Beragam Informasi Seputar Cincin Kawin Platinum

Cincin Kawin Platinum
Platinum kini semakin terkenal sebagai salah satu logam mulia yang dipertimbangkan di dunia perhiasan. Platinum, terutama digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cincin kawin platinum yang kini semakin banyak penggemarnya. Tak heran, karena pada dasarnya logam mulia ini memiliki beberapa sifat yang digadang-gadang mampu mengungguli emas.

Jika Anda termasuk salah satu yang sedang dipusingkan dengan pemilihan cincin kawin, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu informasi-informasi dasar mengenai platinum, salah satuya keunggulan logam ini jika digunakan sebagai perhiasan yang menempel pada bagian tubuh Anda. Berikut ini beberapa keunggulan platinum.

Beberapa keunggulan Cincin Kawin Platinum

1. Dapat digunakan turun temurun. Platinum sangat disarankan untuk digunakan sebagai bahan dasar perhiasan karena, platinum cenderung berbeda dengan logam mulia lainnya. Platinum jika digunakan terus-menerus setiap hari cenderung akan mengeras teksturnya seiring dengan berjalannya waktu.

Hal inilah yang membuat cincin kawin yang dibuat dari logam platinum mampu bertahan lama dan tidak perlu diperbaiki atau dibentuk ulang beberapa tahun mendatang, serta dapat diwariskan ke generasi selanjutnya.

2. Dapat dikombinasikan dengan batu permata. Jika Anda memilih logam mulia biasa untuk bahan cincin kawin Anda, Anda harus siap pada kemungkinan bahwa berlian yang dipasang pada cincin akan lepas karena logam penahannya menipis dan menyebabkan prong atau garpu yang menahan batu permata menjadi longgar.

Tapi, kecil kemungkinan hal seperti itu terjadi jika Anda menjatuhkan pilihan Anda pada platinum. Kekuatan, ketahanan, dan ketahanan logam ini terhadap korosi menjadikan sifatnya yang tidak mudah patah atau menipis jika digunakan sebagai perhiasan, sehingga mampu menahan batu permata jauh lebih baik dibandingkan dengan logam mulia lainnya, bahkan emas.

3. Beratnya tak akan berkurang meski tergores. Cincin kawin yang biasa digunakan saat beraktivitas sehari-hari pastinya akan rentan terbentur, tertekan, atau tergores benda lain. Jika hal ini sampai terjadi, logam mulia seperti emas yang Anda pakai sebagai perhiasan tersebut akan kehilangan sedikit beratnya.

Hal ini tentu disebabkan karena adanya goresan pada benda lain yang mengikis logam tersebut perlahan-lahan.

Namun, jika perhiasan yang Anda gunakan terbuat dari platinum, logam tersebut hanya akan bergeser tanpa mengikisnya. Bekas goresan ini bahkan dapat Anda hilangkan dengan menggunakan bahan pemoles berkualitas tinggi yang sudah banyak dijual di pasaran.

Cara mengetahui keaslian cincin platinum

Sebagai salah satu logam mulia, tentu Anda tidak ingin perhiasan Anda yang terbuat dari platinum merupakan perhiasan palsu, mengingat kualitas platinum yang juga berada di atas emas. Hal ini tentu menjadikan Anda harus mampu mengetahui ciri-ciri atau cara mengetahui keaslian logam platinum yang menjadi bahan dasar perhiasan Anda.

Ada beberapa langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan:

1. Temukan tanda yang ada pada perhiasan Anda yang terbuat dari logam platinum. Karena Platinum merupakan logam harga yang tidak murah, jadi sudah barang pasti bahwa semua perhiasan platinum diberi tanda pada salah satu bagian permukaannya dengan tujuan untuk menunjukkan keasliannya.

Tanda yang diberikan pada perhiasan Anda adalah berpa tulisan “Platinum”, “PLAT”, atau “PT” yang diikuti dengan “950” atau “999″.

Angka yang ada ini maksudnya menunjukkan kemurnian logam platinum yang terkandung dalam perhiasan Anda. Angka “999” berarti bahwa perhiasan yang Anda miliki kandungan platinumnya yang paling murni.

2. Cara lainnya dengan mendekatkan magnet batang dengan perhiasan platinum Anda. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebagian besar logam mulia memang tidak dapat ditarik oleh gaya magnet.

Cincin Kawin Platinum Jadi, cobalah untuk menguji perhiasan Anda dengan magnet yang ada kemudian amati pergerakannya.