Catat, Perlengkapan Haji Plus Pria dan Wanita

Haji merupakan rukun islam yang ke 5, termasuk juga zakat dan ibadah haji menjadi suatu keinginan terbesar setiap muslim. Ada banyak keutamaan dan hadits yang menjelaskan kemuliaan jika bisa ke tanah suci mekah. Untuk itu mari siapkan mulai dari perlengkapan haji plus pria dan wanita.

Bagaimana Cara Berangkat Haji plus?

Saat ini sudah tersedia dua cara berangkat ke tanah suci, yaitu melalui haji plus dan regular, tentu saja syarat-syaratnya berbeda satu dengan yang lain. Tidak heran jika selalu ada plus minus pada kedua pilihan tersebut, tinggal bagaimana kesanggupan Anda saja.

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika sudah menyatakan berangkat ke tanah suci, seperti halnya tabungan yang sudah mencukupi, kesehatan yang baik, kesiapan mental dan tenaga dan tentunya perlengkapan yang tidak boleh tertinggal.

Apa pentingnya Mempersiapkan Perlengkapan Haji Plus Pria dan Wanita

Untuk anda yang sebentar lagi memperoleh panggilan dari Allah SWT ke baitullah untuk menunaikan ibadah haji ataupun umroh, pastinya mulai disibukkan dengan mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan yang akan dibawa ke tanah suci.

Lantas kenapa hal ini menjadi penting?

  1. Dilihat dari Segi Waktu Ibadah Haji Plus dan Umroh

Haji plus membutuhkan waktu sampai 26 hari, lama ibadah di Mekkah sekitar 20 hari, menuju Arafah- Mina 4 hari, kemudian Madinah 6 hari. sedangkan umroh hanya membutuhkan waktu 9 sampai 12 hari saja, sedangkan haji reguler 40 hari. Anda bisa membawa 3 sampai 4 stel.

  1. Dari segi Tempat

Tempat yang akan didatangi ketika melakukan ibadah haji fasilitas plus adalah Makkah, Mina, Arafah, Muzdalifah, Madinah. Dengan waktu yang hanya 26 hari Anda harus mempersiapkan stamina dan mental yang baik agar tetap sehat sampai tiba kembali ke tanah air. Sedangkan umroh hanya akan ke Makkah Madinah saja.

List perlengkapan Haji Plus Pria dan Wanita yang akan Dibawa

Perlengkapan haji fasilitas plus pria dan wanita harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, ini memudahkan Anda agar tidak ada kendala saat sudah sampai di bandara atau tempat tujuan, tertinggal satu barang saja bisa membuat rencana ibadah haji menjadi tidak khusyu.

Berikut beberapa yang harus dipersiapkan:

  1. Dokumen-dokumen dan Uang

Hal penting utama yang harus dibawa saat ibadah haji fasilitas plus ialah dokumen berupa paspor, kartu kredit bagi yang punya, dokumen haji berupa buku kesehatan , catatan bukti setor BPIH, SPMIH, kartu berlogo visa, tidak lupa beberapa lembar mata uang setempat. Barang-barang ini bisa Anda letakkan di tas.

Keuntungan bagi Anda yang ikut dalam program haji fasilitas plus adalah tidak perlu repot-repot lagi membawa alat-alat makan atau tidur, biasanya pihak travel akan bekerja sama mencarikan hotel yang sudah terpercaya serta dekat dengan lokasi ibadah yang sedang dilakukan.

  1. Pakaian Perlengkapan Busana

Membawa pakaian juga disesuaikan saja dengan keperluan. Setelah mengetahui berapa lamanya untuk beribadah haji, Anda bisa menyesuaikan jumlah busana yang akan dibawa. Baju yang dibawa saat ibadah haji bernama kain ihram, jangan lupa sabunnya juga.

Carilah kain ihram yang berkantong agar bisa untuk menyimpan jam tangan atau uang, bawa juga legging khusus untuk berwudhu, baju tidur panjang, daleman bergo atau kerudung instan yang tidak terlalu ribet. Nah bagi Anda yang merasa oversize pastikan pakaian ihram yang dipakai tidak ketat.

  1. Perlengkapan Komunikasi dan Internet

Perlengkapan lainnya yang penting dibawa tentunya alat komunikasi. Saat tiba di bandara Arab Saudi, anda harus membeli nomor setempat agar bisa lancar menggunakan HP. Biasanya banyak yang menggunakan saudi mobily, zanily. Untuk aplikasi pilih skype.

Menurut review skype adalah layanan aplikasi dengan suara paling jernih. Jangan lupa bawa juga BB untuk jaga-jaga lowbat saat di perjalanan. Lalu ada kamera dokumentasi, tidak terlalu penting karena ada hp, kemudian ada universal converter plug ( colokan international) .

  1. Perlengkapan Mandi dan Make Up

Agar tetap nyaman berada di negara orang dengan jangka waktu yang lumayan lama, Anda bisa membawa perlengkapan mandi dari rumah, usahakan taruh dalam satu wadah saja agar praktis dan tidak berceceran di koper, kemudian alat rias atau make up pribadi. Bawa seperlunya saja.

Kecuali Anda memiliki rencana liburan tambahan setelah dari tanah suci mekkah. Nah keuntungan bagi Haji fasilitas plus, biasanya hotel sudah menyediakan perlengkapan mandi yang lengkap, jadi tinggal bawa tambahannya saja.

  1. Perlengkapan Obat-obatan

Terakhir dan yang tidak boleh dilupakan adalah perlengkapan obat-obatan pribadi. Cuaca yang berbeda, iklim dan suhu bisa mempengaruhi kesehatan, antibodi yang lemah akan beresiko mengganggu ibadah Anda.

Intinya, walaupun Anda masuk kuota jamaah haji plus tetap saja harus menyiapkan perlengkapan obat sendiri yang cocok di tubuh. Dengan begitu, kenyamanan dan kekhusukan dalam beribadah tetap terjaga.