Akses ke Pulau Pramuka, Naik Apa?

pulau pramuka 12

Pernah coba snorkeling atau diving ke salah satu pulau Seribu? Kalau belum pernah, maka Anda wajib mencobanya. Setidaknya sekali. Terutama bagi Anda yang tinggal di Jakarta dengan segudang kesibukan, sempatkanlah waktu untuk beristirahat dan menikmati keindahan wilayah Kota Jakarta yang sangat jauh dari kemacetan.
Salah satu pulau yang wajib Anda kunjungi adalah Pulau Pramuka.

Pulau tersebut adalah salah satu pulau paling berpengaruh bagi pulau Seribu dan yang paling jumlah warga yang berada di dalamnya. Selain itu, ada banyak oleh-oleh yang bisa Anda bawa dari pulau Pramuka untuk Anda bawa pulang.

Selain itu, bagi Anda yang takut terjadi resiko saat menyelam atau saat berlibur, lebik baik pilih pulau ini untuk dijadikan tempat liburan. Ada banyak tempat aman yang menyediakan rumah sakit, tempat makan, kantor adminitrasi dan kantor kelurahan pun berpusat di sini.

Tapi bagaimana menuju ke Pulau ini apakah Anda sudah ada gambaran bagaimana cara menuju ke sana. Pastikan Anda benar menggunakan transportasi ke sana dan tahu berapa budget yang pas untuk perjalanan Anda.

Trasportasi Ke Pulau Pramuka

Untuk sampai ke seberang pulau tidak bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus dan sejenisnya. Tentunya ada alat trasportasi khusus yang bisa digunakan untuk sampai ke seberang pulau dengan aman.

Tapi sebelum Anda sampai ke sana, pastikan Anda memilih transportasi ke pulau pramuka yang benar dan yang sesuai dengan kantong Anda. Karena ada dua jenis penyebrangan dan keduanya memiliki harga dan fasilitas yang berbeda.

Untuk itu, bagi Anda yang belum memiliki pengalaman, berikut ada dua cara penyebrangan untuk sampai ke Pulau Pramuka itu dengan aman dan sesuai dengan kantong Anda.

1. Kapal Ukuran Sedang
Salah satu akses yang paling banyak dipakai orang adalah dengan menggunakan kapal ukuran sedang. Kapal ini dipakai menyebrang ke Pulau Seribu dalam sehari yaitu dua kali. Yaitu pada jam 7 pagi dan sekitar jam 1 siang.

Jadi pastikan Anda datang tepat waktu jika tidak mau menunggu terlalu lama, atau tidak mau ketinggalan kapalnya. Tarif untuk satu kali perjalanan yaitu sekitar Rp30 ribu.

Bentuk kapal sedang ini tidak menyediakan tempat duduk khusus bagi para penumpang, alias Anda harus duduk di bawah atau lesehan di kayu-kayu perahu. Sekali lagi, Anda jangan sampai tertinggal. Pastikan tahu jadwal bernagkat kapal dan tidak kepenuhan, karena banyak yang ingin berangkat ke Pulau itu dan pastinya Anda akan berebutan.

Waktu untuk sampai ke sana yaitu sekitar 2.5 jam sampai 3 jam tergantung dengan kondisi kapal dan kondisi cuaca hari itu. Jika cuaca cerah mendukung, maka untuk sampai ke pulau Pramuka nya pun akan lebih cepat. Tarif kapal ini paling bersahabat untuk Anda yang sedang backpacker dan sedang berpergian hemat.

2. Speedboat
Selain kapal sedang ada juga yang disediakan yaitu speedboat. Speedboat atau yang memiliki arti bahasa Indonesia adalah kapal cepat ini ternyata memang memiliki kapasitas tempuh yang lebih cepat dibandingkan dengan kapal sedang.

Hanya saja, untuk bisa naik speedboat ini, Anda harus membayar uang lebih mahal dibandingkan dengan kapal sedang. Tarifnya tergantung dari nelayan yang mematokkan harganya, tapi rata-rata yaitu Rp150 ribu hingga Rp400 ribu. Waktu tempuh yang diperlukan hanya 90 menit untuk sampai ke seberang pulau.

Keuntungannya menggunakan kapal ini, Anda bisa dilayani dengan lebih ramah dan nyaman. Ada tempat duduk yang layak dan AC yang dingin, sehingga Anda bisa memilih untuk menikmati udara segar di luar atau menjauh dari terik matahari dengan menikmati kursi di dalam dengan ruangan ber AC.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama berada di kapal, pastinya ada pemandangan indah dari pulau-pulau di kepulauan seribu, dan pastinya Anda bisa melihat pulau Pramuka yang indah di hadapan Anda secara keseluruhan.