzarella yang dikeringkan sebagian lebih padat, biasanya digunakan untuk menyiapkan hidangan yang dimasak dalam oven, seperti pasta al forno dan pizza. Dimungkinkan untuk memutar pasta filante sehingga bentuk akhirnya adalah anyaman, jenis mozzarella ini disebut treccia dan dapat memiliki panjang sesuai dengan yang diinginkan. Minggu 13 Juni 2006 setelah 6 jam kerja, Avellino memenangkan Rekor Dunia Guinness dengan treccia mozzarella terpanjang di dunia, yaitu 106,16 meter. Tetapi biasanya dimensinya dari beberapa sentimeter hingga beberapa desimeter.

Jenis lain yang menarik dan sangat khas adalah mozzarella affumicata yang merupakan varietes asap, sangat enak dan berwarna coklat muda karena asap yang ada di permukaan keju.

Nodini adalah jenis lain dari mozzarella. Istilah tersebut berarti simpul kecil dan sebenarnya bentuknya dibuat dengan menenun pasta filante dan ukurannya biasanya sekitar 3-4 cm. Mirip dengan bocconcini, tetapi dengan bentuk simpul yang unik, keju ini memberikan tekstur yang lebih bagus dan kemampuan untuk mengekspos lebih banyak permukaan dengan volume yang hampir sama.

Mozzarella sfoglia, secara harfiah mozzarella sheet adalah keju yang terinspirasi oleh kue puff tradisional; terutama di Puglia, ini adalah basis tradisional untuk persiapan resep manis dan gurih, membuat hidangan panas dan dingin.

Beberapa varian mozzarella secara khusus diformulasikan untuk pizza: memasak mozzarella adalah keju mozzarella dengan kadar air rendah seperti yang Anda pahami, keju ini mengandung lebih sedikit air daripada yang asli.

Mozzarella dapat dibentuk dengan cara yang sangat khusus dan bentuk artistik seperti gajah, babi, boneka, yang banyak diproduksi di Italia Selatan. Tujuan dari ide ini adalah untuk mengalihkan perhatian anak-anak yang mungkin dari makan junk food/permen dan sebagainya untuk camilan dan fokus pada kalsium tinggi dan keju sehat sebagai gantinya, tetapi tetap menjaga kesenangan dan minat yang tinggi.

Burrata yang berarti mentega: Ini adalah keju segar yang terdiri dari kantong mozzarella, bukan bola, diisi dengan mousse susu yang lembut. Saat Anda menggigitnya, isiannya mengalir keluar dengan lembut, ini sangat lezat.

Produksi

Mozzarella di bufala secara tradisional dibuat secara eksklusif dari susu kerbau domestik. Proses inti dimulai dengan whey starter yang ditambahkan dari batch sebelumnya yang mengandung bakteri termofilik. Susu dibiarkan matang agar bakteri berkembang biak.

Setelah proses ini kami menambahkan rennet yang sebagai aturan khusus untuk mengentalkan susu. Ketika koagulasi selesai dadih dipotong-potong besar dan dibiarkan, dengan cara ini dadih mengeras.

Proses tersebut biasa disebut penyembuhan, kemudian dadih dipotong-potong besar lainnya, diaduk dan dipanaskan untuk memisahkan dadih sendiri dari whey. Whey dikeringkan dan dadih ditempatkan dalam lingkaran khas untuk membentuk massa padat dan dibiarkan sampai pH sekitar 5,5. Ini adalah indikator bahwa keju dapat diregangkan dan diremas untuk menghasilkan konsistensi yang lembut untuk membuat pasta filata.

Pembuat keju mengaduknya dengan tangannya, seperti pembuat roti yang membuat roti, sampai dia mendapatkan pasta yang halus dan mengkilat, untaian yang dia tarik keluar dan potong, membentuk mozzarella individu. Hal ini bisa Anda dapatkan ketika mengikuti kursus membuat keju di tempat pelatihan keju mozarella. Untuk itu, Anda bisa langsung tempat pelatihan keju mozarella pilihan Anda.

Demikian informasi tentang sejarah mozzarella dan jika tertarik Anda bisa mencari informasi tempat pelatihan keju mozarella online di sekitar tempat Anda.