Cincin Tunangan Palladium Vs Emas Putih Pilih yang Mana?

cincin tunangan palladium 5

Cincin tunangan palladium dan emas putih sama-sama memiliki warna yang putih. Bedanya, satu putih agak keabuan, dan satunya lagi putih mengkilap. Orang-orang yang bosan dengan warna kuning emas pasti memilih warna putih karena terlihat lebih netral. Terutama mereka yang tak suka mengenakan perhiasan berlebih.

Ya, sebagian orang lebih memilih perhiasan warna putih dibanding emas kuning. Selain karena tidak menjadi pusat perhatian yang menjadikannya risih, perhiasan warna putih terlihat lebih trendy dan nyambung ketika dipasangkan dengan pakaian warna apapun.

Meskipun begitu, warna putih mengkilap dari logam perhiasan tetap dapat memberi kesan glamor yang tidak didapat dari cincin dari bahan imitasi, plastik, atau resin.

Mari kita ketahui perbedaan kedua jenis cincin ini dari sudut kelebihan dan kelemahannya masing-masing.
• Cincin tunangan emas putih
Cincin ini sudah jelas terbuat dari bahan utama bernama emas. Emas sendiri sebenarnya mempunyai warna dasar kuning mengkilat. Emas putih lahir dari inovasi.

Warna putihnya sendiri didapat dari campurannya dengan logam lain yang berwarna putih. Tidak sampai disitu, agar memiliki warna putih mengkilap yang indah, emas putih dilapisi dengan rhodium.

Keunggulan cincin tunangan palladium antara lain:

a) Sifatnya ringan, tidak seperti palladium dan platinum, emas memiliki massa yang lumayan ringan. Jadi, tidak terasa berat di jari.

b) Fleksibel teksturnya. Karena kelenturannya inilah, cincin emas dapat dibentuk dengan detail yang rumit sekalipun dengan sangat mudah oleh pengrajin. Jadi, bisa dipastikan bahwa emas memiliki bentuk cincin yang lebih variatif dibanding cincin dari palladium.

c) Emas mudah ditemukan. Sebagai logam mulia nomor satu, emas memang mudah ditemukan. Di sudut kota manapun, sepertinya Anda akan dapat dengan mudah menemukan toko perhiasan yang menjual cincin emas putih.

d) Warnanya mengkilap dan menggoda. Emas putih dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki warna yang begitu cantik. Tak heran jika mereka para wanita yang doyan mengoleksi perhiasan emas membeli emas putih sebagai cadangan aksesoris yang bisa mereka gunakan ketika bosan dengan warna emas kuning. Warna putih ini juga tetap mampu menggambarkan tampilan yang berkelas.

Selain beberapa keunggulan di atas, emas putih juga memiliki kekurangan, seperti :
a) Mudah tergores, karena massa partikelnya cukup renggang emas putih cukup mudah tergores. Apalagi sifatnya yang cenderung lunak dan tidak keras, emas putih ataupun kuning bisa nampak luka goresannya ketika bergesekan dengan benda tajam lainnya. Jadi, perlu perhatian khusus saat mengenakannya.

b) Bisa berubah bentuk, bengkok, atau patah. Masih berkaitan dengan poin di atas, emas memiliki sifat yang rapuh, jadi ketika Anda mengenakannya untuk aktivitas yang berat dan keras, ada kemungkinan emas bisa bengkok bahkan patah sehingga harus lebih berhati-hati.

c) Mengalami kekusaman. Jika digunakan terlalu sudah lama, terpapar udara dan air terlalu sering, atau bahkan terpapar bahan kimia, emas akan kusam. Terutama emas putih, lapisan rhodium yang melekat lama-lama terkikis, inilah yang membuatnya tampak kusam.

Tak heran, jika disarankan dalam kurun waktu setidaknya setahun, Anda harus melakukan perawatan khusus seperti mempolish atau menyepuh ulang cincin emas putih Anda.

d) Beberapa orang yang mengenakan emas mengalami alergi karena kulit sensitif.

• Cincin tunangan palladium
Memiliki sifat yang berbeda dengan emas putih, palladium dengan sifatnya juga memiliki keunggulan dan kelemahan. Diantara keunggulannya adalah:a) Warnanya tidak mencolok dan cenderung kalem.
b) Tidak mudah kusam karena warna mengkilatnya alami.
c) Mudah perawatannya, tidak perlu disepuh ulang. Cukup dilap dengan air dan kain lembut.
d) Memiliki sifat non alergic, jadi aman untuk pemakai yang kulitnya sensitif.
e) Keras dan tidak mudah patah. Karena kerapatan massanya cukup baik, cincin tunangan palladium cukup tahan banting. Ia tak mudah bengkok ataupun tergores. Aman untuk Anda yang aktivitasnya berat.
Kekurangan dari cincin palladium:
a) Cincin ini tidak cukup familiar di tengah masyarakat, jadi tidak di setiap toko perhiasan menyediakannya.
b) Warnanya tak secerah emas putih.
c) Lebih berat dibanding emas putih, namun aman untuk pria karena tidak mengandung molekul emas. Cocok untuk pria yang menghindari pemakaian emas.
d) Modelnya yang tidak terlalu variatif seperti emas putih dengan detail yang sangat rumit. Karena punya kesulitan tersendiri untuk mengerjakannya.

Untuk dapat menemukan pilihan yang cocok untuk acara spesial Anda, konsultasikan saja dengan Kotagede Jewellery. Hubungi kontak 0822 8000 9898 atau 0877 7172 2000 (WA) dan dapatkan penawaran menariknya.

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dan kelebihan cincin tunangan palladium dan emas putih, Anda lebih pilih yang mana?