7 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Kebanyakan orang yang baru saja belajar Bahasa Inggris, merasa bahwa belajar Bahasa Inggris untuk pemula itu sulit. Tapi jangan khawatir, karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris kamu. Belajar Bahasa Inggris bagi pemula harus dibarengi dengan semangat dan tekad yang kuat, tentunya disertai banyak berlatih.

Banyak latihan adalah kunci dari belajar bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris. Kami akan menguraikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris kamu. Mari simak informasi lengkapnya!

7 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

  1.  Perbanyak Latihan Berbicara Dengan Orang Lain

Tips pertama ini memang terdengar mudah tapi sebenarnya cukup sulit. Namun, cara ini dinilai paling ampuh bagi pemula yang ingin cepat lancar berbahasa Inggris. Jika kamu memiliki teman dekat atau kerabat yang fasih berBahasa Inggris, kamu bisa memintanya untuk menjadi teman latihanmu.

Kamu akan berbicara Bahasa Inggris dan memintanya untuk membalas percakapanmu dalam Bahasa Inggris pula. Selain dengan orang yang fasih Bahasa Inggris, kamu juga bisa melakukan latihan ini dengan teman sesama pemula. Hal ini justru akan menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Membaca Buku BerBahasa Inggris

Cara kedua yang bisa diterapkan agar lebih mudah belajar Bahasa Inggris untuk pemula adalah dengan membaca buku Bahasa Inggris. Baik buku non-fiksi maupun fiksi seperti novel internasional. 

Buku-buku ini akan membantu kamu untuk merasa terbiasa dengan Bahasa Inggris. Sering membaca buku Bahasa Inggris dapat meningkatkan pemahaman kosakata. Kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak kosakata baru yang sebelumnya belum kamu pahami.  

  1. Mengumpulkan Kosakata Baru

Saat belajar Bahasa Inggris, cobalah untuk mengumpulkan kosakata baru sebanyak-banyaknya. Setelah kamu mendapatkan kosakata baru yang belum pernah kamu dengar sebelumnya, pastikan untuk mencatat kosakata tersebut. Setelahnya, kamu bisa menghafal kosakata baru tersebut beserta artinya.

Selain itu, kamu juga perlu mencoba menuliskan kosakata baru tersebut dalam kalimat yang bisa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini akan membantu kamu mengingat kembali kosakata baru tersebut.

  1. Mendengarkan Lagu dan Menonton Film Dalam Bahasa Inggris

Meski terlihat sepele, namun menonton film dan mendengarkan lagu dalam Bahasa Inggris merupakan salah satu cara jitu untuk belajar Bahasa Inggris bagi pemula. Khususnya bagi kamu gen Z yang masih remaja yang tentunya sering menonton film dan mendengarkan musik.

Saat menonton film berBahasa Inggris, kamu akan disuguhi subtitle. Begitu juga dengan saat mendengarkan musik. Saat mendengarkan lagu berBahasa Inggris, usahakan untuk melihat lirik dan artinya sekaligus. Subtitle dan lirik ini akan sangat membantu kamu dalam menemukan kosakata baru beserta artinya. 

Kedua hal ini juga dapat membantu kamu agar lebih terbiasa dengan pengucapan, pronunciation atau pelafalan yang tepat dalam Bahasa Inggris. Teknik ini sebenarnya juga lebih mudah dibandingkan menulis dan belajar Bahasa Inggris secara teoritis.

  1. Latihan Menulis Dalam Bahasa Inggris

Setelah latihan percakapan dengan teman atau kerabat, latihan membaca, dan latihan mendengar dalam Bahasa Inggris, cara mudah lainnya adalah dengan menulis dalam Bahasa Inggris. Kamu bisa menuliskan kalimat sederhana yang sudah kamu pahami dengan Bahasa Inggris. Kamu juga bisa menulis kalimat dengan kosakata baru yang sedang dipelajari. 

Bagi pemula, kamu dapat mengabaikan tenses untuk sementara waktu. Fokuslah dalam mengembangkan penulisan kalimat dan artinya. Jika ingin menggunakan tenses, gunakan yang mudah terlebih dahulu, seperti present tense ataupun past tense.

  1. Gunakan Gadget Untuk Belajar

Di era teknologi yang berkembang pesat ini, hampir semua orang memiliki gadget. Gadget memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan sebagian orang. Oleh sebab itulah, kamu bisa mempergunakan gadget sebaik mungkin untuk meningkatkan pemahaman berBahasa Inggris. 

Kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang ada di gadget seperti melihat konten youtube Bahasa Inggris, atau belajar online secara otodidak melalui youtube, google, aplikasi belajar maupun aplikasi lainnya. 

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi penerjemah untuk meningkatkan jumlah kosakata. Selain itu, agar lebih familiar, setting lah gadget kamu dalam Bahasa Inggris.

  1. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Dari seluruh cara yang telah kami sebutkan di atas, sebenarnya cara yang paling utama belajar Bahasa Inggris dengan cepat adalah dengan mengikuti bimbingan belajar atau les Bahasa Inggris. Karena belajar Bahasa Inggris bagi pemula cukup sulit, kamu membutuhkan orang-orang handal yang bisa menjadi tempat bersandar. 

Saat mengikuti kursus Bahasa Inggris, biasanya kamu akan diajari dan dibimbing langsung oleh orang-orang yang telah berpengalaman di bidang ini. Meski kamu harus merogoh kocek untuk membayar biaya les, namun hasil yang kamu dapatkan akan sepadan dengan uang yang kamu keluarkan.

Karena kamu bisa belajar dengan lebih intensif. Kamu juga mendapatkan jadwal belajar rutin dan terorganisir. Saat ada yang tidak diketahui, kamu bisa langsung bertanya, maka para tentor atau pengajar les akan langsung menjelaskan jawabannya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat kursus Bahasa Inggris. Sertifikat ini akan berguna dalam berbagai hal di masa depan.

Biasanya saat akan mendaftar kursus, kamu akan mempertimbangkan beberapa hal. Seperti biaya, kualitas kursus, materi belajar, profesionalisme pengajar, dan berbagai hal lainnya. Oleh sebab itu, kami sudah merangkum beberapa rekomendasi tempat belajar Bahasa Inggris yang bisa dipilih oleh para pemula!

3 Rekomendasi Tempat Kursus Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

  1. Fun English Course

Fun English Course adalah salah satu pilihan tempat belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang paling tepat. Sesuai dengan namanya, kursus ini memiliki program belajar yang fun dan santai. Disini kamu bisa menikmati belajar Bahasa Inggris tanpa pusing dan ribet. 

Dengan proses belajar mengajar yang menarik, menyenangkan dan interaktif sehingga belajar Bahasa Inggris yang sulit pun akan terasa lebih menyenangkan. Tentunya juga akan lebih mudah dipahami. Hal ini akan mempercepat kamu untuk fasih berbahasa Inggris

Fun English Course menawarkan program Bahasa Inggris sesuai dengan best practice method dalam pengajaran Bahasa Inggris. Fun English Course juga memiliki berbagai variasi program dan tingkatan kelas yang lengkap. Program ini dapat kamu pilih sesuai dengan jenjang usia, pendidikan, dan tingkat kesulitan. 

Dibimbing oleh tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman, dengan skill Bahasa Inggris yang luar biasa. Fun English Course dikenal karena memberikan metode pelajaran yang terbaik dengan kurikulum yang memenuhi standar internasional.

  1. English Academy

English Academy adalah kursus Bahasa Inggris milik aplikasi belajar terkenal Ruangguru. Mirip dengan Fun English Course, kursus Bahasa Inggris ini juga menggunakan kurikulum internasional. Pengajar di kursus ini juga berpengalaman dan tersertifikasi.

English Academy juga memiliki beberapa pilihan paket belajar. Sesuai dengan usia dan tingkat kesulitan pelajaran.

  1. English Today

English Today adalah salah satu tempat kursus Bahasa Inggris di Jakarta. Kursus ini mengutamakan pembelajaran Bahasa Inggris yang aktif, dengan lingkungan belajar yang suportif. 

Metode pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan juga interaktif. Disini, Anda akan dibantu oleh lebih dari 50 guru Bahasa Inggris native maupun lokal.

Itulah 3 rekomendasi tempat kursus belajar Bahasa Inggris untuk pemula dari kami. Manakah yang membuat kamu tertarik?