Jasa Pembuatan Reklame Fasilitas Publik dari Pemerintah, Seberapa Pentingkah?

Masyarakat Indonesia dituntut untuk taat pada hukum yang berlaku. Termasuk salah satunya menggunakan fasilitas publik yang dikelola oleh pemerintah. Mulai dari pengurusan administrasi kependudukan, pendidikan, kesehatan dan lainnya. Meski sudah populer di kalangan masyarakat, kenyataannya banyak pula lembaga pemerintah yang menggunakan jasa pembuatan reklame untuk mengkampanyekan programnya.

Program kerja pemerintah memang cukup beragam sepanjang tahun. Sebagian darinya dituntut untuk mencapai target tertentu, sehingga untuk menyuarakan sekaligus menarik massa mereka pun menggunakan reklame sebagai salah satu media iklan yang ampuh.

Contoh Hasil Karya Jasa Pembuatan Reklame Terkait Program Kerja Pemerintah!

Target atau sasaran kerja dari program pemerintah ini biasanya sangat beragam, bisa meliputi semua usia dan elemen masyarakat. Yang mana tidak semuanya memiliki smartphone untuk mengakses apa yang sedang hits hari ini, meskipun Indonesia sendiri sudah memasuki era digital.

Reklame yang sengaja dipasang di tepi jalan-jalan strategis dan dalam ukuran yang besar pula, akan mudah untuk dilihat oleh semua orang yang melewatinya. Terutama mereka yang kebetulan tengah berhenti di lampu lalu lintas. Sehingga reklame ini bisa menjangkau berbagai kalangan masyarakat.

Berikut ini beberapa contoh reklame terkait program kerja pemerintah, yang penting untuk kita ketahui.

  1. Jasa Pembuatan Reklame, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) 

Desa atau kelurahan merupakan satuan pemerintah terkecil di suatu wilayah. Segala urusan kependudukan dimulai dari tingkat ini. Seperti pengurusan akta kelahiran, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, surat nikah dan lain sebagainya.

Setiap tahunnya pihak pemerintah desa atau kelurahan mendapatkan sejumlah anggaran dari pemerintah pusat untuk pengadaan program desa dengan sasaran adalah penduduk wilayah setempat.

Sebagai penduduk, kita kerap kali bertanya-tanya kemanakah dana tersebut dialokasikan? Apakah sudah sesuai aturan yang ditetapkan atau sebaliknya?

Nah, untuk itu sejak beberapa tahun terakhir pemerintah pusat menuntut adanya transparansi alokasi dana desa kepada masyarakat umum dalam bentuk papan reklame, banner atau spanduk dengan judul “Infografis APBDes Tahun …”.

Dari sini masyarakat setempat dapat mengetahui rincian pendapatan asli desa, pendapatan transfer, rincian belanja desa yang terdiri atas: pemerintah desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, kemudian surplus atau defisitnya dalam bentuk nominal.

Poin-poin yang ditampilkan memang hanya perhitungan akhirnya saja, namun hal ini bisa menjadi sedikit gambaran bagi masyarakat setempat tentang keuangan desanya.

  1. Pengurusan Dokumen Kependudukan 

Setiap warga negara wajib tercatat dalam dokumen kependudukan negara, yang diawali dengan akta kependudukan. Penyedia jasa pembuatan reklame kerap kali mendapat orderan reklame yang berisi kampanye agar setiap penduduk segera mengurus dokumen kependudukan yang meliputi akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu tanda penduduk.

Kenapa dokumen kependudukan begitu penting?

Sejak lahir kita sebagai penduduk Indonesia wajib memiliki dokumen pendidikan yang sah. Hal ini erat kaitannya dengan hak dan kewajiban kita sebagai Warga Negara Indonesia. Jika data diri Anda tidak tercatat dalam administrasi negara, maka Anda tidak bisa meng-klaim hak dan kewajiban yang menyertai Warga Negara Indonesia.

Misalnya, saat Anda terlibat masalah yang membutuhkan bantuan negara. Tapi, karena data diri Anda tidak ada dalam catatan maka negara pun tidak dapat membantu.

Jadi, pastikan Anda memastikan dulu bahwa dokumen kependudukan Anda dan keluarga sudah sah secara hukum. Jangan lupa untuk mendaftarkan segera akta kelahiran anak Anda yang baru lahir!  

  1. Jasa Pembuatan Reklame, Taat Bayar Pajak

Pajak merupakan pendapatan negara yang berupa pungutan wajib dari rakyat untuk negara. Fungsinya untuk membiayai pembangunan, keperluan negara dan gaji pegawai negeri. Adapun pajak yang wajib kita bayar antara lain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak kendaraan bermotor, pajak penghasilan, pajak usaha dan lain-lain.

Apa sih keuntungan taat membayar pajak?

Dengan membayar pajak tepat pada waktunya, Anda sudah berkontribusi dalam menjaga tatanan keuangan negara supaya tidak terjadi krisis moneter, sekaligus berhak mendapatkan fasilitas sebagai Warga Negara Indonesia.

Sebagai contoh, Anda yang taat membayar pajak kendaraan bermotor berhak mendapatkan bantuan atau tunjangan dari Jasa Raharja bila mengalami kecelakaan di jalan raya, kecuali kecelakaan tunggal.

Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalanan saat kita sedang berada dalam perjalanan. Namun, antisipasi harus selalu kita lakukan guna mencegah dari hal-hal yang tidak diharapkan.

Bagi pemilik kendaraan yang tidak taat pajak, maka bersiaplah untuk mendapatkan sanksi atau denda sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sanksi dapat berupa hukuman pidana, sedangkan denda berupa nominal sejumlah uang.

  1. Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan 

Jasa pembuatan reklame juga sering kali mendapatkan orderan reklame dari BPJS atau Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial yang terkait dengan asuransi kesehatan. Ada dua macam BPJS yakni BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

BPJS Kesehatan dapat kita ajukan sendiri melalui kantornya atau aplikasi tertentu. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan diajukan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Asuransi kesehatan dari BPJS ini terdiri atas 3 kelas dengan besarnya iuran yang berbeda-beda. Semakin tinggi kelasnya maka semakin besar pula iurannya. Kelas tertinggi adalah kelas 1 dan kelas paling rendah adalah kelas 3.

Bagi penerima bantuan sosial dari pemerintah, asuransi kesehatan dari BPJS ini sudah ter-cover oleh dana negara alias gratis.

Tak jauh berbeda dari pajak, iuran BPJS ini wajib Anda bayarkan rutin tiap bulan sebelum tanggal jatuh tempo. Selama Anda taat membayar maka selama itu pula Anda berhak mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai dengan peraturannya.

Pada beberapa kasus, asuransi kesehatan dari pemerintah ini sangat membantu pasien dengan penyakit serius yang memerlukan biaya mahal. Bahkan bisa dikatakan lebih Worth it ketimbang asuransi kesehatan dari swasta!

  1. Program Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu bidang yang selalu ditekankan oleh pemerintah kepada setiap warganya. Mulai dari masih dalam kandung, anak-anak, orang tua hingga lansia semua masuk dalam perhatian pemerintah.

Salah satunya adalah reklame tentang program Keluarga Berencana atau KB dan pencegahan sunting. Kedua macam reklame ini paling sering ditemui di ruas-ruas jalan raya. Terutama yang dekat dengan pusat kota.

Kepadatan penduduk di Indonesia sudah semakin serius sehingga pemerintah giat dalam menggalakkan program KB yakni setiap keluarga diharapkan hanya memiliki dua orang anak. Stunting adalah pertumbuhan yang lambat pada anak-anak usia balita (bawah 5 tahun) karena kekurangan gizi kronis. Anak-anak adalah aset masa depan negara sehingga keberlangsungan hidupnya menjadi sorotan negara.

Tak Melulu Soal Usaha, Anda Bisa Manfaatkan Jasa Pembuatan Reklame untuk Program Sosial!

Jika Anda memiliki program sosial atau semacamnya yang bukan termasuk bidang usaha, maka jangan ragu untuk mengkampanyekannya dengan reklame. Iklan media cetak ini sangat tepat untuk dipasang di pinggir jalan-jalan strategis.

Harganya pun relatif terjangkau, apalagi jika Anda memesannya di Megah Gemilang, jasa pembuatan reklame yang berlokasi di Kediri Jawa Timur, Indonesia. Anda bisa mendapatkan reklame berkelas yang pemesanannya dapat dilakukan secara online.Yuk, langsung saja kunjungi situs resmi kami https://megahgemilang.com/ sekarang juga!