Cara Agar Kolam Renang Tetap Bersih ala Jasa Perawatan Kolam Renang Bintaro

Setelah anda selesai membangun kolam renang dengan bantuan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan tentu adalah menjaga kebersihan kolam renang anda dengan cara Perawatan Kolam Renang.

Berikut tips artikel dari jasa perawatan kolam renang bintaro Estetika Pools Tentang cara untuk membuat kolam renang tetap bersih dan jernih. Dengan perawatan kolam renang yang tepat area kolam renang akan selalu bersih dari lumut, kotoran kecil atau kotoran besar dan lain sebagainya. Selain itu, air di kolam renang pun akan menjadi tetap bersih dan jernih sehingga akan sangat nyaman untuk digunakan oleh anda sebagai orang dewasa dan bahkan aman untuk anak anak. Namun, mungkin banyak dari anda dan orang orang di luaran sana yang masih tidak terlalu paham betul tentang bagaimana cara untuk membersihkan dan merawat kolam renang agar tetap bersih. Nah, jika anda adalah salah satu orang yang belum tahu tentang bagaimana cara untuk membuat kolam renang tetap bersih dan jernih, kami, Jasa Perawatan Kolam Renang Bintaro punya beberapa tipsnya seperti di bawah ini.

Menjaga Kolam Renang Tetap Bersih dan Jernih ala Jasa Perawatan Kolam Renang Bintaro

  1. Tindakan Pencegahan

Tindakan pencegahan yang dimaksud adalah anda harus berusaha agar air di kolam renang bebas dari lumut atau ganggang. Hal ini karena ketika sudah tumbuh lumut atau ganggang, maka akan menjadi makanan lumut dan ganggang berikutnya. Tentu saja hal ini akan membuat air di kolam renang menjadi keruh atau berwarna kehijauan dan bisa saja menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk melakukan langkah pencegahan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai bentuk pencegahan dan menjaga agar air kolam renang tetap bersih dan jernih. Berikut adalah langkah tersebut:

  • Menggunakan Bahan Kimia yang Tepat. Bahan kimia yang dimaksudkan adalah kaporit,, tawas, pvc, dan lain sebagainya. Meskipun merupakan bahan kimia, namun bahan – bahan ini tidak berbahaya digunakan asalkan jumlahnya tepat dan tidak berlebihan. Ada pula bahan kimia yang bernama chlorine dimana bahan kimia ini akan menjaga air pada kolam renang agar terbebas dari kontaminan.
  • Membersihkan filter dengan baik. Filter adalah alat yang wajib anda pasang karena alat ini bisa menyaring berbagai macam mikro kontaminan seperti ganggang yang mati, bakteri, debu, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mengingat peran dari filter yang sangat penting, anda harus membersihkan alat ini dengan maksimal dan teratur.
  • Menjalankan pompa. Filter tak akan bekerja jika pompa pada kolam renang tidak dinyalakan. Yang kami rekomendasikan adalah anda harus menyalakan pompa setidaknya 8 – 12 jam dalam sehari.
  1. Melakukan Perawatan Mingguan

Apabila sebuah kolam renang sudah dilengkapi dengan peralatan yang memadai seperti misalnya filter, pompa, dan lain sebagainya; anda sebenarnya tak harus membersihkannya selama setiap hari karena hal ini tentu akan merepotkan anda terlebih lagi jika anda tak memiliki cukup waktu untuk bersih bersih kolam renang. Untuk itu, perawatan yang paling direkomendasikan dan wajib anda lakukan jika anda tak bisa melakukan perawatan harian adalah perawatan mingguan. Perawatan mingguan ini bisa dilakukan selama 2 – 3 jam saja per minggu. Lalu, apa yang harus anda lakukan? Yang harus anda lakukan dalam perawatan ini adalah membersihkan kolam renang dari kotoran atau kontaminan besar seperti dedaunan, ranting, plastik, dan lain sebagainya. Selain membersihkan kotoran tersebut, anda juga harus membersihkan kolam renang dari ganggang, lumut, dan kontaminan mikro lainnya. Untuk perawatan mingguan ini bersifat wajib karena jika anda melewatkan satu kali saja perawatan mingguan, maka minggu depannya bisa jadi air kolam renang anda menjadi berwarna hijau.

  1. Menjaga Keseimbangan Kimia dalam Kolam Renang

Air kolam renang mengandung beberapa kandungan kimia dimana kandungan kimiawi ini harus selalu dijaga keseimbangannya. biasanya, untuk mengetahui kandungan kimia dalam air kolam renang, anda bisa menggunakan sebuah alat khusus yang memang ditujukan untuk keperluan tersebut. Oleh karena itu, banyak orang kemudian menggunakan layanan dari jasa kontraktor kolam renang yang seringkali memiliki alat tersebut. Jasa ini akan melakukan pengetesan kandungan bahan kimia di dalam air kolam renang dan mencari tahu apakah kandungan tersebut sudah cukup seimbang atau belum. Jika ada beberapa bahan kimia yang belum seimbang, maka jasa ini akan memastikan untuk membuatnya seimbang sehingga air dalam kolam renang anda akan tetao bersih dan jernih.

  1. Cara Membersihkan Area Kolam Renang dan Airnya

Selain tahu beberapa point diatas, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membersihkan air pada kolam renang dengan baik atau membersihkan area di sekitar kolam renang dengan tepat. Untuk bisa membersikan segala sesuatunya dengan baik, di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan:

  • Anda bisa mengepel lantai di sekitar kolam renang. Cara ini akan membantu mencegah munculnya bakteri. Selain itu, mengepel lantai sekitar kolam renang dengan baik akan mencegah munculnya lumut sehingga terlihat lebih bersih dan lantai tidak menjadi licin. Untuk mengepel lantai kolam renang, anda bisa menggunakan produk cairan pengepel lantai yang ada di pasaran.
  • Selanjutnya, untuk membersihkan dedaunan kering, serangga, plastik, ranting, dan kontaminan lain dengan ukuran yang besar di permukaan kolam anda bisa menggunakan semacam jarring halus dengan pegangan yang panjang. Alat ini akan memudahkan anda untuk menjangkau seluruh bagian kolam renang dengan mudah. Dengan membersihkan beberapa kotoran ini, maka pertumbuhan bakteri pun akan terhambat sehingga kolam renang tak hanya lebih bersih, tapi juga lebih sehat.
  • Selain membersihkan permukaan kolam renang, maka anda juga perlu membersihkan area dinding dan lantai di kolam renang. Untuk di dasar kolam renang, anda bisa menggunakan semacam alat penghisap yang bisa membersihkan dan mengangkat semua kotoran yang mengendam di dasar kolam renang anda, termasuk lumut yang ada disana. Sama seperti saran sebelumnya, sebaiknya anda melakukan pembersihkan ini setidaknya satu kali dalam seminggu.
  1. Menggunakan Beberapa Mesin untuk Kolam Renang

Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa peralatan kolam renang memang sengaja didesain untuk membantu air kolam renang tetap bersih. Misalnya saja anda bisa menggunakan filter atau semacam alat untuk menyaring berbagai macam kotoran atau partikel dengan ukuran yang kecil seperti debu, pasir, lumut, dan lain sebagainya. Selain filter, anda bisa menggunakan pompa dimana filter tak akan bekerja jika anda tak menggunakan pompa. Untuk bisa menemukan alat yang tepat dan komplit untuk menunjang kolam renang anda, anda bisa bertanya kepada jasa kontraktor kolam renang atau Jasa perawatan kolam renang bintaro sebelum kolam renang anda mulai dibangun. Mintalah pada mereka agar bisa membuat desain yang memungkinkan semua alat pembersihan bisa diinstal dengan baik sehingga nantinya anda tak perlu terlalu repot dan terlalu sering membersihkan kolam renang.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat air di kolam renang tetap bersih dan jernih oleh Team jasa perawatan kolam renang bintaro – Estetika Pools

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk melakukan perawatan pada kolam renang Anda, Anda dapat menggunakan Jasa Perawatan Kolam Renang Bintaro – Estetika Pools dan percayakan kepada kami untuk membuat kolam renang Anda tetap bersih dan jernih