Langkah langkah mendaftar CPNS rangkuman dari Bimbel CPNS

Beberapa bulan lagi seleksi CPNS 2021 akan segera dilaksanakan dan digelar oleh Pemerintah Indonesia. Bagi anda yang sudah menantikannya, sekarang adalah saatnya untuk mulai mempersiapkan diri dengan mengetahui dan melengkapi syarat-syarat, dokumen, serta pengetahuan dan pengalaman dalam mengerjakan tes dan soal-soal CPNS.

Pada tahun 2020 ini, pendaftaran CPNS memang tidak dilaksanakan. Maka dari itu, pada tahun 2021 mendatang, pelamar CPNS diprediksi akan jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga persaingan menjadi lebih ketat.

Untuk itu, sebaiknya anda mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tidak kalah bersaing dengan pelamar lainnya. Mulailah dengan mengetahui berbagai informasi penting yang akan saya bahas kali ini. Kemudian jangan lupa untuk mengikuti Bimbel CPNS utuk menambah pengetahuan dan pengalaman anda.

Syarat Umum yang perlu Anda ketahui untuk mendaftarkan diri pada Tes CPNS 2021

Berikut syarat umum untuk daftar CPNS 2021 beberapa bulan mendatang:

  1. Pelamar Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia Pelamar paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun, kecuali formasi atau jabatan tertentu.
  3. Pelamar Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana atau kasus narkoba
  4. Pelamar Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah
  5. Pelamar Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  6. Pelamar Tidak menjadi Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis
  7. Pelamar Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): lulusan perguruan tinggi negeri minimal 2,75 dan lulusan perguruan tinggi swasta minimal 3,00
  8. Pelamar Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun, minimal 10 tahun sejak TMT CPNS.
  9. Bagi Pelamar yang merupakan lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat kelulusan
  10. Bagi Pelamar yang merupakan lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri telah memperoleh penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang pendidikan tinggi
  11. Pelamar Menguasai Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil TOEFL / TOEFL Prediction dalam 2 tahun terakhir dengan nilai minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45/TOEIC minimal 405/IELTS minimal 5,5)
  12. Pelamar pria dilarang memiliki tato dan tindik.
  13. Pelamar wanita dilarang memiliki tato
  14. Pelamar Memiliki Kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  15. Pelamar sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar
  16. Pelamar berkelakuan baik
  17. Pelamar bebas narkoba
  18. Pelamar bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain

Setelah mengetahui berbagai presyaratan umum yang wajib dipenuhi oleh setiap peserta, kini saatnya anda mengetahui langkah-langkah atau cara mendaftarkan diri untuk mengikuti Tes CPNS yang telah dirangkum oleh Bimbel CPNS.

Inilah Cara Daftar CPNS yang telah dirangkum oleh Bimbel CPNS

  1. Buka website resmi BKN di https://sscn.bkn.go.id/
  2. Klik ikon kolom ‘Pahami Tata Cara Registrasi’, biasanya ada di bagian kiri-bawah halaman utama
  3. Klik tulisan ‘Pelamar harus membaca dan memahami tata cara registrasi SSCN (tahun) yang dapat dilihat di sini’
  4. Setelah masuk halaman ‘Alur Registrasi’, klik download ‘Buku Petunjuk Pendaftaran SSCN (tahun)’
  5. Buat akun SSCN dan lengkapi setiap dokumen yang diminta
  6. Log In ke SSCN, menggunakan password dan NIK yang telah didaftarkan
  7. Lakukan ‘Daftar Instansi’
  8. Cek ‘Resume’
  9. Kirim ‘Data’
  10. Cetak ‘Kartu Pendaftaran SSCN’

Dokumen yang Harus Dilampirkan saat Melakukan Daftar Instansi

Pada saat mendaftar Instansi, banda akan diminta untuk menlampirkan berbagai dokumen yang diperlukan sesuai dengan instansi yang anda lamar, kurang lebih dokumen yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) 200 kb / jpeg, jpg
  • Ijazah 700 kb / .pdf
  • Transkrip Nilai 500 kb / .pdf
  • Pas foto 200 kb / jpeg, jpg
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar 700 kb / .pdf

Tips Daftar CPNS di SSCN.BKN.go.id dengan Mudah tanpa Kendala

Bimbel CPNS telah merangkum tips yang bisa anda gunakan agar proses pendaftaran lancar tanpa kendala. Salah satunya dengan perhatikan ketentuan dan syarat yang berlaku. Nah, selain itu, simak beberapa tips berikut ini:

  1. Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan, cek kembali satu per satu sebelum mengklik “Ya” sebab ketika anda sudah mengklik “Ya” pada kolom penyelesaian, anda tidak dapat mengubah data kembali
  2. Pastikan semua ukuran dokumen yang diunggah sesuai dengan ketentuan yang diminta agar tidak gagal saat upload
  3. Gunakan foto khusus untuk pass photo sesuai ketentuan yang diminta
  4. Perhatikan batas waktu terakhir pendaftaran, usahakan lengkapi semua dokumen dari jauh-jauh hari karena jika waktu sudah mepet di akhir batas waktu, biasanya trafik websitenya akan membludak dan bisa saja down sehingga sulit untuk di akses.
  5. Pilihlah instansi sesuai dengan riwayat jurusan pendidikan yang anda ambil
  6. Baca dengan baik dan pahami Buku Petunjuk Pendaftaran SSCN yang sudah anda download
  7. Catat e-mail dan password yang digunakan saat mendaftar agar tak lupa saat hendak melakukan login
  8. Pantau kabar selanjutnya, jika sudah diterima , segera cetak Kartu Ujian SSCN

Nah, setelah itu anda akan menghadapi berbagi tahapan tes CPNS sebagai berikut:

  1. Seleksi Administrasi
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan bobot 40% menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Ilntelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bobot 60% yang terdiri dari tes atau ujian berbeda-beda sesuai dengan formasi atau jabatan yang di lamar.

Jangan pernah remehkan satupun tahapan tes CPNS karena bisa saja hal tersebut yang akan menyebabkan anda gagal. Sudah banyak orang yang gagal dalam seleksi Admnistrasi akibat tidak menyertakan persyaratan atau dokumen sesuai dengan yang diminta.

Banyak juga yang gagal dalam seleksi Kompetensi Dasat dan Seleksi Kompetensi Bidang karena tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin saat akan menghadapi Tes CPNS. Ingat, CPNS hanya dibuka sekali dalam satu tahun. Jangan sia-siakan kesempatan yang akan datang beberapa bulan lagi.

Pastikan anda mulai mempersiapkan diri mulai dari sekarang, mulailah mengumpulkan dan melengkapi dokumen yang diminta.

Dan mulailah belajar untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk menghadapi tes CPNS, salah satunya dengan mengikuti Bimbel CPNS.

Salah satu Bimbel CPNS yang terbaik dan terpercaya di Newtonsix, jangan ragu untuk mengunjungi websitenya.anda bisa bertanya  dan berkonsultasi mengenai bimbel CPNS ini. Semoga sukses dan gapai cita citamu. Terima kasih