Seperti Apakah Resep Makanan Khas Belanda?

Tidak hanya sarapan dan makan siang, juga makan malam adalah aspek penting dari budaya negara mana pun. Orang Belanda seperti dalam aspek kehidupan lainnya ingin makan malam dan tentunya dengan salah satu resep makanan khas Belanda yang seefisien mungkin.

Orang Belanda sering menganggap makan siang sebagai urusan cepat, memakan roti secepat mungkin sebelum kembali bekerja. Apa yang bisa Anda harapkan dari sesuatu yang lebih intim, seperti makan malam? Sebagai contoh:

Jam berapa Anda harus sampai di sana?

Apa norma dan tata krama?

Jenis makanan apa yang harus Anda antisipasi?

Norma dan etiket untuk makan malam.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang tata krama meja di Belanda serta tata krama sebelum makan.

Waktu kedatangan untuk makan malam di Belanda

Budaya di seluruh dunia memiliki waktu yang berbeda-beda dalam hal makan malam. Orang Belanda suka memulai lebih awal, biasanya antara jam 5 sore dan 6 sore.

Ada penjelasan sejarah untuk waktu makan malam yang awal ini. Waktu makan malam dan makan siang dipengaruhi oleh keadaan sosial ekonomi abad ke-19.

Kelas sosial yang lebih rendah akan makan makanan hangat sekitar tengah hari, sedangkan kelas yang lebih tinggi akan makan pada jam 3 sore. Dengan diperkenalkannya pekerjaan pabrik, orang-orang kelas pekerja tidak lagi punya waktu untuk pulang ke rumah untuk makan.

Di sisi lain, keluarga kelas menengah, mulai abad ke-20, memindahkan makanan hangat mereka dari jam 3 sore ke jam 6 sore sehingga perempuan kelas menengah bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik dari kemungkinan berbelanja, karena pusat perbelanjaan mulai bermunculan di sekitar kota.

Beberapa Contoh Resep Makanan Khas Belanda

Kibbeling dan Lekkerbekje

Kibbeling adalah jajanan pasar yang merupakan resep makanan khas Belanda. Ini adalah potongan ikan goreng dengan saus tartar, inilah jawaban Belanda untuk fish and chips. Kata kibbeling biasanya mengacu pada pipi ikan cod yang merupakan bagian penting dari resep makanan khas Belanda pada abad ke-19.

Sebelumnya, sekitar awal 1800-an, istilah ini mengacu pada bagian sisa ikan termasuk kepala yang biasanya diberikan kepada orang miskin, tetapi pada tahun 1849, istilah ini hanya mengacu pada pipi ikan cod. Pada tahun 1950-an, seorang penjual ikan dari IJmuiden mendapat ide cemerlang untuk membuat pipi ikan cod dan menjualnya sebagai camilan kepada turis. Dan dengan cepat menjadi populer.

Lekkerbekje adalah bentuk kibbeling yang tidak dipotong-potong. Biasanya disajikan dengan patatje oorlog, yaitu kentang goreng kental dengan mayo. Jika Anda suka kibbeling, Anda juga wajib mencoba kerang goreng, biasanya disajikan di warung yang sama dengan kibbeling. Mungkin Anda tidak pernah berpikir untuk makan kerang goreng sebelumnya, terutama yang tidak hancur, tapi rasanya sangat enak.

Hollandse Nieuwe atau Haring (Herring)

Hampir menjadi simbol Belanda, herring mentah adalah hidangan yang sangat populer. Jangan takut mentah, karena sangat enak dan ditaburi bawang. Dan itu tidak benar-benar mentah. Ikan haring telah dibersihkan dan diasinkan untuk mengawetkannya.

Anda juga dapat mencoba broodje haring yang merupakan sandwich ikan haring atau makan ikan tanpa tulang dengan acar. Anda akan menemukan ikan haring dijual di gerobak yang disebut haringhandels di mana-mana. Secara tradisional, waktu terbaik untuk menikmati ikan haring adalah antara bulan Mei dan Juli ketika benar-benar manis.

Cara memakannya dengan cara tradisional, yaitu dengan memegang ekor ikan lalu angkat ke atas, miringkan kepala Anda ke belakang dan gigit ke atas ikan haring ini.

Erwtensoep atau Snert

Hampir setiap negara di planet ini memiliki beberapa versi sup kacang polong. Versi Belanda telah ditambahkan ke daftar warisan budaya takbenda Belanda pada tahun 2019.

Dimakan secara tradisional di musim dingin, snert atau erwtensoep adalah sup kacang yang sangat kental yang dibuat dengan kacang polong. Erwtensoep biasanya dibuat dengan celeriac, daun bawang, bawang bombay, wortel, kentang dan daging babi. Tepat sebelum sup disajikan, irisan tipis sosis asap yang disebut rookworst ditambahkan ke atas sup ini. Bacon, mentega, keju atau roggerbrood (roti gandum hitam) disajikan bersama.

Sup kental ini sangat populer sehingga ada kejuaraan dunia snert yang diadakan di Groningen setiap tahun sejak 1995. Di musim dingin, Anda akan menemukan snert atau erwtensoep yang dijual di salah satu kios koek-en-zopie di sekitar Belanda.

Frikandel

Sosis bergaya hot dog yang panjang, digoreng dan tanpa kulit ini adalah camilan tradisional di Belanda. Terbuat dari daging ayam giling, sapi atau babi yang dicampur dengan pala, fuli, merica atau fuli, sosis ini dulu disebut frikadel. Mengacu pada bentuknya penulis drama Belanda PC Hooft menyebutnya sebagai resep untuk perawan tua.

Sosis bergaya hot dog yang panjang ini sering disajikan dalam roti panjang atau broodje, atau dengan kentang goreng, bawang mentah, selada, mayo dan Currygew├╝rzketchup. Saat disajikan dengan mayo, saus kari dan potong dadu bawang bawang, itu disebut frikandel special.

Sosis panjang goreng yang unik tanpa kulit ini merupakan camilan populer yang banyak dikonsumsi di Belanda, juga di Belgia. Ada perselisihan panjang apakah frikandel berasal dari Belgia atau Belanda. Meskipun asal pasti frikandel tidak diketahui, dapat dipastikan bahwa hidangan tersebut pertama kali muncul pada tahun 1950-an.

Sosis frikandel asli terdiri dari berbagai daging, paling umum daging babi, ayam dan kuda. Karena akhir-akhir ini makan daging kuda terkadang dianggap tabu, sebagian besar produsen tidak lagi menggunakan daging kuda dalam resep mereka. Secara tradisional, disajikan polos dengan sesendok mayones di sampingnya.

Namun, dapat disajikan sebagai broodje frikandel, di mana sosis disajikan dalam roti putih atau sebagai frikandel khusus ketika sosis diiris di tengah dan disiram dengan mayones, saus kari, dan bawang cincang halus. Frikandel sering dapat ditemukan di berbagai bar makanan ringan dan kentang goreng di seluruh Belgia dan Belanda.

Contoh Lain Dari Resep Makanan Khas Belanda

Hachee

Hidangan tradisional Belanda ini adalah rebusan ikan, daging, unggas atau sayuran. Hidangan itu mungkin dibuat ketika daging dimasak dalam kuali besi besar dan kemudian dimasak dengan cuka atau anggur untuk melunakkan daging. Daun salam, cengkeh, mentega apel dan roti sarapan ditambahkan, dan hidangan disajikan dengan nasi atau kentang.

Berasal dari kata Prancis hacher, yang berarti menggiling atau memotong, asal-usulnya tidak diketahui. Ini mungkin berasal dari Abad Pertengahan sekitar waktu yang sama dengan hutspot, dan sering dimakan dengannya.

Resep :

Bahan

  • 80 gram mentega
  • 800 gram daging sapi rebus yang dikeringkan dengan handuk dapur
  • 600 gram bawang bombay cincang
  • 500 mililiter kaldu sapi dari kubus kaldu
  • 250 mililiter anggur merah
  • 2 sendok makan cuka
  • 2 lembar daun salam
  • 5 buah cengkeh
  • 40 gram tepung terigu serbaguna
  • Garam
  • Lada
  • Daging sapi hachee

Langkah pembuatan

  • Lelehkan mentega dalam oven
  • Tambahkan daging sapi rebus, masak selama 5 menit
  • Tambahkan bawang cincang dan masak selama 10 menit sampai bawang melunak
  • Tambahkan tepung, aduk selama 1 menit
  • Tuang kaldu, cuka, daun salam, cengkeh dan bumbui dengan garam dan lada.
  • Tutup dan masak dengan api kecil selama kurang lebih 2 sampai 4 jam, tergantung dagingnya, sampai dagingnya hancur.
  • Sajikan dengan kentang tumbuk atau rebus dan asinan kubis merah

Demikian adalah beberapa contoh dari resep makanan khas Belanda yang bisa Anda gunakan.