Jasa Pembuatan Kubah Masjid, Profesional Membangun Beragam Jenis Kubah!

Kualitas ibadah bukan hanya ditentukan pada iman dan takwa, tetapi juga tempat pelaksanaannya. Sebagai umat Islam, kita mengenal bahwa beribadah di masjid merupakan hal yang utama. Karena memang masjid dirancang khusus sebagai tempat ibadah umat Islam. Bentuk atapnya yang unik dan beda dari rumah pada umumnya, merupakan hasil karya jasa pembuatan kubah masjid yang profesional.

Bagi masyarakat luas, adanya kubah masjid menjadi tanda bahwa bangunan tersebut merupakan tempat ibadah umat Islam. Ini menjadi sangat langka dan paling banyak dicari saat Anda berada di luar negeri dimana muslim masih minoritas. Kubah masjid yang tinggi memudahkan kita untuk menemukannya dari jarak yang jauh sekalipun.

Ragam Jenis Kubah Produksi Jasa Pembuatan Kubah Masjid

Selain sebagai penanda keberadaan masjid, kubah juga memiliki fungsi sebagai penanda arah kiblat dan membuat ruangan di dalam masjid menjadi lebih terang. Letaknya yang tinggi dengan ukuran yang besar, tak lain untuk membuat jamaah merasa nyaman saat beribadah di dalam masjid.

Selama ini kita mengenal kubah masjid lebih banyak yang berbentuk setengah bola dengan bagian tengah yang meruncing ke atas. Tahukah Anda bahwasanya kubah masjid ini terdiri atas beberapa jenis?

Jika belum, yuk simak ulasan kami di bawah ini tentang jenis-jenis kubah masjid berdasarkan bahan pembuatannya!

  1. Kubah Galvalum 

Nama Galvalum merupakan perpaduan dari beberapa bahan material utamanya, yakni aluminium, zinc dan silikon. Material tersebut terbukti kokoh hingga puluhan tahun, daya terhadap derajat panas yang tinggi dan tidak mudah korosi atau berkarat.

Penutup atap berbahan Plat Zyncalume / Galvalume memiliki ketebalan sebesar 0,4 – 0,5 mm, finishing cat duco dengan 3 tahap coating, epoxy, warna pokok dan clear dengan pemanasan system oven suhu 230° – 250°Celcius sehingga menghasilkan ketahanan warna hingga 5 – 10 tahun.

Selain sebagai kubah masjid, Galvalum juga dimanfaatkan sebagai atap rumah, yang meliputi genteng metal, trimdek dan spandek. Talang rumah juga banyak yang menggunakan Galvalum sebagai bahan dasarnya.

Galvalum termasuk bahan material yang mudah dibentuk. Bentuknya seperti panel-panel yang kemudian disatukan menjadi sebuah kubah. Setelah melapisinya dengan cat, maka Galvalum ini akan semakin awet.

  1. Kubah Enamel 

Kubah enamel tak jauh berbeda dengan teflon. Tahukah Anda apakah bahan dasar teflon itu?

Teflon terbuat dari serbuk kaca yang telah dicairkan kemudian dilekatkan pada plat, lalu dipanggang dalam oven pada suhu 800 derajat Celcius.

Salah satu kontraktor kubah masjid membuat kubah enamel dengan spesifikasi, penutup atap berbahan plat baja SPCC SD (Low Carbon Steel) dengan ketebalan antara 0,9 – 1 mm, finishing coating Enamel By PT. MASPION dimana pemanasan oven dengan suhu 800° – 900°Celcius mampu menghasilkan ketahanan warna hingga 20 – 25 tahun.

Ketahanan kubah enamel ini patut diacungi jempol, karena tahan terhadap goresan dan panas api, kecerahan warnanya bahkan mampu bertahan lama tanpa perlu perawatan.  

  1. Kubah Stainless Gold

Stainless merupakan bahan yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, bahkan mancanegara. Bahan yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai material utama pembuatan alat-alat makan dan rumah tangga, seperti sendok, garpu, spatula, mangkuk, cangkir dan lain sebagainya.

Sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Pasalnya alat-alat rumah tangga tersebut bisa kita gunakan dalam jangka panjang, tanpa khawatir terkena korosi atau berkarat asalkan perawatannya benar.

Kubah stainless gold ini terdiri atas penutup atap berbahan Plat Stainless Steel 304 Gold yang didesain khusus dengan pewarnaan dari pabrik serta memiliki keistimewaan dan ciri khas mengkilap dengan desain futuristik, ringan dan awet.

Anti karat pada kubah stainless gold ini dihasilkan karena adanya kandungan kromium di dalamnya. Jenis kubah ini termasuk yang cukup terjangkau karena produksinya tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal. 

  1. Kubah Beton 

Beton memang dikenal sebagai bahan material yang kuat, kokoh dan tahan terhadap panas dan hujan. Itulah sebabnya beton banyak dimanfaatkan sebagai pembuatan jalan utama seperti jalan propinsi dan jalan nasional, serta konstruksi bangunan.

Rupanya jasa pembuatan kubah masjid juga memanfaatkan beton sebagai bahan dasarnya. Selain karena kekuatannya, kubah beton ini termasuk yang mudah dilapisi dengan beraneka motif sehingga membuatnya terlihat lebih indah.

Sayangnya kubah beton memiliki berat yang lumayan, sehingga memerlukan banyak tenaga untuk memasangnya. Belum lagi biaya produksi yang terbilang cukup tinggi.

Itulah 4 jenis kubah masjid berdasarkan materialnya yang paling sering kita temui di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Jika Anda ingin memesan kubah masjid, pastikan pemilihannya berdasarkan beberapa pertimbangan berikut ini.

Cara Memilih Jasa Pembuatan Kubah Masjid, Pilihan Tepat Hasil Maksimal!

Penyedia jasa pemesanan kubah masjid memang sudah cukup banyak di kota-kota besar. Dimana pembangunan masjid di daerah sekitarnya sedang gencar-gencarnya. Saking banyaknya penyedia jasa ini, Anda harus jeli dalam memilih salah satu di antaranya.

  1. Tentukan desain kubah masjid yang sesuai dengan kapasitas bangunannya.
  2. Pilihlah jenis kubah masjid yang bahannya kuat dan tahan lama untuk jangka panjang. Bila perlu pilih yang non-perawatan tapi tetap awet. 
  3. Gunakan pewarnaan yang sesuai dengan kondisi iklim di daerah setempat.
  4. Lakukan pemasangan pada saat cuaca cerah. Bila hujan sebaiknya urungkan karena dapat membahayakan keselamatan tim kerja.
  5. Awasi semua tahap pemasangannya dan cek dengan teliti seluruh detailnya baik eksterior maupun interiornya.

Lebih dari itu, pemilihan jenis kubah masjid ini haruslah sesuai dengan budget yang tersedia. Sehingga tidak akan memberatkan pihak manapun. Tak apa bila kemampuan kita masih sederhana, karena yang terpenting adalah kenyamanan dan kelayakannya.

Jasa pembuatan kubah masjid yang berpengalaman pasti bisa memberikan Anda referensi terbaik terkait ragam desain yang cocok dan sesuai dengan bangunan yang sudah berdiri, seperti yang terdapat dalam situs kami. Di sana Anda akan mempelajari segala hal terkait kubah masjid.

Tak sampai di situ, PT Anugerah Kubah Indonesia di sini merupakan penyedia jasa pemesanan aneka kubah masjid yang memberikan banyak fasilitas bagi pelanggannya. Seperti garansi pasca pemasangan sebagai bentuk komitmen kami dalam menjamin kualitas kubah masjid terbaik.

Selain itu, kami juga berusaha memahami posisi pelanggan sebagai pengelola pembangunan masjid yang mana kebanyakan merupakan swadaya masyarakat, sehingga kami memberikan keringanan tahapan pembayaran yang bisa dicicil dalam beberapa termin.

Bahkan untuk beberapa kasus tertentu, ada program free kubah masjid untuk masjid atau mushola yang memang dinilai sangat membutuhkan uluran tangan.

Kubah masjid produksi kami dibuat dari bahan material yang berkualitas tinggi, sudah terbukti uji kualitasnya dan banyak pilihan desain yang menarik lain dari pada yang lain.

Yuk, langsung saja segera hubungi Customer Service kami untuk konsultasi atau pemesanan langsung!