Aplikator ACP

Aplikator ACP

Dewasa ini, penggunaan Alumunium Composite Panel (ACP) mulai berkembang di berbagai sektor, termasuk pada desain hunian rumah, yangmana sering dipilih pecinta desain rumah minimalis. Sebelum memesan ACP, pastikan untuk mempercayakan penggunaan aplikator ACP pada jasa terpercaya. Lantas, bagaimana tahap pemasangan dan biaya yang harus Kamu siapkan? Simak ulasannya!

Material Dinding yang Umum Menjadi Lapisan Aplikator ACP

Aplikator-ACP

 Penggunaan alucopan pada sebuah bangunan dewasa ini mulai banyak digunakan. Tujuan penggunaan ACP pada suatu bangunan yaitu, dianggap dapat menonjolkan sisi artistik sebuah bangunan. Oleh karena itu, kini banyak bangunan seperti rumah sakit, hotel, dinas pemerintahan hingga gedung perkantoran mulai menggunakan material ini untuk desain bangunan.

Lantas, dinding apa saja yang biasanya dilapisi dengan ACP? Umumnya, dinding yang dilapisi dengan ACP yaitu dinding batu-bata serta dinding jenis beton. Namun proses perlakuan pada masing-masing jenis dinding yang akan dilapisi ACP juga berbeda-beda. Berikut akan dijeskan terlebih dahulu perlakuan pada masing-masing jenis dinding yang dilapisi ACP.

Pemasangan Alumunium Composite Panel (ACP)

Aplikator ACP pada dinding batu bata tentu berbeda dengan pemasangan ACP pada dinding beton. Pada dinding batu bata, sebelum dilakukan dilakukan pemasangan ACP, batu bata terlebih dahulu harus diplester dengan rapi. Plester tersebut berfungsi untuk memperkuat rangka konstruksi serta membuat ACP yang akan dipasang tahan lama pada sebuah konstruksi.

Untuk pemasangan ACP pada beton, Kamu tidak perlu menggunakan plester sebelum melakukan pemasangan ACP. Kamu dapat langsung melakukan pemasangan Alucopan pada dinding beton suatu konstruksi bangunan Kamu tanpa perlu ribet melakukan plester. Kemudian, bagaimana langkah dalam pemasangan ACP?

Secara umum, aplikator ACP dapat dibagi menjadi empat langkah, yang pertama melakukan pemasangam konstruksi rangka dudukan Aluminium Composite Panel pad bangunan, kemudian fabrikasi lembaran ACP, pemasangan lembaran ACP pada suatu konstruksi, dan yang terakhir, pemberian sealant pada sela lembaran ACP serta pembersihan.

Sebelum Kamu melakukan pemasangan aplikator ACP pada dinding, penting untuk memeriksa dan memastikan kembali sambungan las dan kekuatan sekrup pada besi hollow sudah terpasang dengan baik. Kamu harus memastikan terlebih dahulu besi hollow terpasang dengan kuat sebelum ACP ditempelkan. Fungsi dari besi hollow sebagai tempat untuk menempelkan ACP.

Tips Untuk Pemasangan Alumunium Composite Panel (ACP)

Ada beberapa tips yang penting untuk diperhatikan untuk mendapatkan hasil memuaskan ketika melakukan pemasangan ACP pada dinding. Ulasan kali ini juga akan memberikan informasi mengenai beberapa hal yang mungkin bermanfaat untukmu yang tertarik akan menggunakan atau memesan ACP untuk desain rumahmu atau bangunan yang bersifat komersial.

Tips yang pertama yang bisa kamu lakukan saat tertarik untuk menggunakan ACP pada desain suatu bangunan adalah dengan tidak asal dan tidak sembarangan memilih jasa pemasangan ACP. Penting untukmu menggunakan jasa pemasangan ACP yang profesional. Karena jasa yang profesional memiliki keterampilan dan pengalaman dibidang konstruksi dengan baik.

Tips yang kedua untuk memilih aplikator ACP untuk bangunanmu adalah memperhatikan jenis dinding apa yang akan dilapisi oleh ACP. Diawal sudah dibahas bahwa, jenis dinding batu bata dan beton memiliki langkah yang berbeda dalam hal pemasangannya. Jika jenis dinding terbuat dari batu bata, hendaknya terlebih dahulu dinding tersebut harus diplester sebelum dipasang ACP.

Selanjutnya, kamu harus memastikan kondisi dari ACP. Pastikan bahwa kondisi ACP tetap aman selama proses pengiriman menuju rumahmu. Oleh sebab itu, ada baiknya harus memperhatikan peletakan posisi dari ACP. Sebaiknya, letakkan ACP dengan posisi mendatar pada saat proses pengiriman, agar tidak mudah rusak.

Dalam sistem pemasangan ACP, terdapat dua cara yaitu cara tekuk dan sistem kupas. Masing-masing pemasangan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam proses pemasangan aplikator ACP dengan cara tekuk, dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, serta ACP harus ditekuk secara seragam, dan hanya dilakukan satu kali saja.

Sedangkan dalam pemasangan dengan cara sistem kupas, umumnya cukup memakan waktu yang lama. Akan tetapi dalam proses pemasangan dengan cara sistem kupas ini memiliki kelebihan dibandingkan cara tekuk, yaitu ACP yang terpasang akan lebih kuat dan tidak mudah roboh, dibandingkan dengan cara tekuk. Kelemahannya, waktu yang dibutuhkan relatif lama.

Pembersihan Eksterior ACP Gedung

Setelah ACP pada gedung terpasang, proses selanjutnya yaitu menjaga tampilan luar gedung yang telah terpasang aplikator ACP tetap bersih, sehingga tampak glossy. Oleh sebab itu, pemeliharaan dari ACP gedung harus dilakukan secara berkala. Selain bertujuan agar dinding gedung tetap bersih, menghilangkan noda dapat membuat lapisan APC bebas dari korosi.

Lantas, berapa waktu yang ideal untuk perawatan dan pembersihan dari ACP gedung? Perawatan dan pembersihan ACP ini tergantung pada keadaan lingkungan tempat gedung tersebut dibangun. Tingkat rutinitas perawatan dan pembersihan ini dipengaruhi oleh keadaan lingkungan tempat bangunan berdiri. Kondisi ini termasuk perubahan cuaca dan level polusi.

Mereka yang bergerak di bidang pembersihan aplikator ACP ini punya aturan umum yang wajib diikuti, yaitu petugas dilarang untuk menggunakan bahan pembersih yang mengandung zat dengan sifat korosif terhadap material aluminium untuk satu tahun minimal dinding dengan panel aluminium komposit harus dibersihkan satu tahun sekali.

Adapun tahapan dalam pembersihannya dilakukan yang pertama yaitu permukaan panel disiram dengan air yang banyak. Tujuan dari proses ini adalah untuk membasahi seluruh permukaan. Proses pembersihan ini baiknya dilakukan dengan lap berbahan lembut dan telah diberi deterjen cair permukaan ACP kemudian digosok secara perlahan. Proses tahapan ini untuk melunturkan noda yang menempel.

Selanjutnya, setelah semua permukaan sudah digosok dengan lap serta deterjen langkah selanjutnya adalah melakukan tahap pembilasan. Dalam proses pembilasan ini baiknya menggunakan air yang banyak. Tujuan dari proses ini supaya noda dapat terangkat dan tersingkirkan. Sealnjutnya, perlu dilakukan pemeriksaan seluruh permukaan ACP. Tujuannya untuk menemukan sisa noda yang masih tertinggal.

Apabila ternyata terdapat noda yang membandel, perlu dilakukan pembersihan khusus untuk bagian- bagian dinding yang terpasang ACP yang masih kotor tersebut. Proses langkah terkahir untuk membersihkan dinding ACP adalah dengan pembilasan kedua kalinya agar permukaan panel bersih dengan sempurna dan juga bebas dari bekas – bekas busa deterjen.

Cara Perawatan Sebelum ACP

Adapun cara perawatan ACP,  ACP telah diproduksi dan didesain agar mudah dalam perawatannya, berikut ini adalah cara merawat ACP. Saat pemasangan, kamu harus melindungi permukaan Acp yang diwarnai dengan lembaran proteks, kemudian kamu harus memotong panel dengan benar dan menggunakan alat-alat yang sesuai.

Sebisa mungkin, jangan meletakan lembaran ACP ini pada permukaan lantai yang kasar dengan posisi bagian warna berada di bawah. Kemudian, Kamu perlu melakukan proses pemasangan ACP dengan baik dan benar. Hal penting lain yaitu, jangan membuka lapisan proteksi ACP saat proses pemasangan ACP pada dinding bangunan belum selesai dengan benar.

Itu tadi informasi mengenai ACP yang mungkin berguna untuk arsitektur, pengguna bangunan, mandor, pemesan ACP atau bahkan aplikator ACP. Aplikator ACP berkualitas memang dewasa ini sangat berguna sekali pemanfaatannya untuk bangunan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui sejumlah informasi mengenai perawatan hingga pemasangan yang benar sebelum melakukan penggunaan ACP untuk desain bangunanmu.