Jasa Kontraktor Bangunan Malang

Kontraktor atau anemer merupakan salah satu penyedia jasa yang dikontrak atau disewa untuk menjalankan suatu proyek pekerjaan berdasarkan perjanjian bersama pemilik proyek. Biasanya sebelum melakukan kerjasama dengan jasa kontraktor bangunan Malang, pemilik proyek akan memeriksa beberapa hal. Agar tidak tertipu dengan kontraktor yang curang, simak beberapa tipsnya berikut.

 

Beberapa Tips Menghindari Ulah Jasa Kontraktor Bangunan Nakal

1. Menetapkan Spesifikasi Material dengan Jelas dan Detail dari Awal

Dalam proses pengerjaan suatu proyek tertentu, pastinya dibutuhkan berbagai bahan atau material bangunan. Bagi anda yang masih awam terhadap permasalahan mengenai hal tersebut, tentunya akan meminta bantuan kepada jasa kontraktor untuk mengurus segala keperluannya. Namun apakah anda tahu, terkadang hal tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh kontraktor.

Karena kontraktor nakal bisa saja mengambil keuntungan dengan menurunkan kualitas material bangunan yang akan digunakan. Hal tersebut tentunya akan sangat merugikan untuk hasil dari proyek kelak, sebab material yang digunakan tidak sesuai dengan kesepakatan di awal. Bahkan bisa saja bangunan yang akan dihasilkan tidak dapat bertahan dalam lama.

Jika ingin mengantisipasi kejadian seperti ini, maka di awal perjanjian anda harus menetapkan spesifikasi berbagai material bangunan dengan jelas dan detail. Spesifikasi material tersebut meliputi bentuk, ukuran, hingga nomor seri bahan dan semua ketentuan tersebut harus disetujui oleh jasa kontraktor bangunan Malang serta tertuang dalam surat kontrak kerja.

Bahkan jika perlu anda bisa mengawasi keadaan lapangan secara rutin, untuk menghindari segala penyelewengan yang dilakukan oleh jasa kontraktor. Bila anda menemukan adanya penyelewengan, maka anda berhak menegur anemer untuk bisa melakukan pekerjaan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya di awal pertemuan.

2. Menurunkan Tim Pengawas

Kontraktor nakal pastinya selalu mencari dan memanfaatkan segala kesempatan yang ada, misalnya saja tidak menyelesaikan proses pembangunan sesuai dengan waktu yang telah disepakati di awal. Agar kejadian seperti itu tidak terjadi, maka selama proses pembangunan anda tidak bisa lepas tangan begitu saja dan menyerahkan pembangunan sepenuhnya kepada anemer.

Pastikan bahwa keadaan di lapangan telah kondusif dan kontraktor telah bekerja sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Dimana di dalam kontrak kerja yang ditandatangani antara pihak pemilik proyek dengan kontraktor tersebut, biasanya tercantum beberapa hal yang penting mulai dari proses pembangunan seperti bahan, konsep, desain, dan lain sebagainya hingga selesai.

Salah satu hal yang sangat penting dan tidak bisa dihilangkan begitu saja ketika perjanjian kontrak antara dua belah pihak, yaitu menetapkan time table atau agenda progress report dan deadline atau tenggat waktu yang harus dipenuhi oleh jasa kontraktor bangunan Malang. Agar hal satu ini bisa terpenuhi, anda wajib memantau jalannya pembangunan secara rutin.

3. Tidak Mudah Tergoda dengan Tawaran Harga yang Terjangkau

Tips selanjutnya untuk menghindari ulah kontraktor nakal yaitu tidak mudah tergoda dengan tawaran harga yang terjangkau. Siapa sangka ternyata kenakalan kontraktor yang paling sering dijumpai ialah melarikan uang pemilik bangunan. Hal satu ini tentunya akan sangat merugikan bagi anda, karena proses pembangunan tidak berjalan dan uang penyewaan hangus dibawa lari.

Biasanya kejadian seperti itu terjadi ketika pemilik proyek memberikan uang muka serta uang pelunasan di awal kepada kontraktor. Untuk menghindari kejadian pada proyek anda, maka ada baiknya jika anda tidak mudah tergiur dengan harga yang ditawarkan. Pastikan dulu bahwa kontraktor tersebut memang telah terdaftar menjadi badan hukum yang sah.

Jasa kontraktor bangunan Malang yang memiliki badan hukum secara legal, pastinya ia akan melaksanakan segala pekerjaannya sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Tak hanya itu saja, jasa anemer yang telah resmi dan legal pula tentunya memiliki alamat dan beberapa data atau dokumen yang jelas. Sehingga akan memudahkan anda jika terjadi masalah di masa mendatang.

Anda juga perlu menghindari melakukan pembayaran langsung dengan nominal yang besar di awal pembangunan. Cobalah untuk melakukan pembayaran kepada jasa kontraktor sesuai dengan progres pembangunan di lapangan, misalnya jika progres pembangunan suatu proyek sudah selesai hampir 50% maka anda bisa membayar biaya hingga 50%.

Tingkatkan kewaspadaan kepada jasa kontraktor yang sekiranya mencurigakan, serta pastikan pula untuk selalu mengawasinya terus menerus selama proses pembangunan. Sebelum terjadinya suatu kejadian yang merugikan, ada baiknya jika anda mencegahnya mulai dari awal. Perhatikan secara betul bagaimana kinerja yang dilakukan oleh jasa kontraktor selama pembangunan.

4. Memilih Kontraktor yang Punya Reputasi Baik

Sebenarnya hal keempat ini sangat penting dan tidak bisa dilewatkan begitu saja bagi para pemilik proyek. Sebab pemilihan jasa kontraktor bangunan Malang sebelum kerjasama sangat berpengaruh bagi proyek atau bangunan yang akan dikerjakan kelak. Selain itu, dengan memilih kontraktor yang memiliki reputasi baik pula akan menghindarkan dari berbagai permasalahan yang muncul.

Biasanya permasalahan yang muncul akan menghambat proses pembangunan suatu proyek. Bahkan jika terdapat anemer yang tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan baik, bisa saja hal tersebut akan memunculkan sebuah permasalahan seperti terlambat membayar berbagai material bangunan yang digunakan kepada supplier.

Anda bisa memilih kontraktor yang telah berpengalaman, terutama pada pekerjaan atau keahlian yang sejenis dengan proyek yang akan dikerjakan. Memastikan hal satu ini bisa dilakukan dengan memeriksa portofolio serta laman resminya. Sebagai pemilik proyek, anda diharuskan selalu berkunjung ke proyek untuk mengecek hasil bangunan.

5. Memperhatikan Konsistensi Kontraktor dalam Melakukan Pekerjaannya

Sebagaimana yang diketahui bahwa proyek konstruksi, merupakan salah satu bentuk kegiatan yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas dengan sumber daya tertentu untuk mencapai hasil dalam bentuk bangunan atau infrastruktur tertentu. Sesuai dengan namanya, biasanya proyek konstruksi tersebut digarap oleh suatu jasa kontraktor atau anemer.

Tak hanya melibatkan jasa kontraktor saja, proses pembangunan suatu proyek konstruksi tertentu pula melibatkan pemilik proyek, konsultan perencana, dan konsultan pengawas. Dimana beberapa pihak tersebut saling terkait satu sama lain dalam sebuah perjanjian yang telah disetujui serta ditandatangani oleh semua pihak, yang disebut dengan kontrak kerja.

Biasanya kontraktor profesional memiliki konsistensi pengerjaan yang baik, maksudnya ia mampu menyelesaikan proyek tertentu sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Sementara untuk anemer yang nakal, pastinya hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan baik. Bahkan bisa saja mereka memanfaatkan segala kesempatan untuk melakukan aksinya.

Untuk bisa menghindari kontraktor nakal seperti itu, satu satunya cara yaitu dengan memastikan kinerjanya terhadap berbagai proyek yang telah dikerjakan serta memeriksa bagaimana pendapat dari beberapa klien yang pernah bekerjasama dengan jasa kontraktor bangunan Malang. Jika terdapat keterlambatan dalam prosesnya, tanyakan pula apa alasannya dengan jelas.

Jasa kontraktor atau anemer memang saat ini sedang dicari oleh banyak developer. Karena dengan menggunakan jasa kontraktor untuk menggarap suatu proyek tertentu, dipercaya bangunan yang dihasilkan akan lebih baik dibandingkan jasa pemborong.

Bahkan terkadang Jasa kontraktor bangunan pula membantu pemilik proyek menganggarkan serta menyiapkan segala material bangunan yang dibutuhkan.